oleh

Pulau Onrust akan Menjadi Pulau Kuliner dengan Suasana Masa Kolonial

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Kepulauan Seribu terus bergeliat dalam menarik jumlah wisatawan. Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu telah merencanakan membuat pulau khusus bagi pecinta kuliner nusantara.

“Kita akan coba kaji, sehingga hal ini bisa berdampak pada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan,” kata Irmansyah, Bupati Kepualuan Seribu, Jumat (6/10/2017).

Dijelaskannya, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait. “Ada beberapa pulau yang kita usulkan untuk menjadi Pulau Kuliner. Pulau Onrust bisa dibangun kembali dengan suasana masa lalu yang dikombinasikan dengan kuliner. Dengan demikian, warga dari daratan Jakarta dan Tangerang bisa makan siang maupun makan malam, bahkan acara ulangtahun,” jelas Irmansyah.

Untuk dapat menjangkau ke lokasi pulau-pulau di Kepulauan Seribu, lanjut Irmansyah, akan dibuatkan jalur khusus, tanpa mengganggu tempat-tempat yang sudah ada. “Kita akan buat jalur khusus dengan melihat kondisi di lapangan. Di pulau Bidadari dan Pulau Ayer juga bisa, karena letaknya tidak terlalu jauh dengan daratan,” ujarnya.

Pulau Onrust merupakan kawasan yang banyak menyimpan catatan peninggalan sejarah dan menjadi salah satu kawasan strategis pada masa kolonial Belanda. Di pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi masa kolonial Belanda, dan juga sebuah rumah yang masih utuh, sehingga dijadikan sebagai Museum Pulau Onrust.

Pada tahun 1972, Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, mengeluarkan SK (Surat Keputusan) yang menetapkan Pulau Onrust sebagai pulau besejarah. Dengan adanya rencana pemerintah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, diharapkan aspek wisata kawasan ini akan semakin berkembang.

Komentar

Berita Terkait