by

Kapan Peringatan Hari Ayah Di Indonesia

Pelitajakarta.com – Ayah seperti yang kita ketahui adalah salah satu pahlawan bagi ibu dan anak dirumah. Karena ayah sendiri harus menjadi sosok yang tangguh dan penuh tanggung jawab untuk kelangsungan hidup dalam rumah. Walau tidak sepopuler hari ibu, hari ayah di Indonesia juga diperingati. Pada 12 November, orang-orang di Indonesia merayakan hari ayah. Perayaan ini benar-benar dinyatakan pada 12 November 2006 oleh PPIP, komunitas komunikasi antar agama, secara bersamaan di dua kota, Solo, Jawa Tengah dan Maumere di Nusa Tenggara Timur. Deklarasi ini didasarkan pada kenyataan bahwa Ayahk juga memegang peran penting dalam membangun keluarga, dan bahwa orang tua kesatuan yang tidak terpisahkan, jadi jika ada hari ibu, tidak harus juga menjadi hari ayah.

Pada deklarasi tersebut diluncurkan buku Kenangan untuk Ayah yang berisikan 100 surat anak Nusantara yang telah dipilih dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah.

Setelah deklarasi selesai, mereka mengirimkan buku tersebut beserta piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati diberbagai penjuru wilayah Indonesia, yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud, dan Pulau Rote.

Pada hari, anak-anak di Indonesia akan menunjukkan penghargaan dan kasih sayang kepada ayah mereka dengan memberikan hadiah, memanjakan ayah mereka dengan memberikan pijat gratis, cukur, mencuci mobil, atau membantu ayah mereka menyelesaikan berbagai tugas di sekitar rumah seperti memotong rumput, perbaikan furnitur, dll. Hari bisa juga dirayakan dalam kegiatan-kegiatan keluarga yang memperkuat ikatan Keluarga.

Jika salah satu teman, tetangga, atau kolega Anda adalah seorang ayah yang dilahirkan di Indonesia atau keturunan Indonesia, Anda juga bisa bergabung dengan perayaan dengan memberinya hadiah, atau memperlakukan dia untuk makan siang di restoran favorit nya. Minta dia untuk berbagi cerita tentang keluarganya dan paling diam Ayah akan mengubah ke chatterbox tak berujung.

Di tiap negara, Hari Ayah biasanya diperingati pada tanggal berbeda. Misalnya di Amerika, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hongkong, Hari Ayah atau Father’s Day biasa dirayakan pada hari Minggu di pekan ke tiga bulan Juni. Di kawasan Amerika Selatan, Hari Ayah dirayakan setiap tanggal 19 Maret, sedangkan di Australia dan Fiji merayakan Hari Ayah jatuh pada minggu pertama di bulan September.

Sejarah hari ayah tanggal kembali ke awal 1900-an, dan ini sebagian terinspirasi oleh layanan hari ibu tidak resmi yang dimulai pada tahun 1908. Layanan hari ibu ini mendorong banyak orang untuk mengatur layanan serupa untuk mengenali Bapa.

Sementara banyak layanan yang disusun dalam beberapa tahun, paling banyak dicatat ini diselenggarakan di Washington, oleh Mrs Sonora Dodd. Mrs Dodd ingin membayar upeti kepada ayahnya, William Smart, yang menjadi seorang single parent ketika ibunya meninggal dalam melahirkan. William Smart mengangkat 6 anak sendiri, yang merupakan prestasi yang luar biasa pada waktu itu.

Awalnya Mrs Dodd ingin mengadakan upacara peringatan pada ulang tahun kematian ayahnya, 5 Juni 1910, namun ini tidak meninggalkan penyelenggara cukup waktu untuk mempersiapkan layanan. Sebaliknya Layanan diatur akan diselenggarakan pada Juni 19, dan ini telah menjadi dikenal sebagai perayaan pertama hari Ayah. Sementara pelayanan terus setiap tahun, itu tidak sampai 1924 bahwa Presiden Coolidge direkomendasikan hari ayah sebagai hari libur nasional. Butuh 48 tahun dari rekomendasi yang, sebelum hari ayah secara resmi diakui oleh Presiden Nixon pada tahun 1972.

Berita Terkait