oleh

Buah Ini Bisa Bikin Nasi Putih Pulen dan Tidak Basi

Pelitajakarta.com – Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar orang Indonesia. Ada istilah jika belum makan nasi itu belum makan namanya.

Nasi merupakan sumber karbohidrat yang tinggi yang memberikan energi bagi tubuh sehingga kita dapat beraktivitas dengan baik.

Buah Ini Bisa Bikin Nasi Putih Pulen dan Tidak Basi

Menanak nasi merupakan rutinitas bagi ibu rumah tangga. Untuk menyingkat waktu dan tenaga, pada jaman sekarang ini hampir semua orang masak nasi menggunakan rice cooker atau biasa disebut dengan magic com.

Masak nasi menggunakan magic com tidak hanya mudah, tapi juga praktis dan cepat.

Cukup mencuci beras, masukkan ke dalam magic com, lalu colokkan ke listrik, beres dech.

Kadang meskipun sudah menggunakan magic com, nasi yang dihasilkan tidak selalu bagus, misalnya : terlalu keras/pera, terlalu lembek.

Padahal seperti yang kita tahu, nasi pera akan membuatnya cepat kering dank eras, sedangkan nasi lembek akan menyebabkan cepat berair/basi. Bagaimana agar menanak nasi menggunakan magic com bisa pulen dan tidak cepat basi?

Pilih beras yang berkualitas bagus

Cuci beras dengan air mengalir berkali-kali hingga bersih.

Pastikan perbandingan antara air dan beras sesuai takaran.

Beri perasan air jeruk nipis kurang lebih 2 sendok teh.

Baru nasi dimasak menggunkan magic com hingga matang.

Nasi yang dimasak dengan ditambah perasan air jeruk nipis akan menjadi lebih putih, pulen dan tidak cepat basi karena senyawa asam yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan nasi cepat basi. (Fatah)

Berita Terkait