oleh

Obat Batuk Anak Yang Bagus Dan Aman

Obat Batuk Anak Yang Bagus

Pelitajakarta.com-Anak-anak lebih sering daripada orang dewasa. Jika ada anak di rumah. Saya ingin menggunakan obat kecuali ada keadaan darurat. Untuk menghindari keadaan darurat, saya telah menemukan prosedur yang sederhana namun efektif untuk melawan batuk. Prosedur harus dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

 

Masak kentang berjaket dan keringkan. Letakkan kentang di atas handuk, remas dan bungkus untuk mendapatkan paket. Kentang juga bisa diletakkan di kaus kaki. Ikat saja dan remas sedikit untuk menghancurkan kentang.

Hangatkan madu ke dada anak dan tutupi dengan kain tipis. Jika Anda tidak punya madu, lakukan prosedur tanpanya. Meskipun kehadiran madu memudahkan prosedur penyembuhan. Madu mengisap di kulit dan tidak lengket.

Masukan ke paket kentang. Jika paket terlalu panas, dasari handuk.

Tutupi anak dengan selimut. Jika anak jatuh, tidurlah dengan kompres dada terkompresi, acara yang lebih baik, tetapi jangan biarkan anak bangun dari tempat tidur. Ketika terkompresi menjadi dingin, Anda harus melepasnya.

Anda bisa menggunakan garam kasar sebagai pengganti kentang. Hangatkan dan tuangkan di kaus kaki atau tas kecil. Kain kecil atau kaus kaki sangat disarankan.

 

Sirup Batuk untuk Anak-Anak – Memberi atau Tidak Memberi?

 

Saya sadar pada musim flu ini bahwa sudah saatnya saya menulis posting tentang obat yang paling umum yang kita semua beli di atas apoteker – sirup obat batuk. Saya tahu kebanyakan orang tua tidak membawa anak ke dokter anak untuk pilek dan mereka memberikan obat “biasa” sendiri. Namun ada sebagian besar orang yang berkeliling mengatakan bahwa obat-obatan ini tidak bekerja dan lebih buruk lagi bahwa mereka “menahan batuk”, ‘”memperburuk batuk” dan melakukan lebih banyak kerusakan daripada kebaikan.

 

Saya ingin menekankan bahwa sirup obat batuk tidak perlu diminum setiap waktu dan harus dipilih dengan hati-hati setiap kali.

 

Batuk melindungi saluran udara dengan membersihkan mereka dari iritasi dan sekresi berlebihan atau keruh yang dihasilkan di dalamnya. Banyak dari kita batuk sekali atau tiga kali sehari untuk membersihkan saluran udara iritasi di sekitar kita. Di hadapan iritasi yang berlebihan (seperti pada alergi atau peradangan seperti asma) atau jika terjadi infeksi, batuk mulai mengganggu kita. Ini akan mulai mengganggu olahraga atau tidur, dan menyebabkan tekanan, terutama jika disertai dengan pusing, sesak napas atau nyeri dada.

 

Batuk umumnya digambarkan kering atau produktif. Batuk kering menandakan iritasi. Jika batuk mengeluarkan campuran lendir, iritan, dan zat lain dari paru-paru (dahak atau dahak), itu disebut batuk produktif. Dalam kasus infeksi, dahak yang dibesarkan mungkin berwarna kehijauan, abu-abu, atau cokelat. Dalam kasus alergi atau infeksi virus, mungkin bening atau putih. Dalam kondisi yang paling serius, dahak mungkin mengandung darah.

 

Di AS, FDA memiliki peraturan bahwa produk-produk ini tidak diberikan kepada anak di bawah empat tahun. Ini dilakukan setelah penelitian yang luas menetapkan bahwa obat demam sendiri dapat mengurangi rasa sakit dan nyeri dan penguap kabut dingin dapat membantu melonggarkan kemacetan pada pilek sederhana. Obat-obatan ini, jika overdosis, mengancam jiwa dan juga dapat membuat ketagihan di tangan pengasuh dan remaja. Sangat mudah untuk secara tidak sengaja memberi anak dosis yang terlalu tinggi; orang tua mungkin menggunakan dua merek obat yang berbeda secara bersamaan, tidak menyadari mereka mengandung bahan yang sama, atau mungkin salah mengukur dosis jika mereka bangun di tengah malam untuk menenangkan anak.

 

Di India kami sedikit lebih lunak dan banyak dari kita dokter anak meresepkan sirup batuk setelah usia satu. Secara pribadi saya telah memberi anak saya sirup obat batuk hanya sekali dan tidak lebih dari dua hari selama dua tahun. Jadi apa saja alternatifnya?

 

  • Tawarkan cairan: Air, jus dan sup dapat membantu melonggarkan kemacetan dan jika hangat, memiliki efek menenangkan.

 

  • Lembabkan saluran hidung: Saya murah hati dengan penggunaan nebuliser saya. Jalankan pelembab kabut dingin di kamar anak Anda. Ingatlah untuk mengganti air setiap hari dan ikuti instruksi pembersihan pabrik. Uap dari pancuran air panas juga bermanfaat. Jadi tolong jangan membatasi mandi ketika anak pilek.

 

  • Gunakan bola pengisap hidung untuk bayi atau anak kecil untuk mengeluarkan lendir dari hidung.

 

  • Gunakan tetes hidung salin. Tetes hidung salin yang dijual bebas – atau semprotan salin, untuk anak yang lebih besar – dapat melonggarkan lendir hidung yang tebal dan membuat anak Anda lebih mudah bernapas. Untuk bayi atau anak kecil, mungkin perlu menindaklanjuti dengan bola pengisap.

 

  • Atasi sakit tenggorokan: Berkumur dengan air garam atau mengisap permen keras atau permen tenggorokan membantu anak-anak yang lebih besar. Mereka tersedak bahaya, jadi jauhkan dari anak kecil.
  • Dorong istirahat. Pertimbangkan menjaga anak Anda di rumah dari penitipan anak, sekolah, dan kegiatan lainnya. Ini sangat penting dan sering diabaikan.

 

Jika terpaksa menggunakannya (pada anak-anak yang lebih tua dan kondisi yang disarankan dokter), ada baiknya mengetahui tentang berbagai jenis obat batuk.

 

  • Demulen adalah sirup batuk (atau batuk lincis) yang dapat menekan batuk dengan membentuk lapisan pelindung di atas tenggorokan (faring). Ini berguna dalam batuk kering yang mengiritasi. Ini diberikan kepada anak-anak. Sayang, obat rumahan yang populer adalah obat bius.

 

  • Penekan batuk menekan keinginan tubuh untuk batuk. Ini tidak cocok untuk anak-anak. Obat-obatan ini membuat anak-anak mengantuk dan mereka mungkin tersedak lendir dan mati lemas. Ini karena refleks dan pusat perhatian mereka masih matang. Obat-obatan ini hanya diberikan kepada orang dewasa dengan kondisi peradangan kronis (tidak menular). Jadi tolong jangan tergoda untuk memberikan anak sirup yang meredakan batuk kronis untuk orang yang lebih tua.

 

  • Mucolytics adalah obat batuk yang mengurangi keuletan dahak (dan mengurangi kemacetan).

 

  • Ekspektoran melonggarkan lendir dan meningkatkan pembersihan dari saluran pernapasan (dan benar-benar membantu Anda batuk)

 

Mucolitik dan ekspektoran adalah pilihan dalam batuk lembab. Jika Anda memberi hanya demulen maka anak merasa tidak nyaman karena dahak semakin tebal. Juga obat-obatan ini dapat menyebabkan anak muntah dahak yang sebenarnya membantunya dan tidak harus dilihat sebagai masalah

Batuk Dan Pilek Pada Anak-Anak – Yang Dapat Anda Lakukan

 

Pilek adalah infeksi virus ringan pada saluran pernapasan bagian atas. Sebagian besar anak rata-rata 4 – 8 pilek per tahun. Ada lebih dari 200 virus yang mampu menyebabkan flu biasa. Pilek adalah penyakit yang dapat dilihat sebagai penyebab sistem kekebalan tubuh yang muda dan belum matang dan banyak anak menderita pilek dalam beberapa bulan pertama setelah memulai taman kanak-kanak dan menghadapi virus yang baru untuk sistem mereka. Pilek dapat menjadi cerminan dari penurunan sementara kekebalan tubuh yang paling sering disebabkan oleh kurang istirahat. Terlalu banyak makanan kaya, stres atau terpapar pada kondisi dingin dan lembab juga dapat memicu masuk angin dengan menurunkan resistensi.

 

Apa yang disebut “kisah para istri tua” yang membuat orang-orang terserang flu dengan menjadi dingin dan basah dalam hujan adalah hal yang menarik. Obat-obatan ilmiah mencemooh saran ini ketika virus-virus yang bertanggung jawab yang menyebabkan pilek diidentifikasi. Itu benar-benar mencerminkan kesombongan obat dalam keyakinannya bahwa ilmu pengetahuan di tangan dokter akan memberantas penyakit. Kami masih menunggu! Saya masih sering mendengar orang-orang menertawakan gagasan tentang menjadi dingin dan masuk angin. Yang benar adalah keduanya benar.

 

Ilmuwan medis ingin kita percaya bahwa virus sudah dikenal dan dipahami. Itu tidak benar. Meskipun apa yang telah dipelajari sama dengan pengetahuan substansial, kami benar-benar masih tahu sedikit tentang virus. Kita tahu bahwa beberapa di antaranya menyebabkan pilek biasa yang kita semua alami dan diasumsikan tidak ada penyebab lain. Sekalipun asumsi itu valid, kita tahu bahwa virus penyebab tidak selalu menyebabkan pilek pada semua orang yang terpapar virus itu. Jadi mengapa beberapa orang sakit, sementara yang lain tidak?

 

Jawabannya datang dari epidemiologi, ilmu yang mempelajari pola kesehatan dan penyakit di seluruh populasi, bukan hanya pada individu. Kami menemukan bahwa setiap dan semua penyakit terjadi dengan serangkaian kondisi tertentu yang dapat digambarkan sebagai bagian dari inang, agen dan lingkungan. Jadi sebelum ada yang terkena, atau lebih tepatnya, flu, harus ada faktor yang selaras. Tuan rumah adalah orangnya, agennya adalah virus dan lingkungannya adalah di mana dan bagaimana mereka bertemu.

 

Jadi mari kita lihat seorang anak dan flu biasa. Jika anak (inang) memiliki daya tahan yang kuat dengan sistem kekebalan tubuh yang baik dan agen (virus) lemah dan lingkungan tidak merusak inang atau menambah daya pada agen, maka kemungkinan besar anak akan tetap sehat, atau mungkin hanya flu yang sangat singkat dan ringan. Bagaimana mungkin lingkungan mengubah ini? Nah, katakanlah lingkungan fisiknya keras (mungkin dingin dan lembab), ini dapat menurunkan resistansi, menjadikan inang yang melemah lebih besar kemungkinannya terkena flu atau mengalami flu yang lebih buruk. Bagaimana itu bisa mengubah agen? Mungkin dengan menyediakan lingkungan sosial yang penuh sesak, yang akan menjadi inkubator hidup yang lebih baik, memungkinkan virus untuk dengan cepat menjadi lebih ganas (lebih kuat).

 

Ternyata baik istri tua maupun dokter muda tidak menceritakan kisah selengkapnya. Jadi, apakah Anda harus mendengarkan ibumu ketika dia berkata jangan keluar dan menjadi dingin dan lembab atau Anda akan masuk angin? Ya memang, karena meskipun tidak pernah ada jaminan bahwa itu akan masuk angin, itu dapat mengurangi resistensi dan jika virus yang cocok ada, dapat sangat meningkatkan risiko menjadi sakit. Moral dari kisah ini adalah, dengarkan ibumu!

 

Gejala-gejala yang berhubungan dengan pilek, tentu saja, sudah diketahui. Mereka termasuk:

 

-sakit tenggorokan,

-bersin,

-mata berair,

– Hidung kerdil (bening, berair dan berlebihan pada awalnya dan kemudian menjadi tebal dan putih saat infeksi mulai sembuh),

-batuk yang mengiritasi,

-Hilang nafsu makan dan

-lelah.

Anak itu paling menular ketika cairan hidungnya jernih dan berair. Komplikasi yang dapat terjadi setelah virus flu meliputi pengembangan infeksi bakteri, pneumonia, bronkitis, sinusitis, dan infeksi telinga. Komplikasi ini akan membutuhkan lebih banyak perawatan daripada yang dicakup dalam artikel ini. Anda harus mencari perhatian profesional jika anak Anda menderita batuk terus-menerus atau parah, terutama jika ini disertai dengan kesulitan bernapas, peningkatan laju pernapasan, kebiruan kulit, darah di lendir atau kehilangan berat badan. Batuk dan pilek yang berlangsung lebih dari dua minggu juga membutuhkan perhatian profesional.

 

Apa yang dapat Anda lakukan tentang pilek?

 

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mencegah perkembangan pilek, meredakan ketidaknyamanan pilek, membantu tubuh anak untuk mengatasi infeksi dan memperkuat sistem kekebalan anak sehingga melawan infeksi lainnya ditingkatkan. Ini termasuk:

 

Beristirahat dan rileks untuk anak sehingga energi mereka digunakan untuk melawan infeksi.

Banyak udara segar. Menghirup udara segar penting untuk kesehatan sistem pernapasan. Udara seharusnya tidak dingin tetapi penting untuk menghindari ruangan yang terlalu panas dan pengap.

Hindari obat-obatan yang mengeringkan lendir atau menekan batuk. Jauh lebih baik bagi tubuh untuk dapat melepaskan lendir.

Batasi makanan yang tidak mendukung sistem kekebalan tubuh dan padat. Makanan-makanan ini termasuk:

-produk susu termasuk susu kambing dan yoghurt,

– telur,

– biji-bijian, (terutama biji-bijian kaya gluten seperti gandum, gandum hitam, gandum dan gandum)

– Gula,

– garam,

– lemak hewan yang berlebihan, dan

– Makanan yang diwarnai dan diawetkan secara artifisial.

Diet harus makanan ringan dan cair adalah yang paling lembut. Ini bisa termasuk, sup, casserole dan jus segar yang telah diencerkan. Jus dapat termasuk, lemon, blackcurrant, nanas, elderberry (ini sangat baik jika ada kemacetan bronkial), wortel, bit dan selada air. Bawang putih dan bawang dapat ditambahkan ke jus sayuran.

 

Sertakan bawang putih, bawang merah, jahe, daun bawang, dan lobak dalam makanan. Ini semua akan membantu sistem kekebalan dan pernapasan.

 

Anjurkan minum banyak air, terutama jika anak memiliki suhu. Pelembab ini akan membantu menjaga lendir tetap tipis dan mudah dikeluarkan.

 

Suplemen vitamin dan mineral A, C dan seng sangat penting. Vitamin A dibutuhkan untuk kesehatan selaput lendir yang melapisi sistem pernapasan serta untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C mengurangi keparahan gejala dan menghilangkan racun dari sistem. Seng mempromosikan penyembuhan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

Vitamin C dengan bioflavonoid – pilih asam rendah, bentuk bebas gula dan berikan dosis kecil yang diulang sepanjang hari. Dosis:

1-3 tahun, 50 mg 4 kali sehari

4-6 tahun, 100 mg 4 kali sehari

7-12 tahun, 100 mg 6 kali sehari

 

Vitamin A 1000iu kali usia anak hingga maksimum 5000iu selama sebulan.

 

Seng dapat dikonsumsi sebagai tablet permen, tablet kunyah atau tablet yang dihancurkan. Dosis:

1-5 tahun, 10 mg setiap hari

5-12 tahun15 mg setiap hari

harus diberikan selama sebulan. Tambahkan banyak makanan kaya seng ke dalam makanan.

 

Obat herbal termasuk: rosehip, segel emas, camomile, peppermint, serai, catnip, elm licin, jahe dan sage. Ini bisa dibuat menjadi teh ringan.

 

Chamomile, lemon balm dan catnip paling umum digunakan pada anak-anak karena mereka adalah obat yang paling lembut dan mengurangi ketegangan di tubuh, meredakan sakit kepala, sakit perut, dan gelisah. Selain itu, rasanya enak dan bisa diminum dengan bebas. Mereka dapat diminum sendirian atau dalam kombinasi.

Larutan Echinacea yang diberikan setiap 2 jam akan membantu meningkatkan kekebalan dan menghilangkan infeksi. Dosisnya adalah 1 tetes per 2 pon (1 kg) berat badan untuk pilek berat dan 1 tetes per 5 kolam (1 1/4 kg) berat badan untuk pilek ringan.

Teh thyme sangat baik untuk aktivitas antimikroba. Ini dapat digunakan selama sakit dan selama beberapa hari setelahnya untuk mencegah infeksi berulang atau lainnya. Siapkan dengan menempatkan 1 sendok teh thyme kering (atau 2 sendok teh jika thyme segar digunakan) dalam secangkir air mendidih dan diamkan selama 15 menit. Saring dan pemanis sedikit dengan madu. Ini harus diminum 2 hingga 3 kali sehari.

Untuk anak-anak yang lebih besar dengan sakit tenggorokan dan meradang, kumur sage dan thyme dapat membantu. Masukkan 1 sendok teh bijak cincang dan 1 sendok teh daun thyme kering atau segar ke dalam 150 ml air mendidih. Biarkan ini meresap selama 10 menit dan kemudian saring. Cairan hangat bisa digunakan sebagai obat kumur. Berkumur 2 hingga 3 kali sehari.

Kesimpulan

Batuk dan pilek adalah ciri umum dari tumbuh dewasa dan sangat sedikit anak yang sepenuhnya dapat keluar dari mereka. Pilek ringan harus diperhatikan dan dikelola dengan hati-hati untuk memastikan komplikasi dihindari atau segera ditangani. Namun, batuk ringan dan pilek yang tidak bertahan lebih dari beberapa minggu mungkin lebih baik daripada membahayakan. Mereka memfasilitasi beberapa eliminasi dan berfungsi untuk kondisi sistem kekebalan tubuh.

 

Tidak perlu terlalu khawatir dengan pilek ringan sesekali. Namun, baik untuk mengetahui bahwa ada banyak solusi pembangunan kesehatan yang tersedia, seperti yang di atas, untuk meminimalkan ketidaknyamanan dan mempercepat pemulihan.

Berita Terkait