oleh

Pengurasan Saluran Penghubung Jalan Utan Jati Terhambat Bangunan Liar

JAKARTA BARAT, Pelitajakarta.com -Endapan lumpur di sepanjang saluran penghubung (PHb) Jalan Utan Jati, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Kalideres, Jakarta Barat dikuras.

Namun, Pengurasan endapan lumpur berjalan lambat karena maraknya keberadaan bangunan liar di atas saluran sehingga pengoperasian alat berat milik Dinas Sumber Daya Air tidak optimal.

Kasie Pemeliharaan Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Barat, Juniarto Ardiansyah mengatakan, pengurasan endapan lumpur di sepanjang saluran PHb Jalan Utan Jati sudah berlangsung sejak sepekan silam.

“Panjang saluran penghubung yang dikuras sekitar 500 meter bertujuan mengurangi genangan yang terjadi di pemukiman warga sekitar kawasan Utan Jati,” ujar Juniarto, Kamis (22/2).

Diakui Juniarto, keberadaan bangunan semi permanen yang berdiri di atas saluran PHb Utan Jati mengakibatkan proses pengurusan endapan lumpur berjalan lambat.

“Alat berat kesulitan bergerak saat pengerukan endapan lumpur yang menebal di dalam saluran Phb,” ungkapnya.

Sementara Lurah Pegadungan, Sulastri mengaku, penertiban bangunan liar di atas saluran PHb Utan Jati ditangani oleh Satpol PP.

“Surat peringatan sudah dilayangkan kepada pemilik bangunan, namun hingga saat ini masih banyak bangunan yang berdiri di atas saluran saat pasukan biru bekerja,” ungkapnya.(Ivan)

Berita Terkait