oleh

Berbagai Macam Manfaat Karbohidrat Dalam Tubuh

-Kuliner, Travel-12 views
manfaat karbohidrat pada makanan

 

Pelitajakarta.com-Karbohidrat adalah salah satu dari tiga makronutrien utama yang dibutuhkan tubuh agar berfungsi secara efektif. Terlepas dari apa yang Anda pikirkan tentang mereka, karbohidrat dapat memberi tubuh Anda banyak manfaat kesehatan. Dalam artikel ini saya akan membahas empat manfaat kesehatan karbohidrat teratas.

 

1) MEREKA MENYEDIAKAN TUBUH ANDA DENGAN ENERGI:

– Peran utama karbohidrat adalah memberi tubuh Anda energi yang dibutuhkan. Saat Anda makan karbohidrat, tubuh Anda memecahnya menjadi glukosa. Glukosa ini kemudian diangkut ke sel-sel yang membutuhkan energi melalui aliran darah Anda. Meskipun tubuh Anda dapat menggunakan lemak dan protein untuk energi, proses ini sangat tidak efisien. Oleh karena itu, satu manfaat dari makan karbohidrat adalah mereka memberi tubuh Anda sumber energi yang efisien dan mudah diakses.

2) MEREKA KAYA DI PHYTONUTRIENTS:

– Fitonutrien adalah bahan kimia pelindung yang dapat ditemukan di banyak tanaman. Fitonutrien yang berbeda memiliki karakteristik yang berbeda. Beberapa bertindak sebagai antioksidan yang melindungi tubuh Anda dari radikal bebas (produk sampingan berbahaya yang dilepaskan ketika tubuh Anda menggunakan oksigen) sementara yang lain membantu melindungi tubuh Anda dari bakteri dan penyakit. Karbohidrat nabati seperti buah-buahan dan sayuran sering mengandung fitonutrien pelindung ini menjadikannya sebagai tambahan yang sangat bermanfaat bagi diet Anda.

3) MEREKA SUMBER SERAT YANG BAIK:

– Serat memiliki banyak manfaat kesehatan. Yang paling terkenal dari ini adalah bahwa itu mempromosikan buang air besar secara teratur dan mencegah sembelit. Namun, serat juga meningkatkan kesehatan usus, melindungi Anda dari berbagai penyakit, menjaga kadar glukosa darah Anda stabil dan membantu Anda menyerap nutrisi sepenuhnya dari makanan Anda. Karbohidrat tertentu seperti buah-buahan, sayuran dan produk gandum mengandung kadar serat yang tinggi dan dengan memakannya, Anda dapat menikmati semua manfaat yang tercantum.

 

4) MEREKA ADALAH SUMBER VITAMIN YANG BAIK:

– Vitamin adalah zat gizi mikro yang membantu tubuh Anda melakukan fungsi vital. Mereka membantu tubuh Anda memecah makanan untuk energi, membantu produksi sel, mendukung sistem kekebalan tubuh yang kuat dan banyak lagi. Buah dan sayuran kaya akan beragam vitamin. Karena itu, dengan mengonsumsi karbohidrat alami (seperti buah-buahan dan sayuran) Anda dapat menyadari banyak manfaat kesehatan.

 

Jika Anda memilih karbohidrat dengan bijak, mereka bisa menjadi tambahan yang sangat berharga untuk diet Anda. Makan buah dan sayuran secara teratur dapat memberi Anda semua manfaat kesehatan yang tercantum dalam artikel ini. Karena itu, jika Anda tidak mengonsumsi beragam buah dan sayuran secara teratur cobalah dan tambahkan ke dalam diet Anda.

 

 

Karbohidrat Baik

 

Karbohidrat adalah sumber utama kalori bagi tubuh kita, dan itu membutuhkan banyak dari mereka saat melakukan latihan dan aktivitas fisik, inilah sebabnya ahli gizi olahraga selalu menyarankan bahwa jumlah utama kalori harus diperoleh dari karbohidrat.

 

Cara memilih karbohidrat terbaik

 

Untuk mendapatkan karbohidrat terbaik, Anda harus tetap menggunakan karbohidrat kompleks, yang ditemukan dalam makanan dalam bentuk gandum seperti roti, kacang-kacangan, beras merah dan sejenisnya. Karbohidrat kompleks dipecah menjadi glukosa, dan mereka memberi tubuh energi yang diperlukan sepanjang hari.

 

Struktur kimianya dibentuk oleh sekelompok molekul yang dirangkai dalam rantai panjang, dan perlahan-lahan diubah menjadi glukosa menjadi aliran darah yang membantu menjaga kadar gula darah stabil dan tidak dapat menyebabkan penurunan kelemahan yang tidak diinginkan. Karakteristik utama dari karbohidrat kompleks ini adalah mereka kaya akan serat.

 

Cara mendapatkan serat yang cukup

 

Sebagian besar ahli gizi merekomendasikan bahwa jumlah serat yang akan dikonsumsi per hari harus antara 20 hingga 35 gram, dan ini karena peran pentingnya dalam mengurangi kolesterol. Serat dapat ditemukan dalam produk gandum seperti sayuran hijau, buah-buahan, roti gandum, kacang polong, kacang-kacangan dan sejenisnya. Untuk mendapatkan serat paling banyak, selalu pilih makanan berbasis gandum dan jangan mengabaikan kulit buah-buahan itu sangat kaya serat.

 

Serat memiliki banyak manfaat yang dapat membantu menghindari penyakit jantung; banyak bukti mendukung gagasan bahwa makanan dengan jumlah serat larut tinggi seperti gandum dan kacang-kacangan, memiliki pengaruh baik terhadap kolesterol, dan unsur-unsur lain dalam darah yang mengarah pada perkembangan penyakit jantung. Manfaat lain serat adalah untuk menghindari kanker, ketika makanan melewati tubuh dipercepat oleh serat, dan proses ini melindungi usus besar membentuk zat berbahaya dalam makanan. Jika Anda sudah mengikuti pola makan khusus yang buruk serat, coba gunakan suplemen serat.

Menghindari karbohidrat olahan

 

Jenis karbohidrat kedua adalah karbohidrat sederhana, struktur kimianya dibentuk oleh molekul tunggal atau ganda, dan karbohidrat jenis ini dapat ditemukan dalam gula olahan dan gula halus seperti permen, minuman ringan, dan gula meja, tetapi mereka juga ada secara alami , seperti dalam buah. Karakteristik utama karbohidrat sederhana adalah mereka dengan cepat diserap oleh tubuh yang menyebabkan tingkat gula dalam darah naik dan kemudian turun segera setelah itu, yang membuat Anda merasa lelah dan lapar.

 

Perbedaan utama antara gula sederhana alami yang diperoleh dari buah dan gula sederhana murni yang diperoleh dari permen adalah yang pertama dibungkus dengan vitamin dan serat, dan perlahan-lahan diubah oleh tubuh menjadi glukosa sehingga tidak menyebabkan semacam itu tajam lonjakan insulin, sedangkan tipe kedua diserap sangat cepat oleh tubuh yang menyebabkan tingkat gula dalam darah meningkat. Jadi untuk menghindari karbohidrat olahan cobalah untuk memilih produk yang sedikit diproses mungkin.

 

Mengapa Memilih Karbohidrat Baik

 

Bagaimana jika saya berkata, “Makanan Fungsional!” – membosankan dan sulit dimengerti, bukan? Tidak semuanya! Ini adalah istilah yang tepat untuk menggambarkan mengapa karbohidrat yang baik dari buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian yang tidak dimurnikan baik. Sederhananya, makanan fungsional memberi Anda lebih banyak uang untuk uang Anda. Mereka memiliki kemampuan untuk memberi Anda manfaat kesehatan di luar nutrisi itu sendiri. Sebagai contoh pada kotak saya dari Quaker Oats dikatakan, “Oatmeal dapat mengurangi kolesterol.” Oatmeal, seperti semua makanan fungsional, memiliki klaim kesehatan terlampir.

 

Makanan nabati yang terjadi secara alami (buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh), dengan semua bagiannya, (tidak disuling atau diproses sama sekali) mengandung serat, antioksidan dan fitokimia. Makanan yang mengandung “karbohidrat” ini mengurangi risiko penyakit mematikan seperti penyakit jantung dan kanker tertentu. Sangat menakutkan untuk berpikir seseorang mungkin memotong makanan apa pun dengan “karbohidrat” terutama yang memiliki manfaat melawan kematian, kemudian berbalik dan makan makanan yang meningkatkan risiko penyakit serius.

 

Sekarang, ketika Anda mendengar, “karbohidrat buruk”, Anda tahu lebih baik. Jangan menjual diri Anda pendek; manfaat kesehatan dari karbohidrat baik yang mengandung serat, antioksidan dan fitokimia yang disebutkan di atas sangat berharga. Sekarang, apa kata-kata besar itu dan mengapa itu penting?

 

Berikut daftar karbohidrat baik dan buruk:

Karbohidrat Baik:

 

Gandum Utuh – dalam artikelnya Healing, Molly Spile menulis bahwa “… gandum utuh adalah karbohidrat kompleks, asli dengan semua bagiannya. Gandum murni hanyalah karbohidrat, dan kurang bergizi.” Nasi merah, gandum, jagung, gandum hitam, quinoa, barley, dan gandum serta produk-produk mereka (yaitu sereal dan roti) adalah contoh dari biji-bijian utuh. Kesalahan umum adalah memikirkan “roti cokelat” sebagai gandum utuh. Agar dapat diklasifikasikan sebagai gandum utuh, bahan pertama harus mengatakan tepung gandum utuh bukan tepung yang diperkaya. Kalau tidak, itu hanyalah karbohidrat. Aturan yang sama berlaku dalam produk yang mengandung biji-bijian apa pun.

 

Legum – seperti kacang polong, lentil, kacang hitam, kacang merah, kacang pinto adalah sumber karbohidrat kompleks yang sangat baik.

 

Sayuran – semua sayuran dalam bentuk yang tidak diproses adalah baik; pati (jagung, kacang polong, labu, dan ya, bahkan kentang) dan non-pati (wortel, kacang hijau, brokoli, dll).

 

Buah – semua buah dalam bentuk yang tidak diolah adalah baik.

 

Ingat, semakin banyak karbohidrat “baik” yang diproses, semakin baik. Misalnya, apel (dengan kulit) lebih baik daripada saus apel, yang lebih baik dari jus apel. Kentang panggang lebih baik daripada kentang tumbuk (kecuali jika Anda membiarkan kulitnya), yang lebih baik dari keripik kentang.

Karbohidrat Buruk dan Jelek:

 

Gula – produk yang mengandung gula seperti gula meja, sirup jagung, sirup jagung fruktosa tinggi, fruktosa (untuk beberapa nama). Orang Amerika makan lebih banyak gula daripada sebelumnya, hampir ½ cangkir sehari dari sumber-sumber seperti minuman ringan, minuman bubuk, permen, selai, olesan, awet, dan sirup.

 

Karbohidrat Refined – roti putih, nasi putih, atau produk apa pun yang menghilangkan bekatul dan kuman dari biji-bijian dan mengupasnya dari serat dan nutrisi mengubah karbohidrat yang baik menjadi yang buruk.

 

Gula + Karbohidrat Halus – ini adalah saat karbohidrat menjadi jelek adalah ketika kita menggabungkan keduanya menjadi kue, kue, donat, dan pai.

 

Sekarang, jangan sampai Anda berpikir sepotong gula tidak boleh melewati bibir Anda, pikirkan lagi. Ini adalah bagian dari kehidupan untuk menikmati kue atau kue sekarang dan kemudian tanpa merasa seperti Anda akan mengalami serangan jantung besok. Cobalah untuk makan dengan baik 90% dari waktu, dan kemudian Anda benar-benar dapat menikmati hal-hal manis dalam hidup.

Berita Terkait