Beranda Peristiwa Megapolitan Wagub DKI Hadiri HBKB di Jalan Tomang

Wagub DKI Hadiri HBKB di Jalan Tomang

49
Wagub DKI Hadiri HBKB di Jalan Tomang

TOMANG, Pelitabanten.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Barat menggelar kegiatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Tomang, Minggu (11/3) pagi.

HBKB di sepanjang ruas jalan Tomang merupakan yang pertama kali digelar di Jakarta Barat. Sebelumnya, pelaksanaan kegiatan serupa dilaksanakan di sekitar kawasan Kota Tua.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ribuan warga memadati ruas Jalan Tomang. Berbagai kegiatan olahraga digelar di antaranya lari, bersepeda dan futsal. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno berolahraga lari dari kediamannya di bilangan Kebayoran Baru hingga ke lokasi HBKB.

Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengatakan, pelaksanaan kegiatan HBKB di ruas Jalan Tomang merupakan yang pertama kali sehingga diharapkan akan tumbuh gerakan masyarakat tambah sehat dan bugar.

“Biasanya kalau ada kegiatan ini, akar rumput ekonomi dan UKM tumbuh. Diharapkan terciptanya lapangan kerja baru yang berkualitas di Jakarta Barat,” ujarnya.

Sandi mengungkapkan, HBKB di sepanjang ruas Jalan Tomang merupakan tindaklanjut aspirasi warga yang membutuhkan ruang terbuka untuk aktifitas berolahraga.

“Sambutan masyarakat atas dilaksanakannya HBKB di Jalan Tomang ini luar biasa. Saya berterima kasih kepada warga, dunia usaha dan jajadan pemerintah kota sehingga mudah mudahan kegiatan ini bisa menjadi oase di Jakarta Barat,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, Pemprov DKI Jakarta akan mengukur kegiatan ekonomi yang bertumbuh di pelaksanaan kegiatan HBKB di lima wilayah kota.

“Aspirasi serupa juga disampaikan warga Condet, Jakarta Timur untuk kegiatan HBKB,” jelasnya.

Sementara Walikota Jakarta Barat, Anas Efendi menambahkan, HBKB di ruas jalan Tomang sepanjang tiga kilometer mulai dari perempatan hingga ke jembatan Kali Banjir Kanal Barat.

“Kalau mau kuat harus sehat. Kalau kita mau sehat, harus berolahraga,” tambahnya.(Ivan)