Beranda Peristiwa Megapolitan Warga Rt 05 Semanan Keluhkan Bau Polusi Udara

Warga Rt 05 Semanan Keluhkan Bau Polusi Udara

95
Warga Rt 05 Semanan Keluhkan Bau Polusi Udara

KALIDERES, Pelitajakarta.com– Trimulyanto warga RT 05/10, Kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, mengeluhkan buruknya polusi udara, yang diduga berasal dari pabrik memproduksi asbes, PT Bakrie Buuding Industries, di jalan Daan Mogot KM 17.3, hingga ke lingkungan permukiman warga.

Dikatakan Tri, keluhan warga RT 05/10 Kelurahan Semanan Kecamatan Kalideres Jakarta Barat, sudah sejak lama terjadi.Namun sepertnya belum ada upaya dari pihak yang terkait untuk menindak lanjutinya,” Udah banyak warga yang mengeluhkan masalah tentanv polusi udara yang diduga dari belakang pabrik asbes ini,baunya kaya bau gak enak, gitu,”kata Tri, Sabtu (10/3/2018)

Hal senada diungkapan Nining, warga yang sama, masalah polusi udara yang tercium baunya tidak sedap itu, bukan saja berasal dari pabrik asbes, namun bau tidak sedap yang sangat menyengat hidung dan bising juga di duga dari pabrik kaleng, sangat dikeluhkan warga,” Baunya kaya limbah gitu dan juga kalau siang bising.Kalau masalah ini udah lama si warga pada mengeluh, tapi belum juga ada tindakan dari petugas terkait,” ucap Nining.

Ketua Dewan Kota Jakarta Barat, H.Maskur mengatakan, dalam hal ini Suku Dinas Lingkungan Hidup pro aktif untuk meninjau. Dan harus dilibatkan masyarakat dalam penelitian lebih lanjut tentang adanya keluhan warga, yang mana masalah bau tidak sedap, terutama Kelurahan, LMK dan RT RW nya,”itu harus dilibatkan. Jadi pihak Lingkungan Hidup juga harus mengkroscek dengan dua cara, pertama mendatangi lingkungan dengan mensurvei langsung kondisi masyarakat yang terkena pengaruh polusi udara. Yang kedua ,Sudin Lingkungan Hidup bisa mendatangi perusahan tersebut yang diduga melakukan pencemaran polusi udara dengan pemeriksaan S.O.P penanganan limbah, apakah ada atau tidak.Jika sudah ada, apakah S.O.P nya dijalankan atau tidak.Kalau tidak menjalankan SOP nya,maka ya harus ditindak,”tegasnya.

Menanggapi masalah keluhan warga Rt. 05/10 Kelurahan Semanan Kalideres, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Barat, Edi Muyanto mengatakan, pihaknya akan meninjau ke lokasi apa yang dikeluhkan warga.”Senin ini kita akan lakukan cek kelokasi terkait keluhan warga tentang polusi dan limbah,”tutupnya (Red)