oleh

Taman Situ Lembang Siap Diresmikan Gubernur

MENTENG, Pelitajakarta.com – Taman Situ Lembang, Menteng akan segera diresmikan Gubernur DKI Jakarta. Menjelang peresmian tersebut akhir pekan ini, segenap jajaran Pemkot Jakarta Pusat, makin menggenjot persiapannya.

“Semua persiapan sudah selesai,” ujar Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, saat memantau persiapan peresmian Situ Lembang, Jumat (6/10/2017).

Taman Situ Lembang merupakan salah satu taman tertua di Jakarta. Taman yang berada di kawasan elit Menteng, Jakarta Pusat ini sempat menjadi tempat gaul favorit anak muda. Lokasinya yang teduh dan tenang, bahkan kerap menjadikan taman situ lembang sebagai lokasi pengambilan gambar atau syuting film.

Pada awalnya, taman ini merupakan waduk subsistem kali Cideng untuk menampung sumber-sumber air di sekitarnya. Pemerintah Kotapraja pada masa lalu bahkan pernah menambahkan panggung terbuka di areal ini. Pada tahun 1984, Dinas Pertamanan telah merenovasi taman ini, dengan menambahkan empat buat air mancur yang dipenuhi bunga teratai serta lapak pemancingan. Pada tahun 2002, taman ini kembali direnovasi dengan disesuaikan sebagai taman publik.

Menjelang peresmian Taman Situ Lembang tahun 2017 ini, pihak Sudin Kehutanan Jakarta Pusat telah menanam puluhan tanaman hias dan pohon lindung, seperti pohon Bintaro, Beringin Tabebuya, pohon Ketapang dan pohon Buni. Sedangkan Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian telah menyiapkan penyediaan benih ikan lele dan nila untuk ditebar di perairan Situ Lembang. Kabarnya, Gubernur Djarot Saiful Hidayat akan menyumbang ikan koki.

Selain itu, kondisi danau di Taman Lembang ini juga sudah mengalami perbaikan sejak beberapa bulan lalu. Lumpur di dasar danau berbentuk oval ini sudah dikeruk dan perbaikan turap sepanjang 25 meter juga sudah rampung dilaksanakan.

“Sekarang ini kita masih menunggu proses penjernihan air, karena itu membutuhkan waktu lama,” ujar Walikota Jakarta Pusat Mangara Pardede.

Komentar

Berita Terkait