oleh

Perlunya Peran Aktif Dinas Sosial DKI Mengatasi Maraknya Gepeng di Vihara

JAKARTA BARAT, Pelitajakarta.com – Penjagaan di sejumlah Vihara DKI Jakarta, yang dilakukan petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Dinas Sosial, Jumat (16/2/2018). Nampak tidak terjadi, hal itu, terlihat maraknya pengemis pada saat merayakan Imlek di Klenteng Petak Sembilan, Glodok, Jakarta Barat, Jumat (16/2).

Seharusnya petugas (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta yang merupakan instansi terkait harus dapat berperan aktif untuk mengatasi maraknya  gelandangan atau pengemis dadakan itu di sejumlah Vihara. Hal itu, untuk mencegah maraknya pengemis yang mengganggu kenyamanan warga pada saat merayakan Imlek.

Dinas Sosial DKI selaku intansi terkait seharusnya dapat melakukan antisipasi dan mendata ulah pengemis dadakan tersebut. Sebab, jika tidak ada upaya tindakan nyata maka tidak ada yang tahu dari mereka berasal.

“Dan jika tidak ada penanganan dengan baik maka sudah barang tentu mereka akan kembali ramai, bahkan tidak jarang malah berbuat yang tidak sesuai dengan apa yang diinginkan,” papar Usman, tokoh masyarakat dibilangan Jakarta Barat ini, jumat (16/2).

Selain itu, saat melakukan penjagaan, Petugas P3S Dinas Sosial berkolaborasi dengan aparat keamanan lainnya seperti Kepolisian, TNI, Satpol PP dan satuan pengamanan vihara. “Kita berharap tidak ada hal-hal tidak diinginkan, seperti desak-desakan hingga ada korban,” paparnya. (Ivan)

Berita Terkait