oleh

Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat Email Yang Baik Dan Benar

cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik

 

Pelitajakarta.com-Jadi, Anda telah menulis CV Anda, seseorang telah memeriksanya untuk Anda dan sekarang Anda siap untuk mengirimkannya ke calon majikan. Pengusaha meminta aplikasi dengan berbagai cara; melalui formulir aplikasi, aplikasi web, email atau pos.

 

Bersama dengan CV Anda, Anda perlu menulis email atau surat pengantar. Selalu pastikan bahwa email atau surat itu menyoroti 3 atau 4 hal penting yang dicari majikan dan Anda menguraikan bagaimana Anda memiliki pengetahuan, keterampilan, atau minat di bidang-bidang tersebut. Maksimal 6 paragraf harus mencukupi. Selalu ingat bahwa perekrut hanya akan menghabiskan beberapa menit membaca aplikasi Anda sehingga harus tepat, informasi, menarik dan relevan dengan peran tersebut.

 

Saya telah melihat banyak kandidat menulis email atau surat yang telah ‘standar’ dan sayangnya tidak secara spesifik berhubungan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Calon yang telah meluangkan waktu dan upaya untuk menghasilkan email atau surat yang dirancang khusus yang menguraikan beberapa kekuatan dan keterampilan kata kunci yang relevan langsung dengan pekerjaan membuatnya menjadi yang teratas dalam daftar ‘undangan wawancara’ potensial. Anda harus memastikan bahwa Anda adalah salah satu dari kandidat ini.

 

Cukup memakan waktu untuk membuat surat atau email yang dipesan lebih dahulu pada saat Anda hanya ingin agar aplikasi Anda dikirim ke majikan sesegera mungkin. Agar lebih siap untuk aplikasi ini, disarankan agar Anda meluangkan waktu membuat daftar ‘poin-poin’ tentang kekuatan dan keterampilan utama Anda di muka dan menyimpannya ke dokumen di PC Anda.

 

Lain kali Anda ingin melamar suatu pekerjaan, Anda cukup memilih tiga atau empat poin utama yang relevan untuk dimasukkan dalam email atau surat. Ini akan menghemat banyak waktu, tenaga dan stres dan akan memungkinkan Anda untuk merespon dengan cepat dan berada dalam posisi yang lebih baik untuk ditempatkan pada daftar wawancara potensial.

 

Penegasan Harian

 

“Hari ini saya akan menulis templat untuk surel dan surat yang akan saya kirim ke calon atasan sehingga ketika saya melamar pekerjaan saya bisa berkonsentrasi pada detailnya.”

 

Tindakan yang harus diambil

 

  1. Buat konsep email dan surat garis besar Anda dengan paragraf pengantar dan akhir.

 

  1. Tulis paragraf pendek di sekitar keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Anda dan gunakan ini sebagai poin-poin dalam email atau surat yang meliput.

 

  1. Ketika Anda memiliki waktu luang, tinjau daftar keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Anda, dan perbarui poin-poin Anda, dengan menambahkan keterampilan baru ke dalam daftar.

 

 

Kiat tentang Cara Mengirim CV Anda Melalui Surel

 

Apakah mengirimkan lamaran kerja Anda ke perekrut, pemburu kepala atau majikan, kesuksesan Anda bisa secara langsung dikaitkan dengan bagaimana Anda mengirimkannya.

 

Untuk menghindari pemborosan waktu dan upaya Anda, penting untuk melakukan persis apa yang ditentukan oleh perekrut atau pemberi kerja tentang cara mengirimkan CV Resume atau surat lamaran Anda. Misalnya, penting untuk mengirimkan CV Anda Lanjutkan dalam format file yang diminta – biasanya Word atau PDF – dan judul file Anda harus menyertakan nama Anda dan kata ‘CV’ atau ‘Lanjutkan’; misalnya, Edge-CV.

 

Perlu diakui bahwa, untuk alasan keamanan, beberapa majikan tidak menerima lampiran karena mereka waspada terhadap virus; dalam kasus seperti itu, disarankan untuk hanya menyalin dan menempelkan dokumen Anda sebagai teks biasa – tanpa huruf miring atau garis bawah – di bawah pesan email Anda.

 

Garis subjek

 

Orang-orang yang sibuk, perekrut dan majikan semakin mengandalkan perangkat lunak email untuk dengan cepat menyaring dan mengurutkan volume email yang besar – menghemat waktu dan uang.

 

Sebaiknya jangan menganggap bahwa perekrut atau pemberi kerja akan secara naluriah tahu Anda melamar pekerjaan. Email Anda harus secara jelas mengomunikasikan tujuan email Anda dan lampirannya, mengapa harus dibuka dan dibaca. Karena itu, ‘Baris Subjek’ sangat penting untuk membuat aplikasi Anda dibaca.

 

Pastikan bahwa ‘Baris Subjek’ email Anda termasuk judul pekerjaan tertentu dan referensi pekerjaan apa pun. Selain itu, memasukkan kata ‘CV’ atau ‘Lanjutkan’ membantu memperjelas bahwa email tersebut berasal dari pelamar pekerjaan dan memastikan bahwa aplikasi Anda tidak berakhir di tumpukan yang ditolak. Sebagai contoh…

 

Subjek: CV Resume untuk posisi IT Project Manager, London UK

 

Perhatikan bahwa ruang kosong atau kata yang salah eja dalam ‘Baris Subjek’ dapat mengirim sinyal ‘spam’, yang mengakibatkan email Anda dihapus atau berakhir di ‘junk mail’. Benar-benar pemborosan kesempatan kerja!

 

Kata kunci di ‘Tubuh’ email Anda.

 

Email yang menyertai lamaran pekerjaan memiliki tujuan yang sama dengan surat lamaran. Orang yang memindai Kotak Masuk atau menggunakan fungsi Pencarian email juga mencari kata kunci spesifik di ‘Badan’ email; oleh karena itu, akan sangat membantu untuk menyatakan kembali ‘jabatan’, ‘referensi pekerjaan’ dan ‘lokasi’ di baris di bawah ‘salam’.

 

Jaga ‘Badan’ email lebih ringkas daripada surat pengantar tradisional. Tulis pengantar singkat tentang diri Anda. Tangkap perhatian pembaca dengan beberapa contoh bagaimana pengalaman Anda cocok dengan profil pekerjaan. Biarkan pembaca tahu bahwa Anda telah melampirkan CV Resume Anda dan juga menempelkan salinan di bawah tanda tangan Anda untuk mencegah segala kerumitan teknis yang timbul dengan lampiran.

 

Etiket Email.

 

Waktu berubah dan komunikasi email menjadi tren yang berkembang karena banyak keuntungannya – kecepatan menjadi salah satunya.

 

Namun, etiket terus menjadi penting. Sebelum mengklik ‘Kirim’, ada baiknya untuk mengoreksi pesan Anda. Periksa kejernihan dan keringkasannya. Ingat, ejaan dan tata bahasa sama pentingnya dalam email dengan komunikasi tertulis lainnya.

 

Terakhir, ‘uji’ email – kirim ke Anda sendiri dan buka lampiran untuk memeriksa apakah email itu dibuka dengan benar.

 

Diharapkan bahwa jika Anda mengikuti panduan ini, Anda akan berhasil membedakan diri Anda dari banyak kandidat lain dan mendapatkan wawancara yang aman.

 

 

Email Lamaran Pekerjaan – 4 Tips

 

Mengirim email lamaran pekerjaan bisa rumit. Perekrut dan manajer perekrutan menerima ratusan email sehari. Bagaimana Anda bisa menonjol di email Anda? Berikut adalah empat tips yang dapat Anda gunakan untuk menarik perhatian yang tepat ke email lamaran pekerjaan Anda.

 

Baris Subjek yang Berarti – Jika baris subjek berbunyi “Judul Posisi + Tahun Pengalaman + Pengalaman Industri + Pendidikan”, penerima mungkin lebih tertarik untuk membuka dan membacanya terutama jika itu mengesankan. Misalnya “Aplikasi untuk Manajer Produk + 10 tahun pengalaman + Stanford EE, Wharton MBA.” Fokus pada 6 -10 kata yang menyoroti kualifikasi terbaik Anda. Jenis subjek seperti ini akan menarik perhatian dan mendorong penerima email untuk membuka email lamaran pekerjaan Anda sesegera mungkin.

Referensi Hangat – Baris pembuka terbaik dalam email adalah “persona X disarankan agar saya menghubungi Anda mengenai posisi ini.” Ini berarti penerima mengetahui orang X dan orang itu secara implisit mendukung Anda untuk posisi ini. Jadi sebelum Anda mengirim email lamaran pekerjaan, lihat apakah Anda dapat menemukan koneksi yang hangat dengan perusahaan itu atau manajer perekrutan. Pengantar yang hangat masih merupakan cara terbaik untuk melamar pekerjaan

Sebutkan 4 hingga 5 poin mengapa Anda kandidat yang baik – Dalam email, jangan hanya mengatakan saya melamar ke posisi X dan terlampir adalah resume saya. Ringkas mengapa mereka harus peduli dan lompat melihat resume Anda yang terlampir. Ini seperti versi singkat dari surat pengantar (tidak perlu juga melampirkan surat pengantar). Cara terbaik adalah dengan menggunakan peluru karena orang dapat membacanya dengan lebih cepat dan menjaganya tetap pendek (masing-masing 1-2 kalimat) yang menjelaskan mengapa Anda pikir Anda sangat cocok untuk pekerjaan ini. Lihatlah deskripsi pekerjaan dan gunakan terminologi atau sinonim mereka untuk mencakup semua area di mana Anda memiliki pengalaman.

Panggilan untuk menindaklanjuti – email tidak selalu dapat diandalkan. Anda bisa berakhir di folder spam atau diabaikan hanya karena penerima sedang dibanjiri. Jika Anda tidak mendengar apa pun dalam seminggu, hubungi untuk menindaklanjuti untuk melihat status lamaran kerja Anda.

Berita Terkait