by

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah Berjerawat

Pelitajakarta.com – Belimbing ini sering disebut juga belimbing besi atau belimbing sayur, disebagian daerah menyebutnya belimbing wuluh. Belimbing ini diperkirakan berasal dari Kepulauan Maluku selain itu rasanya pun masam serta cenderung pahit bila dikonsumsi secara berlebih.

Tanaman ini mudah sekali tumbuh dan berkembang biak melalui cangkok atau persemaian bijinya. Buah belimbing wuluh mengandung kadar oksalat yang tinggi, sangat tidak dianjurkan bagi penderita ginjal. Pohon belimbing wuluh tidaklah besar dan tinggi, dengan buah berwarna hijau ketika belum masak dan menguning ketika telah masak.

Ukuran buahnya sebesar dan sepanjang ibu jari tangan. Ketika berbuah, belimbing wuluh akan nampak bergerombol di batang bagian tengah. Dengan ini, buah belimbing wuluh sangat mudah dipetik.

Buah satu ini memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, ada asam format, peroksida, kalsium oksalat, kalium, sulphur, glukosid, tannin, saponin, kalium, sitrat, serta yang paling tinggi yaitu vitamin C. Nutrisi-nutrisi ini sangat bagus untuk kecantikan wajah dan kulit.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Wajah Berjerawat

Selain itu banyak manfaat belimbing wuluh untuk wajah seperti :

Pertama

Belimbing Wuluh Dapat Mengangkat Sel Kulit Mati. Kandungan flavonoid dalam buah ini juga akan membantu regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam akan terangkat dan tergantikan dengan sel-sel baru yang lebih segar terlihat seperti semakin remaja. Membuat masker wajah dari bahan belimbing wuluh akan lebih memaksimalkannya

Kedua

Belimbing Wuluh Dapat Mengatasi Jerawat. Jerawat kondisi dimana terjadinya penyumbatan pori-pori pada kulit menimbulkan kantung nanah yang meradang, kondisi ini tidak bisa diremehkan. Dengan membuat belimbing wuluh sebagai masker dapat membantu menyamarkan flek hitam bekas jerawat, karena belimbing wuluh  mengandung antioksidan tinggi serta anti bakteri yang bermanfaat mengecilkan pori-pori kulit penyebab terjadinya kembali jerawat

Ketiga

Belimbing Wuluh Dapat Memutihkan Wajah. Penggunaan masker dari belimbing wuluh dapat bermanfaat memutihkan wajah serta mencerahkan juga karena mengandung vitamin A dan vitamin C yang tinggi akan memberikan nutrisi yang baik bagi kulit dibantu dengan antioksidan juga  yang menangkal radikal bebas

Keempat

Belimbing Wuluh Dapat Menghambat Proses Penuaan. Tua itu hal yang pasti bila kita masih bisa diberi umur oleh Tuhan, seiring berjalannya waktu wajah akan mengalami proses pengkriputan. Penggunaan masker rutin dari belimbing wuluh dapat mencegah proses penuaan dini karna kandungan nutrisi yang banyak serta dapat menghalau radikal bebas penyebab penuaan dini

Kelima

Belimbing Wuluh Dapat Mengurangi Minyak Berlebih.  Minyak berlebih pada wajah adalah salah satu faktor penyebab timbul jerawat. Kandungan vitamin C yang tinggi pada belimbing wuluh dapat mengikat minyak berlebih yang diproduksi secara berlebih pada wajah, sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Keenam

Belimbing Wuluh Dapat Mengecilkan Pori-Pori. Salah satu penyebab timbulnya jerawat pada wajah yaitu pori-pori yang besar yang menyebabkan masuknya kotoran serta bakteri kedalam kulit. Dengan kandungan nutrisi pada belimbing wuluh dapat membantu mengecilkan pori-pori pada wajah agar terhindar dari timbulnya jerawat.

Ketujuh

Belimbing Wuluh Dapat Mengatasi Panu. Panu adalah penyakit akibat infeksi jamur Malassezia yang ditemukan pada permukaan kulit. Pada buah ini dapat diatasi karena belimbing wuluh memiliki kandungan anti jamur dan antibakteri di dalamnya.

Berita Terkait