Beranda Peristiwa Megapolitan Anies Baswedan Berharap Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional

Anies Baswedan Berharap Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional

564
Anies Baswedan Berharap Kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional
Anies Baswedan saat menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS 2018. foto:twitter@aniesbaswedan

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap kepesertaan Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di ibu kota dapat terwujud 100 persen.

“Saya berharap penghargaan yang sudah berhasil diraih itu dapat memacu agar tingkat kepesertaaan JKN-KIS di Jakarta bisa mencapai 100 persen,” kata Anies di Jakarta, Jumat (25/5/2018), setelah pada 23 Mei, Pemprov DKI Jakarta menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) JKN-KIS 2018.

Menurut dia, total keseluruhan peserta JKN-KIS pada November 2017 tercatat mencapai 78,78 persen dari jumlah penduduk yang ada di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Kemudian, pada Mei 2018 jumlah peserta JKN-KIS menjadi 10.146.399 orang atau 98,19 persen dari jumlah keseluruhan warga DKI Jakarta.

“Jadi, tingkat kepesertaan JKN-KIS di Jakarta saat ini sudah 98 persen, tinggal dua persen lagi. Insya Allah, kita bisa segera mencapai target 100 persen,” tutur Anies.

Dia mengungkapkan salah satu upaya yang harus dilakukan untuk memenuhi target tersebut, yaitu melalui optimalisasi sinkronisasi data kependudukan dengan realita atau kondisi masyarakat di lapangan.

“Saya sudah minta kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta supaya melakukan percepatan sinkronisasi data sampai tuntas, sehingga target 100 persen itu bisa terpenuhi,” ungkap Anies.