oleh

Peringati Hari Bumi, Pemprov DKI Bakal Padamkan Lampu Satu Jam Secara Serentak

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Pemprov DKI Jakarta bakal menggelar kegiatan pemadaman lampu selama satu jam di seluruh gedung pemerintahan dan simbol kota. Kegiatan pemadaman lampu yang bakal dilakukan secara serempak itu, dimulaj dari pukul 20.30 sampai 21.30.Tujuannya memperingati Hari Bumi yang jatuhnya pada Sabtu 24/3/2018.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Isnawa Adji menjelaskan, Gubernur Anies Baswedan akan memimpin aksi kick off pemadaman lampu di Pendopo Balaikota. “Pemadaman lampu selama satu jam ini adalah aksi simbolis berisi pesan edukasi meningkatkan kesadaran masyarakat agar menghemat energi demi menjadikan Jakarta lebih lestari,” kata Isnawa Adji.

Adji menambahkan bahwa pada Sabtu malam, lampu akan dimatikan selama satu jam di tujuh ikon kota Jakarta, yaitu Gedung Balaikota, Monas, Patung Tugu Tani, Patung Pemuda, Patung Sudirman, Patung Arjuna Wiwaha, Monumen Selamat Datang, dan juga di Simpang Susun Semanggi. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama dengan Dinas Perindustrian dan Energi, Dinas Kehutanan, dan PLN Disjaya. “Kami juga memadamkan lampu di bangunan-bangunan pemerintah, yaitu kantor Walikota dan Bupati, kantor Kecamatan, dan kantor dinas”, lanjutnya.

Berdasarkan hasil inventarisasi emisi gas rumah kaca di Jakarta pada tahun 2015 dan 2016, sumber emisi terbesar adalah dari penggunaan listrik. Jakarta telah memiliki komitmen untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang dituangkan dalam Rencana Tata Ruang Wilayah 2030 dan Pergub No. 131 Tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca.

Jakarta juga telah melakukan aksi-aksi terkait efisiensi energi, antara lain mengganti lampu penerangan jalan umum dengan lampu LED ramah lingkungan di 185 ribu titik dan mengimplementasikan efisiensi energi di gedung-gedung dengan mengeluarkan Grand Design of Green Building Jakarta.

Menurutnya, Jakarta aktif mengikuti aksi pemadaman lampu dalam rangka kampanye Earth Hour sejak sepuluh tahun yang lalu. Penghematan penggunaan listrik dalam aksi pemadaman lampu dalam rangka Kampanye Earth Hour pada tahun 2017 sebesar 157 MW, menghemat biaya hingga Rp. 172,4 juta rupiah, dan berhasil mereduksi emisi gas rumah kaca sebesar 112,69 ton CO2 ekuivalen. “Hal ini membuktikan bahwa hanya dengan memadamkan lampu selama satu jam, banyak penghematan yang kita dapatkan,” kata Adji sambil mengimbau masyarakat agar mau bareng-bareng mematikan lampu di rumah masing-masing.(Red)

Berita Terkait