oleh

Cara Membuat Surat Pengunduran Diri Yang Baik Dan Benar

cara membuat surat pengunduran diri kerja

 

Pelitajakarta.com-Ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk menuai. Ada waktu untuk tertawa, ada waktu untuk menangis. Ada waktu untuk membangun, ada waktu untuk memecah. Dan ada waktu untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. Ketika waktu ini tiba – waktu bagi Anda untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda, surat pengunduran diri biasanya ditulis.

 

Menulis surat pengunduran diri tampaknya cukup sederhana: jika Anda tidak melakukannya dengan benar, apa yang akan mereka lakukan, memecat Anda? Meski begitu, surat pengunduran diri perlu menyertakan – dan mengecualikan – hal-hal tertentu. Anda mungkin berhenti dari pekerjaan Anda, tetapi Anda tidak benar-benar ingin membakar jembatan profesional dalam prosesnya.

 

Pastikan Anda Siap Pindah: Sebelum menulis surat pengunduran diri, Anda harus benar-benar yakin bahwa Anda memang ingin mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. Surat pengunduran diri adalah bukti bukti nyata: begitu surat itu beredar, tidak ada jalan untuk kembali. Tentu, Anda dapat mengklaim bahwa Anda tidak benar-benar menulis surat atau bahwa – Hai, OJ – sarung tangan hitam tidak benar-benar cocok, tetapi majikan tidak akan tertipu oleh ini. Setelah Anda mengirimkan surat pengunduran diri, apakah Anda mau atau tidak, Anda mengundurkan diri.

 

Jadilah Sopan: Pada tingkat disukai, atasan Anda mungkin setuju dengan Joseph Stalin, tetapi surat pengunduran diri tidak berfungsi sebagai podium Anda untuk mengatakan kepadanya. Meskipun Anda mungkin mencuci tangan bos Anda dan cara-caranya yang tidak adil dan kasar, kadang-kadang Anda perlu meminjam handuk kertasnya, jadi untuk berbicara. Mantan bos sering digunakan sebagai referensi, bahkan ketika Anda tidak menginginkannya. Pekerjaan, persewaan apartemen, pemeriksaan latar belakang semua dapat memanggil mantan majikan untuk membuktikan karakter Anda. Jika Anda menulis surat pengunduran diri yang memberi tahu bos Anda tempat menempel hard drive-nya, Anda mungkin dirujuk sebagai penjahat.

 

Bersikaplah Tegas, Tapi Tidak Terlalu Singkat: Walaupun surat pengunduran diri harus langsung, tidak perlu tenggelam dalam singkatnya: cukup menulis “Damai, aku keluar dari sini!” pada selembar kertas notebook tidak cukup memadai. Alih-alih, ketikkan sebuah surat yang secara resmi mengumumkan keberangkatan Anda dan berterima kasih kepada atasan Anda selama bertahun-tahun – atau mungkin berhari-hari – Anda habiskan bekerja di perusahaannya. Patuhi format bisnis dan sertakan semua informasi kontak Anda (dan kontak di masa depan). Majikan Anda mungkin perlu menghubungi Anda di kemudian hari.

Jangan Berikan Alasan untuk Meninggalkan Anda: Setiap kali kami meninggalkan pekerjaan, mungkin ada sejuta dan satu alasan mengapa. Kami benci rekan kerja kami, kami pikir pekerjaan kami membosankan, kopi di ruang istirahat rasanya seperti oli motor. Apa pun alasan keberangkatan Anda, jangan mengumumkannya kepada penyelia Anda. Melakukan hal itu hanya akan menempatkan atasan Anda pada posisi defensif: tidak ada yang mau mendengar hal buruk tentang perusahaan yang mereka awasi.

 

Bersiaplah untuk Tindak Lanjut: Sebagian besar pengusaha, setelah menerima surat pengunduran diri, akan menelepon siapa pun yang berhenti di kantor mereka untuk tindak lanjut cepat. Ini biasanya melibatkan formalitas: apa yang diinginkan majikan Anda sebelum Anda pergi, di mana Anda berada di atas beban kerja, dan pembekalan umum. Meskipun karyawan yang marah dalam diri Anda mungkin berteriak untuk membiarkan atasan Anda memilikinya, tahan lidah Anda. Tidak ada gunanya membuka sekaleng cacing yang tidak akan ada untuk dimasukkan kembali.

 

Surat Pengunduran Diri: Cara Mengundurkan Diri Dari Pekerjaan Anda

 

Mengirim surat pengunduran diri ke atasan Anda saat ini adalah tempat Anda benar-benar menjadikan pekerjaan Anda resmi diubah.

 

Setelah Anda menandatangani dan mengembalikan surat tawaran pekerjaan Anda dan telah menerima konfirmasi bahwa surat itu diterima, Anda akan siap untuk bersiap-siap untuk mengumpulkan surat pengunduran diri Anda.

 

Saat ini, tidak jarang pengunduran diri yang kurang formal, mungkin berbincang dengan atasan Anda untuk memberi tahu mereka bahwa Anda telah menemukan pekerjaan baru dan kemudian mengirimi mereka email singkat sehingga mereka memiliki konfirmasi tertulis bahwa Anda telah mengundurkan diri.

 

Surat pengunduran diri resmi bahkan mungkin tidak terlibat.

 

Mengundurkan diri dari posisi Anda saat ini kadang-kadang bisa menjadi tugas yang sulit terutama jika Anda bekerja untuk majikan dalam jangka waktu yang lama atau mungkin karena Anda merasakan kesetiaan yang kuat kepada bos Anda atau perusahaan.

 

Sebenarnya menulis surat Anda mungkin merupakan bagian tersulit ketika Anda mendapati diri Anda meletakkan kata-kata di atas kertas yang mengindikasikan bahwa Anda meninggalkan perusahaan Anda!

 

Saya telah melihat contoh di mana seorang kandidat memiliki pemikiran kedua tentang menyatukan surat pengunduran diri mereka setelah menerima pekerjaan baru ketika mereka benar-benar menyadari apa yang harus mereka lakukan selanjutnya …

 

Mereka harus keluar dari pekerjaan mereka saat ini!

 

Saran saya untuk menyatukan surat pengunduran diri Anda adalah membuatnya singkat dan manis.

Kumpulkan surat pengunduran diri singkat daripada sekadar menyatakan bahwa Anda telah menerima posisi baru (Anda tidak perlu memberikan rincian jika Anda tidak mau) dan bahwa Anda telah menikmati waktu Anda bersama perusahaan.

 

Umumkan pengunduran diri Anda kepada manajer dan berikan surat pengunduran diri jika diperlukan.

 

Saya tidak melihat inti dari membuat surat pengunduran diri ini sangat panjang atau terperinci karena kemungkinan Anda akhirnya akan menghabiskan sedikit waktu untuk berbicara dengan manajer dan kolega Anda begitu semua orang tahu Anda meninggalkan perusahaan.

 

Surat pengunduran diri itu hanya formalitas, dengan maksud agar Anda meninggalkan perusahaan secara tertulis.

 

Pada titik ini, Anda hanya ingin menunjukkan rencana Anda untuk meninggalkan perusahaan dan pergi dengan anggun. Hal terakhir yang ingin Anda lakukan pada saat ini adalah membakar jembatan atau berbicara dengan meremehkan majikan Anda dalam surat pengunduran diri Anda.

 

Setelah Anda mengirimkan surat pengunduran diri Anda, Anda mungkin bertemu dengan manajer Anda atau mungkin seseorang dari Sumber Daya Manusia untuk membahas secara spesifik mengenai pengunduran diri Anda:

 

Kapan hari terakhir Anda bekerja?

Pekerjaan apa yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan sebelum Anda pergi?

Pekerjaan apa yang Anda butuhkan untuk diserahkan kepada orang lain sebelum Anda pergi?

Majikan Anda mungkin melakukan wawancara keluar di mana Anda diwawancarai dan diminta pendapat jujur ​​Anda mengenai perusahaan. Anda mungkin ditanya pertanyaan tentang apa yang diperlukan untuk tetap bersama perusahaan, apa yang bisa dilakukan perusahaan dengan lebih baik, mengapa Anda memutuskan untuk mencari pekerjaan baru, dll.

Saran saya hanyalah menjawab pertanyaan dengan jujur ​​dan ringkas dan untuk kembali bekerja sehingga Anda dapat menyelesaikan semua yang perlu Anda lakukan sebelum pindah ke perusahaan baru Anda.

 

Surat Pengunduran Diri: Jangan Biarkan Milikmu Menjadi Bumerang …

 

Jadi, ketika saya melihat subjek ini lebih dekat, saya terkejut menemukan bahwa tidak ada banyak panduan yang tersedia dalam bentuk buku panduan tentang cara menulis surat pengunduran diri yang tepat dan tepat. Faktanya, kunjungan baru-baru ini ke toko buku online terbesar di dunia (amazon) mengungkapkan bahwa tidak ada buku “bagaimana” yang tersedia di sana yang berhubungan dengan seni menulis surat pengunduran diri.

 

Mengejutkan, tetapi benar.

 

Ini menarik, karena ketika Anda benar-benar melihat ke dalamnya, Anda menyadari bahwa apakah Anda meninggalkan pekerjaan dengan anggun dan tepat hampir pasti akan memiliki karir dan implikasi pribadi, dan dapat hampir sama pentingnya dengan menulis resume / cv atau surat pengantar.

 

EMOSI DI BALIK SURAT PERNYATAAN

 

Surat pengunduran diri akan menjadi salah satu surat bisnis paling emosional yang pernah Anda tulis. Sentimen di baliknya selalu berubah-ubah karena apa yang diwakilinya. Faktanya, penelitian telah menemukan bahwa meninggalkan pekerjaan bisa membuat stres seperti putusnya perkawinan.

 

Meskipun demikian, sangat disarankan agar tidak terlalu banyak emosi itu, terutama perasaan negatif apa pun, ditransfer ke halaman tertulis. Sebisa mungkin, surat pengunduran diri harus diperlakukan sebagai surat bisnis, sama seperti surat bisnis lainnya.

Ada sejumlah alasan mengapa surat pengunduran diri memiliki implikasi emosional lebih daripada kebanyakan surat pribadi atau bisnis. Inilah yang jelas:

 

Mereka sangat pribadi karena biasanya menandai pemutusan hubungan profesional dan pribadi, kadang-kadang bersifat jangka panjang.

Mereka biasanya menandakan akhir suatu periode dalam kehidupan profesional dan / atau pribadi seseorang.

Mereka mewakili awal periode atau fase baru dalam kehidupan pribadi dan profesional seseorang, membangkitkan ketakutan yang sering muncul dengan masa depan yang tidak pasti.

 

KARAKTERISTIK UTAMA SURAT

 

Berikut ini adalah sejumlah karakteristik utama yang unik untuk surat pengunduran diri.

 

Tidak Hanya Terkait Pekerjaan

 

Sebutkan “surat pengunduran diri” dan 99 dari 100 orang akan berpikir secara eksklusif tentang situasi terkait pekerjaan. Pada kenyataannya, ada sejumlah bidang dan keadaan di mana surat rekomendasi dapat diminta. Misalnya, selain meninggalkan pekerjaan, surat pengunduran diri dapat diminta untuk situasi seperti: mundur dari komite, memilih keluar dari kursus di sekolah, meninggalkan klub atau persekutuan, dan lain-lain.

 

Sensitif dan Halus

 

Ketika Anda mengirimkan surat pengunduran diri Anda, itu akan berdampak pada Anda, organisasi yang Anda tinggalkan, dan kolega serta teman yang Anda tinggalkan. Anda harus menyadari bahwa terlepas dari alasan sebenarnya di balik keberangkatan Anda, pesan yang diterima oleh banyak orang adalah bahwa Anda akan pergi karena organisasi dan / atau orang-orang tidak mengukur lagi. Ini adalah reaksi alami manusia bagi banyak orang dan tidak dapat sepenuhnya dihindari. Cukup peka terhadap hal itu dan jangan katakan, lakukan, atau tulis apa pun yang secara tidak perlu memperparah perasaan ditinggalkan seperti itu.

 

Formalitas Sederhana atau Kejutan Besar

 

Surat pengunduran diri bisa berupa formalisasi percakapan yang sudah terjadi dengan atasan Anda, atau pengumuman yang Anda buat dalam rapat. Di sisi lain, surat pengunduran diri dapat ditender sepenuhnya tanpa pemberitahuan, sebagai kejutan total. Bahkan, ini sering terjadi di dunia nyata. Jika kasus terakhir ini berlaku dalam situasi Anda, Anda harus siap menghadapi salah satu dari sejumlah kemungkinan reaksi dari organisasi dan kolega Anda, mulai dari penerimaan total, kemarahan, tawar-menawar, dan dendam.

 

Mengandung suasana Positif, Negatif

 

Cara Anda mengundurkan diri dari suatu organisasi dapat memiliki implikasi yang signifikan, baik dari segi karier, dan secara pribadi. Terlepas dari keadaan dan / atau suasana di sekitar keberangkatan Anda, Anda akan disarankan untuk mengambil tindakan apa pun yang Anda bisa untuk menetralisir faktor negatif yang mungkin berperan. Pendekatan dan kata-kata yang digunakan dalam surat pengunduran diri bisa sangat membantu mencapai tujuan ini.

 

Menyeimbangkan Tindakan

 

Menulis surat pengunduran diri bisa sedikit menyeimbangkan tindakan. Anda ingin jujur, jelas, dan tegas mengenai niat Anda untuk pergi, sementara pada saat yang sama Anda tidak ingin mengasingkan majikan yang Anda tinggalkan. Akan lebih baik jika pintu itu tetap terbuka, atau setidaknya terbuka, kalau-kalau Anda ingin memasukkannya di masa depan. Lagi pula, Anda tidak pernah tahu apa yang mungkin terjadi di ujung jalan. Untuk semua yang Anda tahu, majikan Anda saat ini dapat membeli perusahaan tempat Anda pindah. Jadi berhati-hatilah membatasi opsi masa depan Anda.

 

Serangan Balik Bisa Cepat

 

Dampak negatif dari surat pengunduran diri yang ditulis dengan buruk atau tidak tepat dapat langsung terjadi. Untuk

 

Misalnya, jika Anda berharap untuk mendapatkan rekomendasi atau referensi yang baik dari majikan yang Anda tinggalkan, surat pengunduran diri yang negatif hanya dapat melukai surat rekomendasi / referensi Anda. Juga, bahkan jika Anda tidak meminta surat rekomendasi, tidak ada yang dapat menghentikan calon majikan di masa depan untuk mengecek kembali dengan organisasi tempat Anda bekerja.

 

Jadi, inilah kata untuk orang bijak. Sebelum Anda secara membabi buta menulis surat pengunduran diri, Anda mungkin perlu meluangkan waktu untuk memikirkannya dan mencari tahu cara menulis yang tepat dan sesuai, sehingga tidak akan kembali menghantui Anda.

 

 

Surat Pengunduran Diri: Cara Menulisnya

 

Awal dan akhir semuanya dimulai dengan sebuah pertanyaan, dan filosofi ini juga berlaku di bidang ketenagakerjaan. Baik itu bagaimana menulis resume atau lamaran pekerjaan, bagaimana menulis surat pengunduran diri, dll. Pertanyaan-pertanyaan itu umum, asli, dan hampir setiap satu dari sepuluh orang memikirkannya. Jadi, inilah solusinya.

 

Surat pengunduran diri sama pentingnya dengan surat lamaran untuk pekerjaan apa pun. Ada hal-hal tertentu yang Anda harus sangat spesifik. Karena Anda mengundurkan diri setelah menjalin hubungan dengan organisasi, idealnya Anda tidak bisa pergi begitu saja.

 

Alasan Pengunduran Diri

 

Anda perlu menyebutkan alasannya. Pikiran di sini, kami mengatakan ‘alasan’ dan bukan ‘alasan’. Anda mungkin memiliki alasan dan berani mengatakannya di wajah mereka, baik atau buruk, tetapi, ada yang besar tetapi di sini. Sebutkan alasannya dengan bijaksana. Kebenaran tidak diharapkan dalam surat pengunduran diri tetapi alasan yang masuk akal pasti adalah.

 

Format Surat Pengunduran Diri

 

Tanggal

 

Untuk

Senior langsung

Penunjukan

nama organisasi

 

Subyek:

 

Salam,

 

Harap pertimbangkan ini sebagai aplikasi resmi pengunduran diri saya dari posisi penunjukan Anda di organisasi dari nama organisasi.

 

Badan Surat: Alasan pengunduran diri adalah __________. Saya akan / tidak akan dapat melayani periode pemberitahuan saya.

 

Saya meminta tanggal terakhir untuk menjadi hari kerja terakhir saya di sini. Saya akan dengan senang hati melatih pengganti saya dan juga melakukan pekerjaan ekstra di masa transisi ini.

 

(Opsional) Baris Terima Kasih:

 

Salam,

Namamu

Kode karyawan

 

Contoh Surat Pengunduran Diri

 

03/09/2012

 

Untuk

Jim Karter

Pemimpin tim

Sistem Perangkat Lunak Pusat

 

Subjek: Surat pengunduran diri

 

Salam,

 

Dengan ini, silakan mempertimbangkan surat ini sebagai aplikasi resmi pengunduran diri saya dari posisi Senior Web Developer dari Central Software Systems. Sungguh pembelajaran yang bagus dan pengalaman yang berkembang bersama Anda dan saya berharap yang terbaik bagi organisasi ini.

 

Alasan pengunduran diri saya adalah pindah ke kota lain. Saya menggeser basis saya di bulan berikutnya. Saya akan melayani periode pemberitahuan saya dan dengan senang hati akan melatih pengganti saya.

 

Tanggal bergabung saya adalah 14 Februari 2011 dan saya berharap hari kerja terakhir saya tepat setelah sebulan dari hari ini, 04/09/2012. Saya dengan senang hati akan berguna untuk melakukan pekerjaan ekstra juga dalam periode transisi ini.

 

Semoga Sistem Perangkat Lunak Sentral mencapai kesuksesan yang luar biasa. Terima kasih atas kerja sama dan dukungan Anda.

 

Salam,

Torsi Earnest

Pengembang Web Senior

Kode BAS 1246

 

Ingat bahwa surat pengunduran diri bersifat pribadi. Di beberapa organisasi ada format yang ditetapkan atau aplikasi yang dirancang untuk hal yang sama. Anda mungkin mengetahui apakah perusahaan Anda memilikinya, tetapi biasanya, orang memang harus menulis surat sendiri.

Berita Terkait