by

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Lewat Internet

Pelitajakarta.com – Selain kematian, hal yang menakutkan bagi kaum millennial sekarang adalah kehilangan HP atau smartphone. Selain terdapat data-data penting masih banyak fungsi HP yang membantu kehidupan sehari-hari. Ketika HP kamu memakai jenis sistem operasi android, artikel ini mungkin bisa membantu bila hp kamu hilang atau lupa simpan dimana dan mungkin diambil orang.

Ada beberapa faktor pendukung yang bisa mempermudah pencarian melalui aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan, faktor yang pertama ialah kamu harus ingat alamat email dan password akun google, faktor yang kedua penemu (bisa jadi pencuri) mempunyai itikad baik untuk mengembalikan hp android yang hilang dan fator ketiga adalah HP android dalam keadaan online atau paket data hidup serta fitur location aktif (ini setting default dari masing-masing HP).

Akan lebih menyulitkan atau bahkan mustahil bila ketiga faktor diatas tidak terpenuhi, apalagi seseorang yang menemukan HP tidak memiliki niat untuk mengembalikan HP, dengan melakukan teknik flas pada HP tentu saja semua data termasuk akun google yang terkoneksi di HP akan hilang.

Bila HP Android kamu hilang ada beberapa cara melacak hp android yang hilang dicuri :

  1. Melacak dengan Google Maps dan Gmail

  • Buka tautan google.com/android/devicemanager atau bisa juga ke https://www.google.com/android/find. Ikuti langkah yang ada pada tampilan yang ada di layar HP teman atau gadget kamu, jangan lupa untuk isi akun gmail yang kamu gunakan di HP Android yang hilang.
  • Setelah itu, pilih accept atau terima sesuai penggunaan bahasa yang digunakan di hp.
  • Di halaman itu juga ada pilihan menu yang memiliki banyak sekali fitur seperti putar suara untuk menderingkan ponsel, kunci hp agar tak ada seorang pun yang bisa membuka, dan perintah untuk menghapus semua konten yang kamu miliki. Bila tidak memilih, kamu bisa langsung melihat maps untuk melihat keberadaan hp kamu.
  • Klik Icon GPS yang ada di bagian pojok kanan pop-up. Jika ternyata GPS di hp Android kamu tidak aktif, kamu tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, kamu masih bisa me-reset hp kamu dengan menekan tombol Erase. Sehingga smartphone akan masuk ke pengaturan pabrik dan kemudian menyetel GPS untuk kembali menyala. Lalu, silakan temukan smartphone Android kamu.
  • Setelah itu, lokasi hp kamu yang hilang secara otomatis sudah bisa dideteksi.
  1. Aplikasi Find My Device

Cara Melacak HP Android Yang Hilang Lewat Internet

Cara ini membutuhkan aplikasi tambahan yang ada di play store dengan nama Find My Device, cara yang kedua tidak berbeda jauh dengan yang pertama. Setelah selesai mengunduh aplikasinya silahkan isi menu login dengan menggunakan akun gmail yang terpasang pada hp android yang hilang. Setelah ikuti langkahnya ada beberapa fitur yang membantu menemukan HP Android yang hilang seperti :

  • Tampilan Lokasi Terakhir

Pada tampilan search yang dapat kamu ketahui dimana lokasi HP kamu yang hilang

  • Tampilan Koneksi Wi-fi Terakhir

Pada menu Find My Device atau Cari Perangkat Saya akan menampilkan perangkat apa saja yang digunakan dalam akun gmail kamu dan koneksi apa yang terakhir digunakan

  • Tampilan Informasi Baterai

Menu ini sangat berguna karena perangkat yang kamu cari memberi informasi sisa daya baterai, itu akan memudahkan kamu memberikan estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencari sebelum baterai hp habis.

  • Tampilan Panggilan Suara

Fitur ini akan memunculkan suara dering HP kamu yang hilang dalam volume maksimum, yang unik dari fitur ini adalah tetap mengeluarkan suara meski dalam mode silent.

  • Tampilan Lock dan Eraser

Sesuai dengan namanya, makna lock berarti hp kamu dikunci dan tidak bisa diakses lagi dan yang terakhir adalah erases yang berfungsi untuk menghapus semua data yang ada di hp baik foto, video maupun berkas.

  1. Aplikasi Hidden Eye

Aplikasi ini bisa menjadi salah satu rekomendasi dalam pencegahan hilangnya hp android kamu, karena aplikasi ini bisa memfoto objek yang dicurigai sebagai pencuri HP. Jika membuka kunci salah, aplikasi ini juga bisa menyalakan alarm bila pencuri salah memasukkan password lebih dari tiga kali.

  1. Aplikasi Family Locator

Aplikasi ini sangat membantu dalam menampilkan lokasi pengguna hp android, karena fitur aplikasi ini dapat mengetahui lokasi keluarga atau yang didaftarkan. Selain itu aplikasi ini mengetahui dimana lokasi keluarga serta memiliki tombol khusus untuk kondisi darurat dan group atau chatt pribadi. Jadi semisal ada satu anggota yang hpnya hilang, anggota yang didaftarkan tersebut akan tau dimana lokasi terakhir hp android hilang.