oleh

Cara Memandikan Kucing Persia Agar Tidak Berontak

cara memandikan kucing persia kecil

Pelitajakarta.com-Secara umum, kucing adalah makhluk yang sangat bersih. Satu-satunya waktu Anda harus mandi adalah jika mereka sudah sangat kotor. Ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan, jadi sebenarnya bagus bahwa Anda tidak harus sering melakukannya. Jika Anda benar-benar perlu memandikan kucing Anda, Anda perlu membaca tips berikut – itu akan membuat Anda dan kucing Anda lebih mudah!

 

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memutuskan apakah Anda akan memandikan kucing di bak mandi atau di bak cuci. Banyak orang lebih suka wastafel, karena ketinggiannya yang nyaman, dan kucingnya pas di dalamnya. Namun, ada sesuatu yang bisa dikatakan tentang bisa melampirkan kucing di kamar mandi. Terserah Anda mana yang Anda pilih.

 

Sebelum Anda mulai memandikan kucing, Anda harus mengumpulkan barang-barang Anda. Setelah Anda memiliki kucing di dalam air, Anda tidak ingin harus berlari dan mendapatkan sesuatu. Anda membutuhkan sampo, cangkir, spons, dan dua handuk. Ini jauh lebih mudah jika Anda dapat menemukan seseorang yang bersedia membantu Anda juga.

 

Letakkan tikar karet di bagian bawah wastafel atau bak mandi Anda, agar kucing Anda tidak tergelincir. Isi wastafel dengan beberapa inci air suhu tubuh. Air seharusnya tidak terasa hangat atau dingin saat disentuh. Isi cangkir dengan air hangat dan campur dalam sampo.

 

Sekarang, Anda harus mencari kucing Anda. Ambil kucing dan dengan cengkeraman kuat, tetapi lembut, turunkan dia ke dalam air. Bicaralah dengannya dengan tenang dan pelihara dia saat Anda melakukan ini untuk membuatnya tetap tenang. Biarkan dia beberapa menit untuk terbiasa dengan air. Jika Anda memiliki shower sprayer, Anda dapat menggunakannya sekarang, jika tidak, cukup gunakan salah satu cangkir. Basahi kucing dengan air sampai tuntas. Setelah kucing basah, pijat dengan lembut sampo ke bulunya.

 

Bilas sampo, baik dengan cangkir atau semprotan shower. Pijat bulunya dengan sangat lembut dan coba peras sampo yang tersisa. Seharusnya tidak ada lagi gelembung di bulunya. Jika Anda meninggalkan sampo padanya, itu bisa mengiritasi kulitnya.

 

Setelah kucing bersih, angkat dia keluar dari bak atau tenggelam menggunakan handuk. Usap ke bawah dengan lembut dengan handuk. Biarkan dia pergi begitu dia tidak basah kuyup.

 

Cara Memandikan Kucing Seperti Pakar

 

Meskipun kucing mencuci sendiri beberapa kali selama sehari, mungkin ada saatnya kucing Anda benar-benar mandi. Jika Anda mengizinkannya keluar rumah, Anda mungkin harus memberinya scrub dari waktu ke waktu. Sebagai aturan umum, jangan memandikan kucing Anda kecuali ia membutuhkannya karena alasan tertentu (seperti jika ia terkena lumpur di bulunya, masuk ke sesuatu yang lengket, atau jika ia kucing tayangan dan perlu terlihat fantastis untuk kompetisi ). Mandi berlebih bisa menghilangkan bulu dari minyak alami, yang menghasilkan kulit kering dan mantel yang kusam dan rapuh.

 

Saat memandikan kucing, hanya gunakan sampo yang khusus dibuat untuk anak kucing atau kucing. Shampo dan sabun yang dirancang untuk manusia, anjing, atau hewan kecil, deterjen pencuci piring, dan sabun cuci piring mengandung bahan kimia keras yang bisa membuat kucing Anda sakit.

 

Kebanyakan kucing tidak suka basah dan menolak mandi, tetapi jika Anda perlu memandikan kucing Anda, inilah caranya.

 

Pertama, letakkan mar non skid, handuk atau keset kamar mandi di bagian bawah dapur. Keset akan memberi kucing Anda sesuatu untuk dipegang dan mencegahnya tergelincir. Wastafel dapur cukup kecil untuk memungkinkan Anda memegang kucing sehingga ia tidak bisa melarikan diri. Bak mandinya terlalu besar, dan Anda tidak akan bisa mengendalikannya dengan mudah.

 

Kedua, isi wastafel dengan air hangat suam-suam kuku beberapa inci (sekitar 5-7 cm) dan basahi bulu kucing dengan ringan.

 

Ketiga, gosokkan sedikit sampo kucing ke bulu dan sisir dengan baik. Hindari memasukkan sampo atau air apa pun ke mata, telinga, mulut, atau hidung kucing Anda.

 

Keempat, isi cangkir kecil dengan air hangat dan bilas bulu sampai bersih. Pastikan Anda membilas dengan baik, karena kucing Anda akan mandi sendiri setelah mandi manusia.

 

Terakhir, bungkus kucing Anda dengan handuk tebal dan halus dan bawa dia keluar dari wastafel. Keringkan dia dan simpan di dalam ruangan dan jauhkan dari angin sampai mantelnya mengering. Anda mungkin ingin menawarkannya sebagai hadiah untuk perilaku yang baik.

 

Jika Anda belum pernah memandikan kucing sebelumnya, minta teman atau saudara untuk membantu Anda. Satu orang dapat memegang kucing dengan aman sementara yang lain berkonsentrasi pada mencuci dan membilas. Pemilik kucing mungkin dapat memandikan hewan peliharaan mereka tanpa bantuan sampai anak kucing tumbuh hingga ukuran penuh. Jika Anda akan memandikan anak kucing Anda, sesuaikan kedalaman air dan jumlah sampo yang sesuai.

 

Mandi Kucing: 10 Tips Agar Kucing Bersih dan Sehat

 

Semua pemilik kucing takut saat mandi, seperti halnya orang tua dengan balita. Memandikan kucing bisa menjadi prospek yang traumatis dan membahayakan jiwa Anda dan hewan peliharaan kesayangan Anda. Sementara Fluffy mungkin tampak manis dan tidak sopan sebanyak 99% dari semua waktu, semua taruhan dikeluarkan dari jendela ketika Anda memegangnya dan mendekati bak mandi, bak cuci atau badan air lainnya. Kenyataan yang tidak menguntungkan bagi hewan peliharaan dan pemilik adalah kucing Anda sesekali perlu dimandikan untuk memaksimalkan kesehatan dan mengurangi kemungkinan masalah potensial. Meskipun ini mungkin bukan ide yang Anda sukai, namun ide itu pada akhirnya perlu dilakukan.

 

Untuk meminimalkan bahaya bagi Anda dan hewan Anda, tips dan saran berikut bermanfaat untuk menjadikan waktu mandi Anda sukses – jika tidak menyenangkan bagi semua pihak yang terlibat.

 

  1. Potong kuku sebelum mandi

Cakar kucing bisa menjadi senjata yang mematikan. Jika Anda pernah memegang hewan peliharaan yang Anda kasihi di lengan Anda dan kemudian membuang segelas air atau menyalakan keran, Anda mungkin sadar akan bahayanya. Penting bagi Anda untuk memotong kuku kucing Anda (semuanya, bukan hanya yang depan) sebelum membahas masalah mandi. Anda tidak hanya dapat menghindari lengan terkoyak, Anda juga bisa menenangkan kucing. Jangan langsung dari pemotongan kuku ke bak mandi. Biarkan kucing Anda rileks sebelum menghujani mereka. Beberapa kucing merespons pemotongan kuku dengan tenang, dan yang lain melihatnya sebagai tindakan perang.

 

  1. Rencanakan waktu mandi Anda sesuai

Waktu mandi tidak harus segera mengikuti waktu bermain. Jika kucing Anda tenang, mereka cenderung merespons kemungkinan mandi lebih baik daripada jika mereka dihujani catnip atau baru saja bermain lari dan lari dengan saudara kandungnya.

 

  1. Mulailah dengan menyikat dengan tenang

Kemungkinannya adalah Anda tidak ingin rambut berantakan di wastafel atau bak mandi Anda. Sebelum mendekati kamar mandi, pastikan untuk menghilangkan bulu yang longgar. Menyikat kucing juga menenangkan mereka dan membuat mereka merasa aman dan dicintai – dan mereka cenderung mendekati situasi dengan tenang.

 

  1. Beri mereka kaki untuk berdiri

Permukaan basah dapat dengan mudah menjadi licin, dan jika kucing Anda tidak memiliki sesuatu yang mantap untuk berdiri, mereka bisa menjadi lebih panik oleh proses tersebut. Letakkan tikar atau kain anti slip di bak mandi atau wastafel untuk memungkinkan mereka merasa aman dalam situasi yang jelas tidak mereka sukai.

 

  1. Hindari area sensitif

Anda mungkin tidak ingin seseorang hanya menuangkan secangkir air di atas kepala Anda, mengabaikan fakta bahwa air dan sabun di mata tidak menyenangkan. Saat awalnya membasahi hewan peliharaan Anda, berhati-hatilah agar tidak mendapatkan air langsung di mata, telinga atau hidung mereka. Mereka akan menghargai kepekaan Anda dan akan cenderung untuk mencoba menggigit atau mencakar jalan mereka dengan bebas – terutama karena Anda sudah memangkas kuku mereka (kan?).

 

  1. Gunakan produk yang benar

Saat memandikan kucing, jangan membuat asumsi bahwa shampo Anda akan berfungsi sebaik shampo yang dirancang khusus untuk kucing. Sampo manusia dapat mengeringkan kulit kucing Anda dan membuatnya lebih sensitif, dan Anda tidak ingin menggunakan produk yang berpotensi membahayakan mereka. Pastikan untuk mengikuti petunjuk untuk sampo yang Anda gunakan juga – sebagian besar sampo kucing membutuhkan pengenceran sebelum digunakan. Menggunakan solusi yang terlalu terkonsentrasi dapat memiliki efek berbahaya.

  1. Bersihkan wajah secara menyeluruh

Alih-alih menyiram wajah kucing Anda dengan air hangat (tidak pernah panas), gunakan waslap untuk membersihkan area tersebut dengan lembut. Jika wajah kucing Anda sangat kotor, Anda mungkin harus menggunakan sampo yang bahkan lebih encer, tetapi umumnya air biasa berfungsi dengan baik.

 

  1. Bilas sampai bersih

Anda harus memastikan bahwa Anda mendapatkan semua sampo dari hewan peliharaan Anda sebelum Anda berhasil mandi. Aturan praktis yang baik adalah membilas dua kali selama Anda keramas. Jika sampo dibiarkan kering pada kulit atau bulunya, itu menarik kotoran dan debu dan membuat seluruh titik mandinya gagal. Shampo kering juga dapat melukai dan mengeringkan kulit kucing Anda dan membuatnya tidak nyaman bagi mereka – dan Anda tentu tidak ingin mereka menelannya secara tidak sengaja ketika mereka mencoba menjilat sisa-sisa mandi (dan ingatannya) untuk selamanya.

 

  1. Keringkan

Jangan biarkan kucing Anda lari begitu bagian air selesai. Jika mereka dibiarkan basah kuyup di daerah yang dingin atau berangin, mudah bagi mereka untuk sakit. Bungkus dengan handuk bersih dan singkirkan air sebanyak mungkin. Ini juga saat yang tepat bagi Anda untuk memeluk mereka erat dan meyakinkan mereka bahwa bagian yang sulit sudah berakhir.

 

  1. Hadiah untuk pekerjaan yang dilakukan dengan baik

Jika Anda berhasil menyelesaikan prosesnya, Anda mungkin siap untuk minuman keras – tetapi kucing Anda juga pantas mendapat hadiah. Meskipun mereka mungkin tidak pernah mengaitkan mandi dengan kesenangan, pastikan bahwa mereka menyadari betapa apresiatif Anda masih (sebagian besar) masih utuh. Berbicaralah dengan tenang kepada mereka, yakinkan mereka – dan segera setelah mereka cukup memercayai Anda untuk berada dalam jangkauan Anda lagi, beri mereka banyak meyakinkan juga. Tinggalkan makanan untuk mereka di mangkuk mereka atau di dekat Anda dan biarkan mereka tahu bahwa mereka melakukan pekerjaan dengan baik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait