oleh

Cara Merawat Rantai Sepeda Motor

-Otomotif, Sport-27 views

Pelitajakarta.com – Sepeda motor terbersih adalah sepeda motor yang tidak pernah dikendarai. Minyak, trotoar segar, cairan pendingin dan debu melekat pada sepeda motor berpengalaman tetapi lapisan tanah akan menutupi kebocoran gasket dan segel minyak. Pencucian bulanan tidak hanya akan membuat kilau cat Anda tajam, tetapi juga akan membantu Anda menemukan masalah dengan sepeda Anda sebelum menjadi bermasalah.

Sepeda motor itu keras dan dibuat untuk tahan terhadap cuaca buruk dan kondisi yang lebih buruk, tetapi demi kebaikan Anda sendiri, jangan menyemprotkan air ke beberapa tempat. Tangki gas dibuang ke atmosfer sehingga saat bahan bakar terkuras tidak ada tekanan rendah yang tertinggal, yang pada akhirnya akan menghambat aliran gas, yang dikenal sebagai kunci uap. Karena itu hindari menyemprotkan air secara langsung pada atau di sekitar tutup pengisi gas untuk menghindari masuknya air ke tangki gas Anda. Radiator dikenal sebagai penukar panas karena mereka membuang pendingin mesin panas dengan memaparkannya ke udara sekitar yang lebih dingin melalui sirip aluminium. Sirip ini rapuh dan akan bengkok jika air diberikan secara langsung padanya, yang dapat menyebabkan mesin Anda berjalan secara tidak normal. Jika Anda perlu membersihkan radiator Anda, gunakan pinset untuk mencabut serangga dan serpihan lain dari sirip. Terakhir, rantai sepeda motor Anda dilapisi minyak sehingga peledakan air di atasnya akan sedikit lebih banyak daripada membuang waktu Anda, jadi bantulah diri Anda sendiri dan berikan rantai Anda pembersihan menyeluruh ketika Anda selesai membersihkan sisa sepeda motor.

Sebelum membuat motor basah, periksa segel garpu dan mencari jejak minyak yang akan menyarankan segel itu menangis. Periksa kepala silinder untuk memastikan gasket penutup katup tidak terganggu, kemudian berikan engine langkah cepat sekali untuk mencari kebocoran oli. Jika Anda menemukan minyak, cari titik tertinggi di mana Anda dapat menemukan kebocoran. Gravitasi akan menyebabkan oli menetes ke bawah dan angin akan menyebarkan oli di sekitar, yang membuat sulit mendiagnosis asal kebocoran. Mulailah dengan menyirami sepeda dan gosok dengan campuran Simple Green dan air 50/50. Karena sepeda motor terkena elemen, bagian bawah sepeda akan lebih kotor daripada bagian atas, yang sebagian besar ditutupi oleh tubuh Anda. Minyak akan menetes ke bawah dan jalan suram ditendang, bantulah diri Anda sendiri dan mulailah mencuci bagian atas sepeda dan turunkan jalan Anda. Saat Anda sampai di dasar sepeda, keluarkan sikat gigi tua dan bersihkan bagian yang sulit dijangkau pada pelek, wajan oli, dan bagian bawah lengan ayun Anda. Menyemprotkan Windex pada cermin, lampu depan, panel instrumen, lampu sein, dan kaca depan mobil akan meningkatkan kemampuan Anda untuk melihat dan dilihat. Selesaikan sepeda dengan pergi untuk uji coba, pastikan semua elektronik masih bekerja dengan baik dan menghemat kerumitan mengeringkan sepeda. Sepeda motor terbersih adalah salah satu yang tidak pernah dikendarai, dan sepeda motor paling kotor adalah yang memiliki jarak paling jauh. Tapi sepeda motor teraman ada di antara kedua ekstrim itu.

Rantai Sepeda Motor dan Tempat Mendapatkannya

Ketika Anda mendapatkan sepeda motor, Anda mungkin tidak tahu seberapa penting rantai itu. Ini benar-benar bagian sepeda motor paling penting yang mungkin Anda miliki di sepeda Anda. Kuncinya adalah mengetahui di mana mendapatkan pengganti jika milik Anda memburuk.

Ketika Anda mendapatkan sepeda motor Anda untuk pertama kalinya, Anda benar-benar harus memeriksa rantai sepeda motor dan memastikan bahwa itu tidak perlu diganti. Jika ternyata ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk menemukan bagian-bagian sepeda motor itu. Anda hanya perlu tahu di mana Anda harus mencari untuk menemukan yang tepat.

Tempat pertama yang mungkin Anda cari untuk menemukan rantai yang tepat di semua suku cadang sepeda motor adalah toko suku cadang sepeda motor. Mereka akan memiliki semua yang Anda butuhkan untuk sepeda motor Anda dan banyak lagi. Jika Anda tidak melihat rantai yang tepat untuk model sepeda motor Anda, Anda dapat meminta mereka memesannya untuk Anda. Ini bisa menjadi ide bagus untuk orang-orang yang tidak ingin bepergian untuk mendapatkan bagian-bagian sepeda motor yang tepat.

Tempat bagus lain yang bisa Anda cari untuk menemukan bagian sepeda motor yang sangat vital ini adalah di Internet. Ada banyak toko dan juga individu yang masih menyimpan suku cadang sepeda motor untuk Anda beli. Cara yang baik untuk menemukan mereka adalah mesin pencari dan jika Anda tidak dapat menemukan apa yang Anda butuhkan dengan cara itu, Anda juga dapat Google nama perusahaan tertentu dan dapat diarahkan langsung ke mereka. Anda juga harus memastikan bahwa Anda membandingkan harga antara toko suku cadang sepeda motor yang ada di Internet sehingga Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik untuk uang Anda.

Ketika Anda telah menemukan rantai yang tepat untuk sepeda motor Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mempekerjakan seseorang untuk memasangnya. Ini akan menjaga motor berjalan dengan baik dan juga memastikan bahwa sepeda motor memiliki suku cadang sepeda motor yang tepat untuk itu. Jika Anda seorang mekanik yang cukup baik, Anda mungkin bisa memasukkannya ke dalam diri Anda, tetapi Anda tidak ingin mengacaukan bagian ini di sepeda motor. Ini adalah satu-satunya bagian sepeda motor di sana yang benar-benar membuat sepeda berjalan dan berjalan dengan baik. Jadi, penting untuk memperbaikinya pertama kali alih-alih mengacaukannya, dan harus melakukannya berulang-ulang hanya untuk memperbaikinya lagi.

Cara Merawat Rantai Motor

Sebelum saya membeli sepeda motor pertama saya, saya ingat menjadi sedikit ragu-ragu untuk membeli sepeda dengan rantai drive karena saya pikir pemeliharaannya akan terlalu berlebihan. Menjadi seorang pemula saya pergi ke salah satu teman saya yang telah memiliki sepeda motor sejak dia masih remaja. Dia tertawa dan mengatakan kepada saya bahwa dia tidak pernah memiliki sepeda dengan apa pun kecuali, dan bahwa kekhawatiran saya tidak berdasar. Dia benar sekali.

Rantai bagus untuk beberapa alasan. Mereka mudah dirawat dan murah serta mudah diperbaiki. Mereka ringan, jauh lebih ringan daripada poros, dan memperkenalkan tidak ada perubahan pada penanganan sepeda motor. Pernah bertanya-tanya mengapa semua sepeda olahraga top menggunakan rantai? Sementara sabuk dan poros juga sangat baik dalam perawatan rendah dan operasi yang bersih, mereka lebih mahal atau lebih berat.

Apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan rantai Anda? Idealnya menggunakan dudukan tengah atau dudukan paddock untuk membuat roda belakang terlepas dari tanah membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Namun, permukaan yang lurus dan rata di mana Anda dapat menggerakkan sepeda motor untuk membuat rantai berjalan satu putaran di sekitar sproket juga akan cukup dalam keadaan darurat.

Bersihkan sebelum pelumasan? Setiap saat?

Periksa rantai Anda, jika tertutup kotoran, bersihkan sebelum dilumasi. Mengapa Anda mempertimbangkan untuk menyemprotkan pelumas pada permukaan yang kotor? Untungnya, membersihkan rantai tidak pernah semudah ini. Ada sejumlah pembersih rantai sepeda motor yang mudah digunakan setelah pasar. Saya menemukan bahwa saya jarang membersihkan rantai saya dibandingkan dengan seberapa sering saya pelumasan, karena saya tinggal di daerah dengan banyak hujan dan jalan-jalan bersih yang umumnya bagus. Jika Anda melumasi setiap 500 mil atau 800 km, maka cobalah untuk membersihkannya setidaknya pada jarak 1000 mil atau 1600 km. Ingat, pembersihan lebih sering lebih baik daripada kurang, dan dalam semua kasus mengikuti sebagai minimum semua rekomendasi yang ditentukan dalam pemilik / manual perawatan sepeda motor Anda.

Saat menggunakan pembersih rantai motor apa pun, itu harus dikatakan … ikuti instruksi pada paket. Jika Anda belum membeli pembersih, singkatnya inilah yang akan Anda lakukan.

Jika rantai Anda bersih, Anda dapat melewati langkah ini dan melanjutkan ke pelumasan.

Pertama-tama Anda perlu mendapatkan rantai sepeda motor yang bagus dan hangat dengan pergi untuk perjalanan singkat. Setelah rantai hangat, matikan mesin, dan naikkan sepeda di dudukan tengah atau dudukan paddock (Jika tidak, Anda perlu mendorong sepeda ke depan untuk membuat rantai berputar). Anda akan menyemprotkan pembersih ke semua tautan rantai. Saya biasanya akan mendapatkan tas kebun kertas atau tas belanjaan kertas dan menempatkannya di belakang rantai untuk bertindak sebagai pelindung setiap kali saya membersihkan atau melumasi untuk memastikan bahwa saya tidak mendapatkan semprotan berlebihan pada roda, lengan ayun dan atau unit rem. Sebagian besar pembersih akan merekomendasikan bahwa setelah rantai disemprotkan untuk menunggu 5-15 menit untuk memungkinkan pembersih menembus dan memecah kotoran sehingga mudah untuk dihilangkan. Memiliki beberapa koran yang ditempatkan di bawah rantai sepeda akan membantu menyerap tetesan di lantai / jalan masuk.

Beberapa pembersih Anda cukup lap setelah itu dengan kain, yang lain akan dibilas dengan selang taman. Cobalah untuk menghindari mendapatkan air berminyak di seluruh jalan masuk Anda, dan merusak lingkungan dengan meletakkan panci pembuangan di bawah rantai dan mengumpulkan air kotor untuk pembuangan yang bertanggung jawab secara lingkungan. Jika Anda tidak memiliki panci pembuangan, baki cat dengan lapisan plastik akan bekerja dengan baik dalam keadaan darurat. Jika ini terdengar seperti pekerjaan yang terlalu banyak, pertimbangkan untuk membeli pembersih yang tidak perlu dibilas seperti pembersih Rantai-Muc-Off. Anda mungkin menemukan memiliki bulu nilon yang bagus selain beberapa kain lap berguna untuk membebaskan kotoran yang membandel terutama jika rantai Anda belum dibersihkan sejak lama. Sikat Grunge sangat direkomendasikan sebagai alat yang murah dan berdedikasi untuk pekerjaan itu, namun, dalam keadaan darurat, sikat gigi bekas akan berfungsi.

Alternatif untuk pembersih rantai berdedikasi yang populer adalah minyak tanah, dan WD40. Saya tidak menggunakan keduanya secara pribadi meskipun mereka bekerja dengan sangat baik sebagai pembersih. Minyak tanah sangat aman dan efektif, namun mengeluarkan asap yang kuat, dan hanya digunakan di area yang berventilasi baik. WD40 populer, namun, ada semangat religius seperti di antara pengendara baik untuk dan menentang menggunakan produk ini karena beberapa mengklaim itu buruk untuk cincin-O, sementara yang lain mengklaim itu bekerja lebih baik daripada yang lain. Secara pribadi, saya hanya suka menggunakan produk khusus untuk membersihkan dan cenderung mencari pembersih gratis bilas. Ketika datang ke pemeliharaan komponen penting untuk berkendara yang aman, saya tidak punya masalah menghabiskan di bawah $ 10 pada kaleng pembersih rantai khusus untuk digunakan pada interval 1000 mil / 1600 km.

Orang lain mungkin merasa berbeda karenanya mengapa saya menyebutkan alternatif murah dan populer untuk pembersih rantai komersial sehingga Anda dapat memutuskan sendiri apa yang terbaik.

Itu saja, rantai Anda harus terlihat bagus dan bersih.

Berita Terkait