oleh

Manfaat Perdagangan Internasional Bagi Perekonomian Indonesia

manfaat perdagangan internasional bagi indonesia

 

Pelitajakarta.com-Definisi perdagangan internasional sama sekali tidak berbeda dengan bagaimana kita biasanya mendefinisikan perdagangan domestik. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa terjadinya perdagangan melintasi batas geografis. Suatu negara akan mempertimbangkan perdagangan secara internasional dalam upaya untuk memberikan GDP mereka dorongan besar dengan sangat cepat. Perdagangan internasional bukanlah hal baru bagi dunia bisnis. Kami telah melakukan perdagangan lintas batas sejak kami menemukan cara untuk bergerak melewati batas dalam moda transportasi terbaru tetapi cara perdagangan dilakukan hari ini jauh lebih rumit dan menguntungkan daripada dulu. Industrialisasi, globalisasi, dan pembentukan banyak perusahaan multinasional semuanya telah mengubah cara negara-negara saling berhubungan.

 

Perdagangan internasional juga penting untuk nilai kehidupan seseorang saat ini; bayangkan jika pilihan kita terbatas pada apa yang dapat kita hasilkan secara lokal. Tanpa barang dan jasa yang tersedia dari negara lain, kita akan hidup di dunia yang terbatas pada apa yang diberikan kepada kita … ini bertentangan dengan prinsip pertumbuhan umat manusia.

 

Perdagangan secara internasional melibatkan biaya yang besar karena di atas harga produk atau jasa, pemerintah negara biasanya akan mengenakan tarif, biaya waktu dan banyak biaya lain yang terlibat dalam memindahkan (biasanya) barang-barang melintasi negara lain di mana bahasa, sistem, budaya dan aturan dianggap sebagai hambatan besar.

 

Salah satu penggerak terbesar di dunia perdagangan internasional yang kita miliki saat ini adalah Cina di mana tenaga kerja berlimpah dan murah. Banyak produk padat karya yang dirancang dan diproduksi oleh Amerika Serikat dan negara-negara Eropa lainnya dirakit atau diproduksi di Cina di mana tenaga kerja murah. Ini tipikal karena ini adalah langkah yang dapat menghemat banyak waktu dan uang negara asli. Selanjutnya, dengan dibukanya pintu China, warga sekarang memiliki lebih banyak peluang penghasilan untuk membuat hidup lebih baik.

 

Namun, ketika suatu negara banyak berurusan dengan perdagangan internasional, meskipun hal itu menciptakan peluang pendapatan eksponensial bagi penduduk setempat, dengan mengimpor atau mengekspor terlalu banyak sesuatu dapat menyebabkan kerusakan pada pemandangan lokal. Selama resesi, negara-negara mengalami tekanan lokal untuk mengubah undang-undang yang mengatur perdagangan internasional untuk melindungi industri lokal. Yang paling menyakitkan dan paling berkesan dari insiden semacam itu adalah Depresi Hebat. Setiap negara yang berurusan dengan perdagangan internasional memiliki undang-undang dan peraturan perundang-undangan mereka sendiri yang mengatur kebijakan perdagangan mereka, tetapi pada tingkat global, kegiatan perdagangan dipantau dan dilakukan melalui Organisasi Perdagangan Dunia.

 

Peran WTO adalah untuk memastikan bahwa ada suasana bisnis yang damai dan saling menguntungkan. Perdagangan satu sama lain dapat menyebabkan keretakan kecil yang tidak diinginkan antara pihak-pihak yang berkepentingan dan jika dibiarkan mendesis dapat menyebabkan masalah besar di front Internasional. Jika masalah tersebut terdeteksi atau disuarakan, WTO dapat mengambil langkah dan mengambil prioritas dari perselisihan dengan mengadakan pembicaraan, diskusi dan menemukan cara untuk menyelesaikan masalah perdagangan internasional secara damai. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan menandatangani perjanjian atau perjanjian multilateral yang tidak berbeda dengan FTAA antara Buenos Aires di Area Perdagangan Bebas Amerika.

 

Jangan heran, tetapi orang-orang yang mendapat manfaat dari semua kegiatan perdagangan internasional ini adalah bisnis kecil dan organisasi menengah yang memiliki produk atau layanan yang baik untuk ditawarkan. Jadi, jika Anda berpikir untuk menuju ke arah ini, jika Anda berhasil, Anda bisa mengendarai gelombang penawaran bisnis yang sukses.

 

 

Pentingnya Perusahaan Perdagangan Internasional untuk Mempromosikan Bisnis

 

Dalam dunia yang semakin internasional, bisnis yang tidak berpartisipasi dalam perdagangan internasional akan ditinggalkan. Perdagangan internasional dapat sangat menguntungkan bagi bisnis apa pun yang melakukannya dengan benar. Perusahaan yang tidak melakukan bisnis internasional terikat oleh undang-undang satu negara, dan tidak dapat mengambil manfaat dari menggunakan peraturan yang kurang ketat di satu negara untuk menghemat uang dan mengurangi biaya. Menjalankan bisnis secara internasional juga memungkinkan perusahaan Anda untuk memotong biaya tenaga kerja dan mengakses pasar baru yang berkembang yang memiliki permintaan besar terhadap produk dan layanan modern. Perusahaan perdagangan internasional juga dapat memanfaatkan keahlian berbagai negara. Sebuah perusahaan yang ingin memproduksi barang-barang industri dapat menggunakan pabrik-pabrik besar dan tenaga kerja murah dari Cina dan Asia Tenggara untuk meningkatkan margin keuntungan. Namun, perdagangan internasional memang membutuhkan keahlian yang tidak dimiliki banyak perusahaan.

 

Konsultasi bisnis dalam dunia perdagangan internasional adalah suatu keharusan bagi setiap perusahaan yang ingin menjadi perusahaan perdagangan internasional. Perusahaan konsultan yang baik dapat menawarkan layanan penerjemahan, pelatihan budaya, pengacara dan sebagainya, yang tanpanya sangat sulit untuk menjalankan bisnis di luar negeri. Mencoba berfungsi di lingkungan asing tanpa para ahli dapat merusak gengsi perusahaan Anda, jadi konsultasi bisnis untuk bekerja di luar negeri adalah suatu keharusan bagi bisnis apa pun. Konsultasi bisnis tidak hanya berguna untuk bisnis internasional. Konsultasi dapat membantu dengan berbagai kegiatan, mulai dari konstruksi, sumber daya manusia, teknologi atau logistik. Perusahaan konsultan membantu perusahaan Anda mengatasi masalah sehingga Anda tidak harus melalui proses panjang, biaya yang mahal untuk mempekerjakan dan melatih seorang ahli. Ketika masalah muncul, mereka sering harus segera diperbaiki, dan ini adalah salah satu manfaat besar perusahaan Anda menggunakan perusahaan konsultan bisnis. Para ahli ini juga dapat membantu Anda menghemat uang jika memungkinkan, dengan menerapkan pengetahuan ahli mereka tentang suatu subjek, dan menghasilkan lebih banyak uang dalam segala hal yang dilakukan bisnis Anda.

 

Layanan keuangan dan perencanaan keuangan juga sangat berguna bagi perusahaan mana pun, tetapi terutama yang ingin beroperasi secara internasional. Pialang saham profesional, analis, dan pengacara keuangan dapat membantu melindungi perusahaan Anda dari tuntutan hukum yang berbahaya, dan menciptakan aliran pendapatan tambahan dengan investasi yang baik di pasar domestik dan asing. Untuk bekerja di pasar luar negeri, sangat penting bagi Anda untuk memilih perusahaan konsultan yang memiliki keahlian dalam perencanaan keuangan dan jasa keuangan di luar negeri, dan di negara atau wilayah tertentu tempat perusahaan Anda ingin bekerja. Nasihat keuangan yang baik berguna untuk bisnis apa pun, bukan hanya mereka yang bekerja secara internasional. Layanan keuangan dapat menyediakan bisnis Anda dengan cara untuk mendapatkan pajak yang lebih rendah, pembebasan klaim dan membuat setiap dolar lebih jauh. Terutama di masa ekonomi yang sulit seperti ini, kemampuan untuk menyimpan uang di mana saja mungkin sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Pakar perencanaan keuangan dapat membantu perusahaan Anda mengatur investasi dan praktik saham yang baik, membantu Anda melakukan analisis manfaat biaya pada aspek-aspek perusahaan Anda, dan menemukan cara terbaik untuk mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan dan meningkatkan margin keuntungan Anda. Perencanaan keuangan yang tepat hanya menjadi lebih bermanfaat dalam beberapa tahun terakhir dengan pasar saham dan ekonomi yang tidak stabil. Tren ini tampaknya akan terus berlanjut hingga masa mendatang.

 

 

Perdagangan Internasional Memiliki Manfaat untuk Konsumen, Pekerja dan untuk Bisnis

 

Ketika seorang konsumen di Inggris membeli mangga atau pisang, kopi atau sebotol anggur, mereka mengalami efek perdagangan internasional tidak hanya dalam produk yang ditawarkan tetapi sering juga dalam harga produk tersebut.

 

Tapi itu tidak hanya berlaku untuk produk di rak supermarket. Semakin banyak mebel paket datar yang dibeli konsumen dengan harga yang kompetitif, pakaian dan sepatu yang mereka kenakan, atau mainan yang mereka beli untuk anak-anak semuanya berasal dari negara lain.

 

Kemungkinan furniturnya berasal dari Asia Tenggara, pakaian dibuat di India, sepatu di Brasil, dan mainan di Cina.

 

Hal yang sama berlaku untuk bisnis, yang mengelola biaya overhead mereka dengan “offshoring” menggunakan pusat panggilan di India atau Filipina untuk mengelola komunikasi mereka dengan pelanggan atau pelanggan potensial, atau memiliki situs web mereka di-host dan dikelola, atau R & D mereka dilakukan di India .

 

Sebagian alasan untuk ini adalah bahwa perdagangan internasional dengan negara-negara di mana biaya produksi lebih murah karena tingkat upah lebih rendah dan bahan baku tersedia secara luas berarti ada persaingan yang lebih besar dan ini berarti bahwa harga akhir untuk konsumen lebih rendah daripada mungkin untuk barang yang sama untuk diproduksi di rumah.

 

Ini juga memungkinkan pilihan yang lebih luas bagi konsumen tentang produk yang tersedia bagi mereka.

 

Contoh-contoh ini menggambarkan pentingnya ekonomi global modern dari perdagangan internasional tidak hanya untuk konsumen tetapi juga untuk bisnis yang ingin berkembang dan tumbuh.

 

Sama halnya dalam ekonomi global yang saling terkoneksi, perdagangan internasional dapat menjadi sumber lebih banyak lapangan kerja dan karenanya penghasilan di negara lain yang telah mengembangkan keahlian di bidang-bidang tertentu seperti yang telah dilakukan India dengan layanan dukungan TI dan China dengan manufaktur.

 

Walaupun dapat dikatakan bahwa ini meningkatkan tingkat ketidakamanan pekerjaan karena perusahaan terus mencari lokasi di mana terdapat sumber tenaga kerja dan bahan baku yang murah dan berlimpah, dapat juga dikatakan bahwa hal itu juga menciptakan peluang.

 

Ekonomi yang tumbuh pesat seperti BRICs (Brasil, Rusia, India, dan China) mungkin memiliki tenaga kerja murah dan bahan baku berlimpah, tetapi karena mereka berusaha untuk tumbuh menjadi ekonomi yang benar-benar matang, mereka mungkin mengalami kekurangan keterampilan dalam bidang keahlian tertentu.

 

Mereka membutuhkan waktu untuk mengembangkan keahlian itu dan ini memberikan peluang bagi lembaga pendidikan seperti universitas untuk memasarkan kursus mereka kepada siswa asing. Sama-sama memberikan kesempatan bagi konsultan untuk menawarkan layanan mereka di luar negeri.

 

Misalnya, ada kekurangan insinyur di seluruh dunia di banyak bidang dan karena itu akan ada peluang bagi orang-orang yang memenuhi syarat di tempat-tempat di mana upaya sedang dilakukan untuk meningkatkan infrastruktur transportasi dan energi, seperti Brasil.

 

Mungkin tidak ada fasilitas dalam negeri untuk membuat pabrik berat dan mesin yang dibutuhkan untuk proyek-proyek semacam itu dan ini juga memberikan peluang bagi bisnis di negara lain.

 

Penelitian awal mengenai kemungkinan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan portal perdagangan online untuk mengiklankan layanan, menemukan kontak lokal dan organisasi yang dapat membantu dan memahami legalitas yang ada di negara target.

Berita Terkait