oleh

Sudin Kesehatan Jakbar Sosialisasi Konseling Bagi Calon Pengantin

KEMBANGAN, Pelitajakarta.com – Konseling dan pemeriksaan bagi calon pengantin, tampaknya bakal diberlakukan di wilayah Pemprov DKI Jakarta. Oleh karena itu, bagi pasangan calon pengantin yang akan melakukan pernikahan, maka bersiap siaplah untuk menjalani pemeriksaan tes kesehatan dari instansi terkait.

Seperti diketahui dari Suku Dinas Kesehatan Pemko Jakarta Barat, dimana instansi itu melakukan sosialisasi terkait konseling dan pemeriksaan bagi calon pengantin yang bakal menjalani proses pernikahan.

Sementara, Kepala Suku Dinas Kesehatan Pemko Administrasi Jakarta Barat, Weningtyas Purnomo Rini mengatakan, generasi muda mempunyai peranan penting sebagai pewaris dari generasi tua guna melanjutkan perjuangan bangsa, perlu ditingkatkan. Dikatakan Kasudin, Konseling dan pemeriksaan bagi calon pengantin, tujuannya untuk pelaksanaan pembinaan kesehatan masyarakat pada umumnya. “Guna membentuk keturunan atau generasi mendatang, yang berkualitas pada khususnya perlu adanya pemberian konseling dan pemeriksaan bagi calon pengantin, dimana dalam rangka pembinaan ketahanan bagi calon pengantin,” katanya.

Weningtyas mengatakan, nantinya yang akan menikah, kita menggandeng kepala KUA untuk melakukan cek kesehatan bagi calon pengantin.

Melalui Keputusan Menteri Agama (KMA) no 477 tahun 2004, pemerintah mengamanatkan agar sebelum akad pernikahan dilangsungkan, maka setiap calon pengantin, harus diberikan wawasan terlebih dahulu tentang arti sebuah rumah tangga melalui kursus calon pengantin (Suscation).

Di jakarta Barat sendiri menurut Weningtyas, sudah melaksanakan skrining kesehatan calon pengantin sejak september 2016. Hingga akhir tahun 2017, pelayanan kesehatan calon pengantin sudah diatur dengan ditetapkannya Pergub DKI Jakarta no 185 tahun 2017. “Dari diberlakukannya peraturan Gubernur no 185 tahun 2017, maka pelaksanaan pelayanan kesehatan Skrining calon pengantin menjadi seragam dan berjalan dengan baik,” paparnya.

“Nantinya bagi calon pengantin, akan dilakukan pemeriksaan kesehatannya, hingga kedua mempelai benar benar dinyatakan sehat,”tutupnya.(Ivn)

Berita Terkait