by

Bagaimana Cara Kerja PLTA Sampai Kerumah Anda?

Pelitajakarta.comCara Kerja Plta. Kita semua pernah mendengar tentang tenaga air, dan, pada kenyataannya, merupakan bentuk energi terbarukan terbesar di dunia, menghasilkan 21 persen energi terbarukan dan memasok lebih dari seperlima populasi bumi dengan kekuatan. Tenaga air adalah nama listrik yang dihasilkan dari gaya gravitasi air.

 

Tenaga air adalah sumber energi yang sangat positif karena menghasilkan sedikit bahan bakar fosil, atau gas rumah kaca. Hydropower memiliki sejarah panjang penggunaan, meskipun pabrik pertama seperti yang kita tahu itu dibangun pada tahun 1878. Paruh pertama abad ke-20 melihat sejumlah pembangkit listrik tenaga air dibangun, terutama di AS, yang melihat beberapa perkembangan kolosal dari bentuk ini. kekuasaan.

 

Namun bendungan terbesar di dunia yang memproduksi kekuatan semacam ini ada di Cina – Bendungan Tiga Ngarai. Pembangkit listrik tenaga air menghasilkan peningkatan jumlah energi domestik dan bisnis Cina, dengan banyak bendungan yang direncanakan. Di beberapa negara, tenaga air, tenaga listrik akan memasok 85 persen dari kebutuhan energi mereka yang berarti akhir dari persyaratan untuk energi domestik dan bahan bakar bisnis fosil. Negara-negara dengan sejumlah besar air yang mengalir seperti Norwegia dan Paraguay mengharapkan hal ini terjadi.

 

Tenaga listrik tenaga air diciptakan melalui sejumlah metode yang berbeda. Kekuatan yang paling umum datang dari bendungan dan membangun dan menyalurkan air dengan bendungan. Air ini digunakan untuk menggerakkan turbin air dan menghasilkan listrik.

 

Penyimpanan yang dipompa menggunakan metode suplai dan permintaan daya dan dua reservoir pada ketinggian berbeda untuk menciptakan daya. Ketika permintaan energi rendah, air dipompa ke reservoir yang lebih tinggi dan ketika permintaan tinggi air ini dilepaskan ke reservoir yang lebih rendah dan mengalir melalui generator dalam perjalanan untuk menciptakan daya. Jalankan sistem sungai, di mana aliran sungai digunakan dengan sistem turbin dan pasang surut di mana pasang surut menghasilkan tenaga juga ada.

 

Ada sejumlah plus untuk menggunakan bentuk pembangkit listrik ini – salah satu biaya yang paling jelas. Tidak perlu bahan bakar dengan tenaga hidroelektrik dan tidak perlu untuk fluktuasi bahan bakar fosil, atau impor untuk dipertimbangkan. Tanaman juga bertahan lama dan biasanya otomatis. Bendungan-bendungan ini tidak mahal untuk membangun dan mengembalikan investasi mereka dalam beberapa tahun.

 

Sekali lagi, fakta pembangkit listrik tenaga air tidak membutuhkan bahan bakar fosil berarti itu adalah positif. Bendungan ini tidak menghasilkan CO2 secara langsung. Faktanya, pembangkit listrik tenaga air menghasilkan paling sedikit karbon dioksida dari sumber apa pun ketika produksi, konstruksi, dan pengoperasian dipertimbangkan, menurut sebuah studi oleh University of Stuttgart.

 

Cara Kerja Plta
Cara Kerja Plta

Reservoir juga dapat digunakan untuk sejumlah kegunaan positif lainnya, seperti untuk memancing, olahraga, dan irigasi. Mereka dapat dibangun untuk mengontrol daerah rawan banjir dan mencegahnya.

 

Namun, mereka membutuhkan lahan yang luas dan merendam area yang pernah kering di dalam air. Ini mempengaruhi lingkungan alam dan lingkungan setempat. Mereka memang melarutkan kandungan oksigen dalam air, yang dapat merusak ikan. Orang mungkin harus pindah karena ini.

 

Reservoir sering menjadi penuh sedimen karena air membawa lumpur, tetapi tidak ke mana-mana dan semuanya akhirnya mengendap di daerah tersebut – ini dapat menyebabkan masalah bagi bendungan. Akhirnya, jika bendungan rusak itu berakhir sebagai bencana alam dalam skala besar dan orang-orang dapat terbunuh dalam massa mereka.

 

Tenaga hidroelektrik memiliki sisi positif dan negatifnya. Namun, masih merupakan salah satu sumber daya terpenting di dunia kita dan dapat digunakan untuk energi domestik dan bisnis.

 

Baca juga : Fungsi Dan Cara Kerja Relay

Hubungan Masyarakat untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air

 

Pembangkit listrik tenaga air seringkali tidak mendapatkan kredit yang layak. Tenaga hidroelektrik adalah beberapa energi termurah di sekitar. Tenaga hidroelektrik sangat murah sehingga jika kita hanya memiliki lebih banyak air dan lebih banyak bendungan, kita dapat menurunkan biaya energi negara kita hingga 50%. Penting bagi perusahaan listrik tenaga air untuk menjelaskan kepada publik bagaimana mereka sangat penting bagi infrastruktur listrik negara kita.

 

Terlalu sering kita mendengar keluhan dari para pencinta lingkungan yang mengatakan hal-hal keji tentang tenaga hidro-listrik dan mengeluh bahwa intake pembangkit listrik tenaga air seperti ikan dan mereka terbunuh. Ini tidak benar dalam semua kasus, berkali-kali ikan akan menembus pembangkit listrik tenaga air dan keluar dari sisi lain seakan tidak terjadi apa-apa.

 

Meskipun, bahkan ketika ahli lingkungan memahami hal ini, mereka masih mengeluh tentang ikan, yang tidak dapat naik sungai melalui sistem dan mereka tidak menyebutkan bahwa banyak bendungan pembangkit listrik tenaga air telah membangun tangga untuk salmon untuk naik sungai. Pembangkit listrik tenaga air perlu mempromosikan diri mereka sebagai energi bersih dan ini berarti mereka membutuhkan hubungan masyarakat yang kuat dan program itikad baik masyarakat.

 

Kita perlu mengurangi beberapa pembangkit listrik tenaga air dan akan baik jika mereka mempromosikan diri mereka sendiri dan mengingatkan masyarakat tentang betapa berharganya mereka bagi peradaban kita. Mungkin Anda akan mempertimbangkan semua ini pada tahun 2006.

 

Cara Kerja Plta Pembangkit Listrik Ke Rumah Anda

 

Dari penemuan listrik statis di Yunani Kuno oleh Thales of Miletus hingga penciptaan generator elektrostatik pertama di dunia oleh Otto von Guericke ribuan tahun kemudian, banyak ilmuwan tertarik dengan kekuatan. Bagaimana listrik statis, energi atau listrik diproduksi? Ilmuwan terkemuka seperti Thomas Edison, George Westinghouse dan Ben Franklin belajar banyak tentang listrik selama abad ke-18 dan ke-19. Melalui pekerjaan mereka dan orang lainlah yang membentuk gagasan modern tentang listrik. Kami menggunakan listrik di rumah dan kantor kami, tetapi bagaimana persisnya listrik mengalir dari pembangkit listrik ke rumah Anda?

 

Listrik dikirim ke rumah kita dengan menggunakan jaringan listrik. Grid adalah jaringan saluran distribusi dan transmisi yang terletak di bawah atau di atas tanah. Ketika listrik bepergian melintasi grid, saluran-saluran itu menyimpan voltase tinggi dalam jumlah besar. Garis-garis mengangkut daya dari pembangkit listrik langsung ke rumah Anda. Di beberapa wilayah di dunia, Anda mungkin melihat kabel listrik digantung di antara tiang kayu, menara logam, atau transformator yang terlihat seperti kotak putih sederhana yang dipasang di sebuah tiang. Biaya daya untuk konsumen ditentukan oleh Komisi Pengaturan Negara. Setiap rumah memiliki satu meter yang mengukur jumlah kilowatt yang telah digunakan dan setelah dibaca dapat ditentukan berapa banyak energi yang dikonsumsi rumah. Meteran adalah titik masuk dari saluran listrik ke rumah Anda.

 

Cara Kerja Plta. Beberapa perusahaan memiliki dan mengoperasikan masing-masing pembangkit listrik dalam jaringan spesifik mereka. Yang lain menghasilkan energi mereka sendiri dan membeli daya tambahan dari negara bagian lain. Misalnya CalEdision Selatan California membeli energi tambahan dari Stasiun Pembangkit Nuklir Palo Verde di Arizona. Arizona menghasilkan pembangkit listrik tenaga air untuk California, Nevada, New Mexico dan diri mereka sendiri di pabrik di Bendungan Glen Canyon. Adalah umum bagi perusahaan untuk membeli, menjual, atau memperdagangkan kekuatan satu sama lain, khususnya selama masa puncak tahun atau bencana. Kadang-kadang pemadaman bergilir akan terjadi ketika dan area penggunaan daya melebihi distribusi daya. Beberapa perusahaan atau pemerintah akan membuat pemadaman wajib untuk mencegah jaringan menjadi terbebani.

 

Untuk menjamin pengiriman listrik yang andal, organisasi telah dibentuk selama bertahun-tahun. Beberapa organisasi, seperti Organisasi Transmisi Regional (RTO) dan Operator Sistem Independen (ISO) diperlukan untuk melestarikan jaringan listrik Amerika Serikat. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengawasi grid sehingga setiap konsumen dapat menggunakan kekuatan yang mereka butuhkan, ketika mereka membutuhkannya. Organisasi ini mengatur penggunaan pembangkit listrik dengan pelanggan untuk memastikan bahwa daya dikirim dengan benar ke rumah kita.

 

Cara Kerja Plta. Ada semua jenis pembangkit yang dapat menghasilkan listrik. Banyak orang tidak menyadarinya tetapi lebih dari 50% listrik yang diproduksi di Amerika Serikat diproduksi dengan batubara. Tenaga nuklir menghasilkan 20%, gas alam berkontribusi 17%, hidroelektrik bertanggung jawab atas 7%, dan energi terbarukan hanya menghasilkan 3%. Masing-masing dan setiap pabrik memiliki sekelompok pendukung yang mempromosikan materi favorit mereka untuk generasi. Pabrik bahan bakar fosil beroperasi dengan produk minyak sulingan, gas alam, dan batubara. Masing-masing jenis bahan bakar ini dibakar di pabrik untuk memberi daya pada roda gigi dan boiler yang menghasilkan listrik yang digunakan oleh masyarakat. Energi nuklir tergantung pada bahan radioaktif seperti plutonium atau uranium untuk memanaskan inti generator dengan kemudian menghasilkan listrik. Energi terbarukan menggunakan sumber daya yang secara praktis tidak ada habisnya seperti panas bumi, biomassa, tenaga surya, dan tenaga angin. Semakin banyak tanaman di seluruh dunia yang mencoba beralih ke energi terbarukan. Penggunaan energi hijau akan bertahan lebih lama dari bahan bakar fosil selama ribuan tahun. Ada sejumlah insentif yang tersedia bagi konsumen yang memasang jenis daya ini di rumah mereka. Selain potongan harga, pemilik rumah ini juga akan melihat pengurangan besar pada tagihan energi mereka.

 

Iklim dan sistem pengiriman dan biaya akan menjadi faktor penentu pada harga kepada konsumen. Biaya juga akan ditentukan pada apa yang Anda daya di rumah Anda. Pendingin udara biasanya menghabiskan 16% dari tagihan Anda sementara lemari es adalah 14%, pemanasan 9-10%, penerangan 9% dan peralatan 3-5%.

 

Lain kali Anda mengendarai mobil di jalan, lihatlah apakah Anda dapat mengikuti jalur yang diambil listrik saat berjalan dari pembangkit listrik, ke transformator, melalui garis yang menggantung dari tiang listrik, ke meteran di rumah Anda. Sangat menarik untuk melihat sendiri bagaimana tepatnya listrik mengalir dari pembangkit listrik ke rumah Anda. 

 

Berita Terkait