Beranda Budaya Kelompok Teater Anak TTA Pentaskan ‘HELP!’ Karya Putu Wijaya

Kelompok Teater Anak TTA Pentaskan ‘HELP!’ Karya Putu Wijaya

336
Kelompok Teater Anak TTA Pentaskan ‘HELP!’ Karya Putu Wijaya
Anak-anak dari kelompok Teater Tanah Air akan berpentas di Taman Ismail Marzuki 2 Juni 2018, sebelum tampil di Lingen, Jerman.

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Teater Tanah Air (TTA) akan mementaskan lakon berjudul ‘HELP!’ karya Putu Wijaya, yang disutradarai Jose Rizal Manua, di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 2 Juni 2018. Teater Tanah Air (TTA) yang merupakan kelompok teater anak-anak ini juga dijadwalkan akan tampil dalam ajang 15th World Festival of Children’s Theater di Lingen (Ems) Jerman pada bulan 22-29 Juni 2018 mendatang dengan membawakan lakon yang sama.

Seniman kawakan Jose Rizal Manua, selaku pimpinan Teater Tanah Air, menjelaskan pementasan di TIM pada 2 Juni 2018 ini dapat dikatakan sebagai persiapan untuk menghadapi festival se-dunia di Lingen, Jerman. Pementasan tersebut dapat disaksikan masyarakat umum, tanpa dipungut biaya.

Lebih lanjut, Jose Rizal mengungkapkan, kelompok teater anak-anak yang telah berdiri sejak tahun 1988 ini, sudah beberapa kali mengikuti festival teater anak-anak se-dunia, yakni pada tahun 2006, 2008 dan 2016 silam. Dari keikutsertaannya dalam ajang internasional tersebut, Teater Tanah Air juga sudah pernah meraih penghargaan tertinggi.

Menurut Jose Rizal, penghargaan tersebut merupakan hasil yang patut dihargai, mengingat untuk bisa tampil di luar negeri itu, semangat perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan anak-anak ini sangat besar. “Dalam keterbatasan yang ada, anak-anak ini mampu menampilkan pementasan yang maksimal. Untuk menyiapkan sebuah pertunjukan di luar negeri itu, mereka harus melakukannya sendiri, mulai dari menyiapkan kostum, tata panggung dan seluruhnya dilakukan oleh para pemain,” jelas pengajar di Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta ini.

Namun dibalik itu, lanjut Jose Rizal, semua ini merupakan sebuah proses pembelajaran dan pengalaman yang sangat berharga bagi anak-anak Teater Tanah Air.

Ajang 15th World Festival of Children’s Theater akan diikuti oleh puluhan kelompok teater anak dari berbagai belahan dunia mulai dari Eropa, Afrika, Asia, Amerika Utara dan Selatan. Untuk kawasan Asia, selain Teater Tanah Air yang mewakili Indonesia, juga akan ikutserta dua kelompok teater dari India dan Jepang. Perhelatan festival teater anak se-dunia, telah diselenggarakan sejak tahun 1990, dan berlangsung setiap dua tahun sekali.