oleh

Tari ‘Dara Kesohor’ Raih Juara I Lomba Karya Cipta Tari Betawi

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Kendati waktu persiapan sempit, namun Sanggar Swargaloka berhasil memboyong gelar Juara I pada Lomba Cipta Tari Betawi yang diadakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta. Kreasi baru Tari Betawi  ‘Dara Kesohor’ garapan koreografer muda, Bathara Saverigadi Dewandoro berhasil mengungguli karya tari dari grup lainnya.

“Karena waktu itu Dinas Kebudayaan ngadainnya mendadak, kita juga langsung persiapan. Latihan sama musik hanya empat kali latihan, jadi total persiapan untuk lomba ini delapan kali latihan,” kata Bathara, sang koreografer, usai pengumuman pemenang Lomba Cipta Tari Betawi, di Teater Ketjil, Taman Ismail Marzuki, Minggu (15/10/2017).

Tari ‘Dara Kesohor’ menceritakan tentang pesona gadis-gadis yang tersohor dengan kecantikanya. “Jadi kita bikinnya yang sederhana. Kita mau ngambil topeng Samba, menghubungkan dengan kondisi kekinian. Saya kaitkan dengan simbolisasi wanita yang menonjolkan unsur-unsur keseksian dan keangkuhan,” Bathara yang pada peringatan Hari Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2017 lalu di Istana Negara menggarap drama tari kolosal ‘Indonesia Raya’.

Lebih lanjut, Bathara mengungkapkan, terciptanya tari ‘Dara Kesohor’ ini terinspirasi dari kondisi yang terjadi saat ini. “Kepopuleran cewek-cewek sekarang ini, sering dihitung dari berapa banyak followers-nya di media sosial, banyak endors. Itu yang katanya populer. Tapi pas ketemu langsung, ternyata dia sombong, banyak nggak disukai orang. Jadi, lewat tari ini kita punya pesan bahwa jangan menilai orang dari fisiknya aja, karena belum tentu sifatnya juga baik,” papar Bathara.

Komentar

Berita Terkait