by

Fungsi Dan Cara Kerja Relay

Pelitajakarta.comCara Kerja Relay. Relay yang kita kenal adalah komponen elektromagnetik. Mereka beroperasi dengan menerapkan arus ke ujung koil relay. Kekuatan ini bisa AC atau DC. Relai yang dapat dioperasikan oleh Alternating Current (AC) atau Direct Current (DC). Tegangan dapat 5,6,12 atau 24 dan 110 sejauh DC yang bersangkutan sementara itu dapat dioperasikan melalui tegangan AC juga. Tegangan AC bisa 6,12,24,48,110 & 230 Volt.

 

Relai yang dioperasikan AC digunakan di mana daya tinggi harus dikontrol sementara relai dioperasikan DC digunakan di mana daya yang relatif rendah harus dikontrol. Mereka umumnya lebih besar daripada rekan DC mereka. Karena efisiensi yang rendah dari koil yang digunakan dalam relai AC, biasanya untuk memanaskan koil lebih dari relai yang dioperasikan DC.

 

Relai AC ini harus dioperasikan di atas tegangan pickup minimumnya jika tidak terjadi dengungan yang sangat mengganggu. Perawatan harus diambil untuk menjaga level tegangan jika lebih banyak relay dioperasikan pada satu waktu. Ini karena sifat bawaan kumparan dalam mengkonsumsi lebih banyak arus (disebut arus masuk) pada saat mulai. Meskipun ini stabil setelah relay aktif.

 

Cara Kerja Relay Relai AC umumnya dikendalikan melalui sakelar mekanis atau dikendalikan melalui relai DC kecil. Artinya, hanya daya AC yang digunakan untuk koil yang dikendalikan melalui relai DC yang lebih kecil. Jadi skenarionya menjadi seperti ini. Sirkuit elektronik mengontrol relai DC kecil. Relai DC ini menghidupkan & mematikan daya AC kecil yang diperlukan untuk koil relai bertenaga AC yang lebih besar & relai AC ini pada gilirannya mengendalikan daya yang sangat tinggi.

 

Relai bertenaga DC dioperasikan dengan memasok arus DC ke koil. Tegangan & arus ini relatif lebih kecil dari relay bertenaga AC. Ukuran mereka juga lebih kecil karena mereka mengkonsumsi lebih sedikit daya. Relai DC kebanyakan digunakan dalam instrumen & gadget yang berukuran kecil. Di sini juga daya yang diterapkan pada relai harus di atas nilai operasi minimum, jika tidak terjadi celoteh. Ini mempengaruhi pengoperasian instrumen. Untuk mengurangi berceloteh dekat nilai operasi minimum, kapasitor kecil terhubung berdekatan dengan koil. Dioda juga ditempatkan di dekat koil untuk melepaskan kembali EMF (Gaya ElectroMotive) yang dihasilkan sambil memutus daya ke koil. Ini mencegah transistor penggerak (komponen elektronik yang bertindak sebagai sakelar elektronik untuk mengoperasikan relai DC) agar tidak merusak dirinya sendiri.

 

Sebagaimana disebutkan di atas, relai DC dioperasikan oleh komponen elektronik yang disebut Transistor. Ini adalah jenis saklar elektronik, yang pada gilirannya dikendalikan oleh sirkuit elektronik. Sirkuit memutuskan kapan mengoperasikan relai tergantung pada kriteria yang ditentukan. Sirkuit mengumpulkan data melalui berbagai input & sensor dan kemudian sesuai dengan kondisi & persyaratan kontrol relay atau grup relay.

 

Relay Tester

 

Cara Kerja Relay Dahulu, masalah penguji estafet sepertinya adalah kelas berat dan besar. Oleh karena itu, membawa penguji ke lokasi kerja adalah pekerjaan yang membosankan. Tapi sekarang, tester relay adalah tester portabel dengan berat rata-rata, dan terlibat dalam aplikasi pengujian yang lebih luas. Ya, ini benar-benar merupakan anugerah bagi para insinyur saat ini dan besok (yang sering bepergian), sehingga pekerjaan para insinyur estafet dapat disederhanakan lebih lanjut. Terutama, ini berguna dan tampaknya menjadi aplikasi yang tepat pada amplitudo tinggi dan aplikasi daya. Bahkan itu berguna untuk aplikasi tegangan menengah dan rendah.

 

Cara Kerja Relay
Cara Kerja Relay

Fitur perangkat ini:

 

Kebutuhan pengujian yang diperlukan dipenuhi dengan fitur uniknya dari tigabelas tombol pintas bawaan.

 

Modul yang terdiri dari unit kontrol, amplifier, unit operasi, dan catu daya dapat dipertukarkan secara terpisah. Proses pengujian dapat dengan mudah dan cepat dilakukan dengan bantuan fitur-fitur ini.

 

Penguji relai adalah penguji yang ideal untuk unit industri dan manufaktur lainnya. Penguji portabel ini bahkan tersedia dalam ukuran laptop dan dapat menguji semua jenis relay multi fungsi modern.

 

Perangkat ini sangat mudah digunakan, dan memberikan akurasi tinggi. Keunggulan lain dari perangkat ini adalah dapat digunakan untuk tujuan kalibrasi.

 

Aksesori opsional yang muncul bersama dengan perangkat ini termasuk GPS, simulator pemutus sirkuit, penguat eksternal, penguat arus, dll.

 

Sistem pengujian relai tiga fase dapat menguji semua jenis relay pelindung. Penguji ini memiliki fungsi seperti fungsi pemantauan dan perekaman bawaan.

 

Penguji cerdas adalah jenis lain dari penguji relai, yang menyediakan solusi uji untuk semua gardu digital. Optical digital tester, tester relay lain yang memiliki kemampuan untuk melakukan tes fungsional perangkat perlindungan digital optik.

 

Ada beberapa penguji yang sering muncul dengan perangkat lunak, yang mampu bekerja dan mengelola pekerjaan tes harian lebih profesional. Ini biasanya datang dalam tiga paket perangkat lunak yang berbeda dan mereka adalah paket dasar, paket pelindung dan paket lanjutan. Ini penting dengan fungsi yang berbeda dan mampu melakukan tes standar dengan relay seperti Ramp, Quicktest, State sequencer, dan sebagainya.

 

Banyak lebih banyak penguji tersedia yang ideal untuk memberikan solusi diagnostik yang andal untuk teknologi energi listrik, misalnya Gangguan, penguat waktu nyata, pengujian injeksi primer, dll.

 

Relay tester akan menjadi keharusan, jika Anda benar-benar peduli dengan kualitas dan kinerja relay. Data uji yang relevan memengaruhi kualitas suatu produk. Kualitas suatu produk sebagian atau seluruhnya tergantung pada respons yang cepat terhadap masalah yang diidentifikasi oleh penguji.

 

Baca juga : Fungsi LAN Card Kelebihan Dan Kekurangannya

 

Signifikansi Penguji Relai

 

Relai tidak lain adalah perangkat berbeda yang telah digunakan untuk memungkinkan sinyal logika daya rendah untuk mengontrol sirkuit daya tinggi. Ini dicapai terutama dengan menyediakan kumparan elektromagnetik kecil untuk sirkuit logika untuk mengontrol. Fungsi utamanya memerlukan tingkat baru perangkat keras dan perangkat lunak uji canggih untuk sepenuhnya menganalisis operasi unit dalam situasi “kehidupan nyata”. Setiap aspek pengujian relai dapat dikelola dengan garis peralatan uji relai yang komprehensif.

 

Signifikansi dari penguji ini:

 

Jenis tester relai adalah peralatan pengujian relai berbantuan komputer yang telah dilengkapi dengan kapasitas daya tinggi untuk amplifier saat ini. Ini adalah solusi pengujian relai ideal untuk aplikasi di mana output arus besar diperlukan.

 

Perangkat lunak yang komprehensif diperlukan untuk menguji berbagai jenis relay perlindungan yang cepat dan andal. Dengan perangkat lunak ini, tester relai dapat mengelola pekerjaan pengujian harian dengan cara yang lebih profesional. Ada 3 paket perangkat lunak berbeda yang tersedia. Karena paket perangkat lunak ini pengujian manual dilakukan dengan lebih nyaman dan sederhana. Modul uji dan rencana pengujian juga dapat dijalankan dengan cara yang terkoordinasi dengan baik.

 

Tersedia juga tester relai perlindungan portabel, yang tampaknya merupakan terobosan inovatif yang hebat untuk solusi teringannya yang tak tertandingi (8,8 kg). Ini memiliki 8 input biner, 4 output biner dan memiliki dimensi (WxHxD): 256mm x 110mm x 395mm. Keuntungan menggunakan set tes relai ukuran laptop ini adalah dapat digunakan untuk menguji semua jenis relay multi-fungsi modern (terutama digunakan untuk industri dan unit manufaktur lainnya). Ini adalah pilihan pertama bagi insinyur uji relai, yang sering bepergian.

 

Sistem uji relai proteksi universal portabel dapat digunakan untuk semua aplikasi uji berkenaan dengan relay perlindungan. Tombol pintas spontannya membuat operasi ini nyaman dan sederhana. Bobotnya yang lebih kecil menjadikannya sistem relai yang ideal. Oleh karena itu sangat ideal untuk bidang pengaturan sistem dan layanan serta kalibrator.

 

Empat Modul yaitu unit panel kontrol, unit kontrol, amplifier, dan bantuan catu daya untuk menjalankan proses pengujian lebih sederhana dan mudah.

 

Set tester relai dapat memberikan pengujian verifikasi kinerja relay pelindung berbasis elektromekanis, elektronik, dan mikroprosesor dalam instalasi pengoperasian mereka. Penguji ini ideal untuk menguji berbagai relay perlindungan yang dioperasikan di lingkungan indoor dan outdoor. Ada lebih banyak penguji yang tersedia yang cocok untuk memberikan solusi diagnostik yang dapat diandalkan untuk teknologi energi listrik, misalnya gangguan, penguat waktu nyata, pengujian injeksi primer, dll. Penguji relai harus menjadi sesuatu yang harus memperhatikan kualitas dan kinerja relai, di mana data uji yang relevan memengaruhi kualitas suatu produk. Kualitas suatu produk sebagian atau seluruhnya tergantung pada respons yang cepat terhadap masalah yang diidentifikasi oleh penguji. 

 

Loading...

Berita Terkait