oleh

Jajanan Anak Sekolah Paling Laris Saat Ini

-Kuliner, Travel-36 views

Pelitajakarta.com – Masa anak-anak sekolah adalah masa yang menyenangkan karena saat itu kegiatan pelajaran sekolah sedikit dan banyak waktu bermainnya. Selain itu hal yang dirindukan adalah jajanan yang dijual disekitar sekolah, untuk mengenal suatu sekolah menjadi potokannya atau ciri khasnya adalah jajanan yang hanya ditemukan didaerah itu. Walau hanya disajikan dengan sederhana akan tetapi memiliki cita rasa yang sulit  untuk dilupakan. Untuk kesehatan anak, kita sebagai orang tua harus tetap mewaspadainya. Karena tidak semua jajanan yang dijual baik untuk kesehatan. Beberapa waktu belakangan, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan banyak jajanan anak yang menunjukkan tidak memenuhi syarat layak konsumsi. Jajanan yang tidak memenuhi standar keamanan ini kemudian ditarik dari peredaran, tapi alangkah miris bahwa pada kenyataannya, makanan semacam inilah yang laris manis di kalangan anak-anak sekolah. Oleh sebab itu, sebagai orang tua harus cermat dan usahakan untuk selalu tahu apa yang dimakan anak di sekolah. Untuk lebih kenal lagi dengan Jajanan Anak Sekolah Paling Laris penulis akan memberikan sedikit informasinya :

  • Cilok

Makanan tradisional ini sudah menjadi jajanan favorit bagi anak-anak, cilok dibuat dari tepung tapioka, daging, dan telur. Bentuk cilok ini cenderung lebih kenyal dibanding bakso sapi pada umumnya. Sesuai dengan namanya cilok ini merupakan singkatan dari kata Aci Dicolok, maksud dicolok sendiri bisa ditusuk seperti makan sate atau menggunakan alat tusuk saat memakannya. Rasa cilok akan semakain nikmat bila dicampur dengan saus kecap, kacang dan sambal.

  • Rambut Nenek

Rambut nenek merupakan jajanan laris anak-anak karena rasanya yang manis dan memiliki testur serabut seperti rambut. Ternyata jajanan yang satu ini sudah ada sejak tahun 60-an, biasanya rambut nenek ini memiliki warna merah muda atau pink dan warna oranye. Jajanan ini bisa dijumpai disekitar lingkungan sekolah, selain itu harganya yang murah meriah.

  • Pentol

Pentol sendiri merupakan nama lain dari bakso, hanya saja menyantap jajanan ini disajikan tanpa kuah. Pentol memiliki tekstur lebih kenyal karena mengandung banyak tepung tapiokanya, pentol sendiri memiliki aroma daging sapi yang lebih dibanding bakso. Jajanan ini juga banyak ditemui dilingkungan sekolah. Karena penyajiannya tidak berkuah, pentol sendiri disajikan dengan berbagai macam saus seperti kecap, saus kacang dan saus sambal.

  • Sate Telur Gulung

Sesuai namanya penyajian telur ini digulung dengan tusuk sate, walau penyajiannya yang sederhana jajan ini tetap menjadi favorit anak sekolah. Ada beberapa tambahan yang menjadi penyajiannya seperti menambahkan bihun atau sosis, sehingga banyak anak sekolah yang menyukainya. Tambahan saus pedas dan kecap menambah cita rasa sate telur gulung sendiri. Selain itu cara memasaknya juga tergolong mudah yaitu dengan telur ayam yang telah dikocok diberi bumbu penyedap rasa, merica dan garam selanjutnya telur dituang perlahan kedalam wajan yang berisi air panas. Setelah itu ambil tusuk bambu lalu gulungkan telur didalam wajan tersebut.

  • Kue Leker

Kue leker merupakan kue yang gurih, manis dan membuat anak sekolah ketagihan. Sewaktu kita kecil, variasinya masih sedikit dan biasanya hanya memiliki rasa coklat. Isi kue leker sekarang mulai beragam seperti keju, potongan buah pisang, meses coklat dan lain sebagainya. Kue leker ini akan lebih nikmat dimakan dalam kondisi masih hangat.

  • Mie Lidi

Salah satu andalan jajanan yang menjadi legenda sewaktu masih sekolah adalah mie lidi. Karena jajanan ini memiliki bentuk mie dengan bentuk tegak seperti lidi, membuat mie lidi sebagai jajanan yang unik dan gurih. Dahulu variasi rasanya hanya gurih dan pedas. Sekarang banyak variasinya yaitu keju, balado, BBQ dan lain sebagainya.

  • Martabak Unyil

Sama seperti martabak pada umumnya, namun yang membedakan adalah ukuran dan rasa. Biasanya martabak memiliki rasa asin dan manis, sedangkan yang ada pada martabak unyil sendiri adalah rasa manis yang dominan disukai anak-anak. Karena ukuran yang kecil anak-anak sekolah biasa menyebutnya unyil atau kecil.

Berita Terkait