by

Manfaat Beras Merah Untuk Diet

Pelitajakarta.com – Komoditas yang satu ini merupakan kebutuhan pokok bangsa Indonesia. Karena beras adalah salah satu makanan pokok khas Indonesia, walaupun ada sebagian daerah memanfaatkan kandungan karbohidrat dari sumber lain seperti ubi, singkong jagung, ketela, atau olahan sagu khas dari timur yaitu papeda. Selain Negara Indonesia ada beberapa Negara lain yang menjadikan beras menjadikan kebutuhan pokoknya, contohnya adalah Negara Jepang, Korea Selatan, Thailand, India dan Tiongkok. Ternyata beras sendiri mempunyai jenis dan ragam yang banyak. Berikut ialah sekilah tentang si putih pulen yang ada di pasaran :

  1. Jenis Pandan Wangi

Benar pandan wangi, dari namanya pun ciri khas beras ini memiliki aroma pandan. Selain aromanya ciri lainnya sedikit bulat dan agak panjang. Bila beras ini agak panjang dapat dipastikan beras tersebut dicampur dengan zat pewangi. Beras ini memiliki warna kekuningan dan bening. Setelah dimasuk menjadi nasi aroma pandan tetap terjaga dan pulen.

  1. Rojo Lele

Nama ini biasa dipakai untuk beras yang berasal dari daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur. Sedangkan untuk wilayah Jawa Barat disebut Beras Muncul. Jenis ini banyak dipasaran memiliki tekstur cenderung bulat dan berwarna putih.

  1. IR 64 (Setra Ramos)

Beras yang berasal dari Jawa Barat ini banyak digemari bagi masyarakat selain harganya terjangkau beras ini memiliki tekstur lonjong, tidak bulat serta tidak memiliki aroma wangi. Tentu setelah dimasak menjadi nasi beras ini pulen dan gurih, akan tetapi beras ini berumur tidak terlalu lama sekitar 3 bulan. Jika lewat dari waktu tersebut nasi akan menjadi pera, hati-hati dalam membeli beras jenis satu ini karena ada sebagian perusahaan nakal yang menambahkan zat kimia pewangi.

  1. Beras Mentik Wangi Susu

Memiliki bulir-bulir berbentuk pipih kecil dengan warna putih susu. Merupakan saingan beras pandan wangi. Pulen dan harum.

  1. Beras Merah

Beras ini memiliki ciri khas berwarna merah dan memiliki banyak manfaat. Akan dijabarkan dibawah

  1. Beras Hitam

Tergolong langka dan mahal karena kandungannya yang bermanfaat bagi kesehatan, berfungsi sebagai obat karena mengandung kadar asam amino yang tinggi disbanding beras biasa, ditambah vitamin dan mikroelemen.

  1. Beras Ketan

Beras ini biasa dibuat bahan cemilan dengan berbagai resep makanan. Dengan ciri khas yang lengket karena mengandung kadar amilota dan pati. Biasa diolah dengan cara direbus dan dikukus.

Setelah mengetahui beberapa jenis beras yang ada dipasaran, penulis akan memberikan beberapa manfaat beras merah yang bagus untuk kesehatan selain itu bermanfaat bagi yang menjalankan program diet.

Berikut adalah Manfaat Beras Merah Untuk Diet :

  1. Tidak Cepat Lapar

Beras merah membuat kamu tidak cepat lapar atau merasa kenyang lebih lama. Ternyata ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa separuh porsi beras merah sama menghasilkan efek kenyang lebih lama dari beras biasa. Karena beras merah mengandung karbohidrat kompleks serta serat yang 6 kali lebih banyak dibanding beras putih. Itu yang menyebabkan proses penceranaan lebih lama dan lebih berkala. Proses waktu yang lama lah yang membuat kamu tidak cepat lapar.

  1. Pencernaan Lebih Lancar

Sebuah penelitian menerangkan bahwa bekatul pada beras merah membantu pencegahaan asam dan menjaga  kelembapan pada saat proses pencernaan dalam lambung dan menghasilkan retensi tektur lebih baik. Selain itu kandungan serat yang lebih tinggi dibanding beras putih membantu mengatur fungsi usus yang membantu proses metabolisme dalam tubuh. Proses metabolisme yang baik membantu meningkatkan proses pencernaan yang lebih baik pula. Kandungan serat itu membantu mencegah penyakit maag, sembelit, iritasi usus, kanker usus,wasir hingga kolitis.

  1. Membantu Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat (LDL)

Kadar LDL yang tinggi dapat menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti diabetes, stroke dan jantung. Kandungan beras merah ini menganduung banyak nutrisi baik dalam tubuh salah satunya ada kolestrol baik (HDL). Selain itu mengandung gamma-aminobutyric (GABA) yang dikenal sebagai zat ampuh mengurangi kadar kolestrol jahat dalam tubuh. Karena itu disarankan bagi yang menjalani diet untuk mengkonsumsi beras merah sebagai menu pengganti karbohidrat sebelumnya.

  1. Membantu Pencegahan Penyakit Jantung

Selain menurunkan kadar kolestrol jahat dalam tubuh, beras merah memiliki manfaat besar untuk kesehatan lainnya salah satunya adalah menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat dan antioksidan tinggi membantu membersihkan plak yang ada dalam pembuluh darah. Selain itu kandungan kalium membantu meningkatkan kinerja jantung, terdapat pula kandungan magnesium yang memiliki fungsi menjaga kesehatan jantung.  Ketika diteliti lebih lanjut kandungan sekitar beras merah membantu melawan protein endokrin angiotensin yang menyebabkan meningkatnya tekanan darah serta penyakit atherosclerosis

  1. Menambah Kesehatan Pada Tulang Dan Gigi

Kebutuhan untuk mempertahankan kesehatan pada gigi dan tulang bisa didapat dengan mengkonsumsi makanan yang berasal dari beras merah.  Beras merah kaya akan kandungan vitamin K, vitamin D, kalsium, fosfor dan magnesium. Kandungan itulah yang dapat mempertahankan struktur fisik tulang dan gigi tentunya, jika dikonsumsi secara teratur dan ditambah asupan lainnya dapat membantu mencegah penyakit arthritis atau radang sendi dan osteoporosis

Berita Terkait