oleh

Jenis Tifus Dan Gejala-Gejalanya

penyebab sakit tipes dan pengobatannya

 

Pelitajakarta.com-Tifus adalah salah satu dari beberapa penyakit serupa yang disebabkan oleh bakteri Rickettsiae. Berasal dari bahasa Yunani, yang berarti kabur atau berasap, ini menggambarkan keadaan pikiran mereka yang terkena penyakit tifus. Demam yang dapat mencapai hingga 39 ° C (102 ° F) dan sakit kepala, adalah gejala yang umum terjadi pada semua jenis tifus. Di beberapa negara tropis, tifus paling sering dikira sebagai penyakit lain yang dikenal sebagai “demam berdarah”.

 

Ada tiga bentuk tifus yang berbeda. Tifus Epidemi (juga dikenal sebagai “tipus kutu-bourne”), sering kali dapat menyebabkan epidemi setelah perang dan bencana alam. Organisme penyebab ditularkan oleh kutu tubuh manusia, yang akan membuat Anda demam, sakit kepala, kelelahan, kedinginan, dan ruam. Jenis tifus ini paling umum dikenal sebagai “demam kapal” atau “demam penjara”, karena membuat dirinya dikenal dalam kondisi ramai, yaitu di atas kapal dan di penjara.

 

Scrus tifus, atau “tipus chigger-borne”, ditularkan dan disebabkan oleh chigger. Chiggers ditemukan di area tanaman semak yang lebat. Gejala penyakit ini adalah nyeri otot, demam, batuk, gejala gastrointestinal, dan sakit kepala.

 

Tifus endemik (juga disebut “murine typhus” dan “typhus-borne typhus”) ditularkan oleh kutu pada tikus, dan kadang-kadang oleh kutu yang dibawa kucing atau possum. Bentuk tifus ini akan membuat Anda mengalami gejala nyeri sendi, sakit kepala, kedinginan, mual, demam, muntah, dan batuk.

 

Tifus diobati dengan tetrasiklin atau antibiotik terkait tetrasiklin lainnya. Rickettsiae menyebabkan sejumlah penyakit lain, termasuk Rocky Mountain spotted fever, atau “Tick typhus”, Boutonneuse fever, dan Rickettsialpox. Demam tifoid adalah penyakit yang sama sekali berbeda dari tifus dan tidak boleh dikacaukan dengan penyakit tifus, meskipun namanya mirip.

 

 

Berita Terkait