oleh

2 Perupa Minahasa Pameran di Balai Budaya Jakarta

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Dua perupa asal Sulawesi Utara, John Semuel dan Fadjar Sahante menggelar pameran bertajuk ‘#2 Minahasa: Menembus Batas’ yang akan berlangsung pada 23-28 Juni 2018 di Balai Budaya, Jalan Gereja Theresia No. 47, Menteng, Jakarta Pusat. Pameran ini yang didukung Dinas Kebudayaan Pariwisata Kabupaten Minahasa Utara dan DPRD Minahasa Utara ini, akan diresmikan Bupati Minahasa Utara Vonnie Anneke Panambunan.

John Semuel merupakan perupa yang tinggal dan berkarya di Pulau Talise. Ia juga pernah menjadi kuntua atau Kepala Desa, di Pulau Talise. Pada tahun 1990 silam, John Semuel pernah menggelar pameran bersama Sonny Lengkong (alm), John Rondonuwu (alm) dan Arie Tulus, juga di Balai Budaya Jakarta. Pameran ‘empat serangkai’ itu berhasil mengibarkan seni lukis Sulawesi Utara di tingkat nasional.

Sedangkan Fadjar Sahante yang berasal dari Pulau Bangka yang bertetangga dengan Pulau Talise, kini bermukim dan berkarya di Manado, sambil menjadi pelayan gereja (penatua). Ketika Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud menggelar ‘Pameran Besar Seni Indonesia’ kedua perupa ini turut ambil bagian.

Yusuf Susilo Hartono selaku kurator dalam pameran ini menjelaskan karya-karya John dan juga Fadjar telah melewati lompatan jauh dan perubahan yang besar. Baik dalam gaya, pilihan tema, teknik penggarapan medium, narasi warna, hingga pesan yang disampaikan.

Berita Terkait