oleh

Peringati Hari TBC Sedunia, Walikota Jakarta Barat: “Obati Sampai Sembuh Tidak Ada Diskriminasi”

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Dalam rangka memperingati hari TBC sedunia, Kota Administrasi Jakarta Barat, melalui Suku Dinas Kesehatan mengadakan kegiatan penggalangan komitmen bersama penanggulangan TBC, yang diselenggarakan di gedung aula Ali Sadikin di kantor Walikota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya, Selasa (27/3/2018).

Dalam acara itu, hadir Walikota Jakarta Barat, H.Anas Effendi, Wakil Walikota Jakarta Barat, M Zen, Camat beserta para Lurah, UKPD terkait ketua tim penggerak PKK Kota dan jajarannya se-Jakarta Barat. Para Direktur Rumah Sakit Se-Jakarta Barat dan kepala Puskesmas, Ikatan Bidan Indonesia dan Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Perawat, para kader dan LSM pejuang TBC.

Walikota Jakarta Barat H. Anas Efendi juga menyampaikan kepada Camat, Lurah dan UKPD terkait, beserta unsur masyarakat agar meningkatkan keperdulian dan aktif menemukan penderita TBC, supaya diobati sampai sembuh serta memutuskan mata rantai penularan untuk menuju eliminasi TBC 2030.

“Sampai sembuh, dan tidak diskriminasi terhadap penderita TBC,” ujar Walikota dihadapan para peserta acara penggalangan komitmen bersama penanggulangan TBC.

Kepala Suku Dinas Kesehatan Pemkot Jakarta Barat, DR.Weningtyas Purnomo Rini, MARS mengatakan, dalam kegiatan memperingati Hari TBC sedunia telah dilakukan selama satu bulan, priode 1 Maret sampai 31 Maret. Adapun kegiatan itu dilakukan adalah  deteksi dini.

“Grebek TBC, Go Sputum dimana dahak dari penjaringan aktif kepemukiman dikirim ke Puskesmas untuk di periksa,” ujarnya.

Pihak Suku Dinas Kesehatan juga, kata Weningtyas, mengadakan penyuluhan dan seminar di masyarakat melalui Puskesmas dan Rumah Sakit.

“Di Jakarta Barat kita juga membentuk kader Juru Pemantau Batuk (Jumantuk), dan Satgas TBC,” ujarnya.

“Setelah diadakan acara penggalangan komitmen bersama penanggulangan TBC, adanya aksi disetiap Kecamatan dan Kelurahan agar semua dapat mendukung dan kerjasama antara lintas sektor UKPD dan unsur masyarakat serta swasta yang di kordinir oleh camat,” tandasnya.(Ivn)

Berita Terkait