oleh

Kaca Film Mobil Yang Bagus

-Otomotif, Sport-14 views

Pelitajakarta.com – Bagaimana kaca depan dibuat? Kaca film mobil depan adalah salah satu komponen paling integral dari keselamatan kendaraan – kaca ini mendukung struktur atap dan melindungi penumpang dari datangnya hujan, angin, dan benda-benda yang mengudara. Dengan tujuan yang begitu penting, kaca depan dibuat khusus menggunakan manufaktur “metode mengambang” dan pengikatan panas temper. Metode ini membantu kaca depan untuk memaksimalkan kekuatan dan keamanan seluruh kendaraan.

Formasi Kaca Depan

Pada awal 1900-an, kaca depan kendaraan mulai memanfaatkan kaca pengaman untuk meningkatkan perlindungan pengemudi. Namun, kaca yang awalnya digunakan untuk tujuan ini cenderung hancur. Ketika kendaraan membuat dampak, kaca depan yang pecah menyebabkan lebih banyak cedera daripada yang pada akhirnya mencegah. Pembuat mobil mengembangkan sistem baru pada pertengahan 1900-an, yang masih merupakan produk yang digunakan saat ini – kaca depan berlaminasi.

Kaca depan modern terdiri dari dua lembar kaca yang dilaminasi, disatukan di tengah dengan lapisan plastik. Kaca yang dilaminasi lebih fleksibel dan cenderung pecah setelah benturan ringan. Saat kaca pecah, pecahan lebih cenderung menempel pada plastik daripada tersebar di pengemudi, mengurangi kemungkinan cedera akibat pecahan kaca yang berbahaya.

Proses Pembuatan Kaca

Bahan baku dipanaskan sampai menjadi cair, kemudian diumpankan ke selembar logam cair, paling umum terbuat dari timah. Kaca mengapung di atas logam daripada menyerapnya, menyebar dan membentuk permukaan datar yang identik dengan lembaran logam. Temperatur yang sangat tinggi membersihkan kotoran dari kaca saat masuk melalui ruang apung di sabuk konveyor. Kaca yang diproduksi kemudian memasuki lehr, tungku khusus yang dirancang untuk secara bertahap mengurangi suhu kaca. Jika kaca didinginkan terlalu cepat, keretakan stres mengganggu integritas panel, membuatnya lebih mudah hancur.

Setelah gelas benar-benar dingin, siap untuk dipotong menggunakan pisau berlian. Lembar kaca ditempatkan dalam cetakan melengkung yang dirancang khusus untuk kendaraan individu. Ini dipanaskan sampai tertekuk agar sesuai dengan cetakan berbentuk kaca depan.

Langkah terakhir dari proses pembuatan adalah penempaan, taktik penguatan yang diinduksi oleh panas. Kaca depan dengan cepat dipanaskan hingga suhu tinggi, kemudian permukaan luarnya dihantam udara dingin bertekanan tinggi. Teknik ini dikenal sebagai pendinginan, dan memampatkan permukaan kaca depan. Kaca yang dikompresi dapat menahan dampak yang jauh lebih sulit, dan ketika pecah, kaca pecah menjadi potongan-potongan kecil, tidak berbahaya, dan tidak bergerigi. Untuk melengkapi produk kaca depan yang sudah jadi, dua panel kaca diikat di kedua sisi lembaran plastik menggunakan panas dan tekanan dalam oven khusus yang dikenal sebagai autoclave.

Mengganti Kaca Depan

Tidak mungkin mengganti kaca depan dengan yang lain dari kendaraan model yang berbeda, walaupun pabrikannya sama. Ukuran kacanya sangat tepat agar pas dengan bingkai kendaraan. Setiap kaca depan memiliki kurva, lebar, dan tinggi yang berbeda. Sangat penting untuk mematuhi pengukuran spesifik pabrikan saat mencari kaca depan pengganti.

Ketika kaca depan mobil Anda retak atau pecah, sangat penting untuk segera mencari perbaikan atau penggantian. Mengemudi dengan kaca depan yang terganggu dapat memiliki konsekuensi yang membahayakan, jadi pastikan kaca depan Anda benar-benar aman.

Untuk Mengganti atau Memperbaiki Kaca Depan Anda, Itulah Pertanyaannya

Di masa lalu, ketika kaca depan Anda mengalami keretakan atau keripik, Anda harus segera menggantinya. Untungnya hari ini, melalui teknologi modern, kaca depan dengan kerusakan seperti ini masih dapat diperbaiki. Hal ini memungkinkan pemilik mobil untuk menghemat kaca depan mereka serta uang mereka, yang akan mereka habiskan untuk penggantian.

Namun, ada juga beberapa batasan untuk sistem perbaikan kaca yang paling canggih secara teknis. Ketika kaca depan rusak parah, kaca depan harus diganti.

Untuk memperbaiki atau mengganti kaca depan

Untuk mengetahui apakah kaca depan harus diperbaiki atau diganti, ukuran, lokasi dan tingkat kerusakan perlu dipertimbangkan. Sebagian besar bengkel dapat memperbaiki retakan sepanjang 3 inci dan chip seukuran seperempat. Jika kerusakan melampaui ukuran ini, kaca depan akan memerlukan penggantian segera.

Ada sejumlah fasilitas yang memungkinkan perbaikan retakan berukuran hingga 1 kaki. Oleh karena itu, yang terbaik adalah melihat-lihat sebelum melanjutkan dengan penggantian kaca depan.

Faktor penting lain yang perlu dipertimbangkan ketika memilih antara perbaikan dan penggantian adalah lokasi kerusakan. Ketika kaca depan memperoleh retakan di tepinya, ini dapat dengan mudah menyebar dan memengaruhi integritas struktural kaca. Ketika mereka terlihat segera, ini masih bisa diperbaiki. Namun, dalam sebagian besar kasus, sebaiknya kaca depan diganti.

Perlu diingat bahwa ada sejumlah fasilitas yang tidak memperbaiki chip yang berada tepat di depan bidang pandang pengemudi. Memperbaiki keripik pada kaca depan dapat menyebabkan beberapa distorsi kecil pada kacanya. Alih-alih mengkompromikan visi pengemudi, beberapa toko lebih memilih untuk mengganti kaca depan.

Tidak peduli seberapa besar celah atau keripik dan di mana pun ia berada, ia harus segera diperbaiki. Ketika Anda menunggu terlalu lama untuk ini, kotoran dapat menemukan jalan ke area yang telah rusak, dan ini dapat berdampak pada efisiensi perbaikan. Kerusakan akibat kecelakaan dan dampak besar lainnya dapat diperbaiki. Dalam kasus ini, kaca depan perlu diperbaiki.

Biaya perbaikan kaca depan

Biaya memperbaiki keripik di kaca depan, kurang lebih, sama di seluruh negeri. Biayanya $ 40 hingga $ 50 untuk memperbaiki satu chip dan tambahan $ 10 untuk setiap chip tambahan.

Harga perbaikan retakan hampir sama, tetapi ketika retakan lebih dari 3 inci, ini membutuhkan perawatan yang lebih mahal.

Biaya penggantian kaca depan jauh lebih mahal dan bervariasi, tergantung pada mobil. Selain dari harga kaca depan, total biaya penggantian termasuk kit cetakan dan tenaga pemasangannya.

Ada perbedaan antara harga dealer dan toko kaca independen. Ini karena mereka menggunakan berbagai jenis kaca. Adalah umum bagi dealer untuk mengenakan biaya lebih banyak karena kaca depan Original Equipment Manufacturer (atau OEM). Jenis kaca adalah sama persis yang semula dipasang di mobil.

Toko kaca independen harganya lebih murah daripada dealer karena mereka menggunakan kaca depan yang berasal dari pemasok yang bukan OEM. Meskipun demikian, mereka terbuat dari kaca yang mirip dengan kaca depan OEM dalam hal kualitas, kejelasan dan keamanan. Kaca non-OEM harus sesuai dengan standar keselamatan seperti halnya kaca OEM, jika tidak melebihi mereka. Setiap kali kaca depan diganti, setiap toko kaca menyarankan penggunaan sealer dan perekat yang direkomendasikan oleh OEM.

Tempat Terbaik untuk Memperbaiki atau Mengganti Kaca Depan Anda

Ada berbagai opsi berkaitan dengan perbaikan atau penggantian kaca depan, berdasarkan pada kebutuhan spesifik Anda.

Spesialis kaca otomotif

Fasilitas seperti ini adalah ahli dalam memperbaiki dan mengganti kaca otomotif seperti kaca depan, jendela belakang dan samping. Mereka mencoba menghabiskan semua upaya untuk memperbaiki dan menyimpan kaca depan sebelum mereka mempertimbangkan untuk menggantinya.

Fasilitas perbaikan kaca depan

Ini adalah toko waralaba nasional yang hanya melakukan pekerjaan perbaikan kaca depan, seperti memperbaiki keripik dan retakan. Mereka tidak mengganti kaca depan.

Dealer mobil baru

Jika kaca depan Anda harus diganti, Anda dapat pergi ke dealer setempat dan membiarkan mereka memasang kaca depan OEM. Banyak dealer memberikan layanan kaca ponsel dan mereka melakukan penggantian kaca depan di tempat. Ada kalanya dealer juga menawarkan kaca depan non-OEM.

Layanan seluler untuk memperbaiki dan mengganti kaca

Alih-alih pergi ke fasilitas untuk memperbaiki atau mengganti kaca depan mobil Anda, Anda bisa mendapatkan layanan ini dengan nyaman di rumah atau di tempat kerja, di mana pun kendaraan Anda diparkir.

Layanan kaca umum

Selain memperbaiki dan mengganti kaca otomotif, mereka menawarkan layanan lain seperti pemasangan kaca perumahan dan komersial.

Pertanggungan Asuransi

Hampir semua perusahaan yang menawarkan asuransi otomotif menanggung penggantian dan perbaikan kaca depan mobil. Namun, karena biaya penggantian kaca depan hingga sepuluh kali lebih banyak, ada perbedaan antara cakupan perbaikan dan penggantian.

Ketika kaca depan Anda diganti, Anda akan diminta oleh perusahaan asuransi Anda untuk membayar yang dapat dikurangkan sementara mereka membayar biaya penggantiannya.

Kesepakatan itu lebih baik ketika kaca depan Anda diperbaiki. Karena biaya perbaikan kaca depan lebih terjangkau daripada menggantinya, sejumlah perusahaan asuransi rela melepaskan deductible Anda dan pada saat yang sama, membayar untuk perbaikan penuh.

Dengan pengaturan seperti ini, lebih banyak pelanggan didorong untuk memperbaiki kaca depan daripada mengganti setiap kali mereka mendapatkan keripik atau retakan kecil. Ini berarti penghematan yang besar tidak hanya untuk Anda, tetapi juga perusahaan asuransi Anda.

Namun, jika kaca depan Anda perlu diganti, jangan ditahan. Apakah yang baru diinstal Sulit untuk melihat melalui kaca depan yang rusak dan ini dapat membuat Anda rentan terhadap kecelakaan. Kerusakan mungkin telah mempengaruhi integritas struktural kaca dan ketika ini tidak segera diganti, ini bisa semakin melemah.

Untuk mengetahui apakah kaca depan Anda perlu diperbaiki atau diganti, kaca depan harus diperiksa dengan cermat oleh spesialis kaca bersertifikasi. Selain itu, sebelum menyetujui layanan kaca depan, verifikasi persyaratan pertanggungan Anda dengan bantuan agen asuransi Anda.

Cara kerja perbaikan kaca depan

Kaca depan diperbaiki dengan menyuntikkan resin khusus ke celah atau keripik dengan alat yang melekat pada kaca. Saat disuntikkan, resin disembuhkan kemudian dipoles. Ini mengembalikan daya tahan dan kejernihan kaca.

Ketika kaca depan pecah atau retak, ini menyebar ke lapisan paling dalam dari plastik yang berada di antara dua lembar kaca. Ada kalanya bor digunakan untuk membuat jalur yang bersih ke arah plastik dan kerusakan diperbaiki dengan menyuntikkan resin ke dalamnya.

Memperbaiki kaca depan, seperti halnya pertolongan pertama, adalah tindakan pencegahan yang menjaga kerusakan agar tidak bertambah buruk. Hasilnya mungkin hampir sempurna dalam beberapa kasus dan sedikit cacat pada yang lain. Apa pun masalahnya, perbaikan kaca depan secara efektif dapat mencegah kerusakan menjadi lebih buruk.

Keripik berbeda satu sama lain, sehingga beberapa di antaranya akan memiliki respons yang lebih baik terhadap perbaikan kaca daripada yang lain. Namun, kaca depan yang telah diperbaiki tidak akan sejelas yang baru dipasang.

Berita Terkait