oleh

cara menggunakan audacity untuk memotong dan menggabungkan lagu

cara menggunakan software audacity

 

Pelitajakarta.com-Editor audio adalah perangkat lunak yang Anda gunakan untuk, antara lain, * drum roll * mengedit rekaman suara atau file suara. Salah satu perangkat lunak editor audio tersebut adalah Audacity. Audacity adalah salah satu perangkat lunak editor audio yang paling kuat namun sederhana di luar sana. Ini juga tersedia di semua 3 sistem operasi utama, yaitu Sistem Operasi Windows, Linux dan Mac OSX. Ini, ditambah dengan kesederhanaan perangkat lunak membuatnya menjadi editor audio paling populer sepanjang masa.

 

Audacity sebagai perekam

 

Audacity sangat baik dalam aspek ini karena menangkap dari hampir setiap input. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengambil dari ‘line-in’ Anda, memungkinkan Anda untuk mendigitalkan dan mengarsipkan beberapa koleksi kaset audio lama Anda dan banyak lagi.

 

Audacity juga memungkinkan Anda untuk mendubit trek di atas trek yang ada, hingga maksimum 16 trek, membuat beberapa file suara trek.

 

Audacity mendukung hampir semua format input file di luar sana termasuk WAV, AIFF, AU, OGG, MPEG2 dan MP3. Output dapat diekspor sebagai salah satu di atas dan juga OGG. Satu-satunya format file yang tidak didukung Audacity adalah format eksklusif Microsoft dan Apple WMA dan AAC

 

Audacity untuk mengedit

 

Pengeditan audio adalah fitur inti Audacity dan Anda dapat mengharapkan sebagian besar fitur dalam kategori ini. Tentang setiap alat pengeditan audio yang Anda perlukan didukung oleh Audacity.

 

Beberapa alat yang paling berguna termasuk mencampur, memotong, memudarkan dan mengurangi kebisingan. Anda juga dapat mengedit trek audio dengan fungsi memotong, menyalin, menempel, dan menghapus yang biasa. Jika Anda seperti saya yang cenderung membuat banyak perubahan sebelum memutuskan untuk kembali ke banyak proses, maka undo yang tidak terbatas, dan fungsi redo pasti akan menyenangkan.

 

Audacity juga dioptimalkan untuk mengedit file besar sehingga akan melakukannya dengan cepat tanpa banyak lag sama sekali.

 

Fungsi lain dari editor audio adalah untuk menambahkan efek suara ke trek yang ada. Anda mungkin pernah mendengar bagaimana beberapa video YouTube dilakukan secara profesional dengan semua efek suara keren. Anda dapat membuat trek suara profesional Anda sendiri dengan Audacity.

 

Dengan Audacity, Anda dapat mengubah nada dan tempo lagu Anda secara independen. Ini akan menciptakan efek gender-bender dan juga efek suara robot. Selain itu, Anda juga dapat bereksperimen dengan pengurangan kebisingan latar belakang, pemerataan suara, peningkatan bass, menambahkan gema, phaser dan efek wahwah hanya untuk beberapa nama.

 

Audacity untuk pengguna pemula dan lanjut

 

Sejauh fungsi berjalan, audacity benar-benar sebuah perangkat lunak editor audio yang lengkap tetapi keindahan Audacity adalah bahwa seorang pemula biasanya dapat memahami bagaimana segala sesuatunya bekerja dalam beberapa jam setelah menggunakannya. Sedangkan untuk pengguna tingkat lanjut, Audacity memang memiliki cukup fitur untuk mengambil seseorang berbulan-bulan jika tidak bertahun-tahun untuk menguasai setiap aspeknya. Semua fitur ini pada perangkat lunak lintas platform dan yang terbaik dari semuanya adalah yang menjadikan Audacity sebagai raja editor audio yang tidak perlu.

 

Audio Audacity Editor Audio

 

Ingin merekam audio streaming untuk situs web Anda tetapi tidak tahu harus mulai dari mana?

 

Editor audio audacity mungkin hanya apa yang Anda butuhkan.

 

Apa yang bisa dilakukan Audacity?

 

– Rekam Audio: Yang Anda butuhkan hanyalah mikrofon komputer dan Anda dapat membuat rekaman sendiri dengan program ini. Anda dapat menggunakan catatan dari program ini untuk membuat produk informasi, untuk menambah situs web Anda, untuk mendidik pasar Anda dan banyak lagi.

 

– Edit Audio: Jika Anda memiliki audio yang direkam sebelumnya yang ingin Anda muat dan edit Audacity dapat melakukannya juga untuk Anda.

 

– Konversikan Audio ke format mp3: Jika Anda ingin menyelenggarakan panggilan konferensi, Anda mungkin mendapatkan beberapa panggilan Anda direkam dalam format a.wav. Ini bukan format yang paling kompatibel untuk digunakan untuk banyak komputer dan karenanya Anda mungkin ingin mengonversinya menjadi mp3. Program ini dapat melakukannya untuk Anda.

 

Cara Mendapatkan Program Ini:

 

Audacity tersedia sebagai unduhan gratis. Cukup Google dan Anda akan menemukan halaman. Menginstal program ini cukup mudah. Ada sedikit langkah tambahan yang perlu Anda ambil namun jika Anda ingin memastikan audio Anda dalam format mp3 yang paling umum dan kompatibel. Anda harus mengunduh file ‘lumpuh’ dan kemudian ketika Anda pergi untuk mengubah audio Anda ke mp3 Anda harus menemukan file itu untuk menggunakan fitur.

 

Untuk siapa ini?

 

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya merekam audio Anda sendiri akan menjadi cara yang bagus untuk membuat produk informasi Anda. Rekam diri Anda sendiri membagikan informasi yang Anda miliki tentang topik yang Anda pilih menggunakan program ini dan Anda akan segera membuat produk yang bermanfaat. Rekaman audio juga dapat digunakan untuk banyak hal lain seperti menambahkan informasi yang berguna ke situs web Anda, membuat podcast, memposting artikel Anda ke versi audio, merekam buku ke audio dan banyak lagi.

 

Program itu sendiri adalah untuk siapa saja yang cukup melek komputer. Ini bukan program yang sulit untuk dipelajari. Anda dapat menjalankan dan menjalankan perekaman audio baru Anda dalam beberapa menit setelah instalasi.

 

Apa Kelemahannya?

 

Audacity adalah program yang bagus untuk merekam audio. Masalahnya kemudian menjadi bagaimana Anda membagikan audio itu dengan orang lain di situs web Anda. Sangat mungkin bagi Anda untuk mengunggah audio yang Anda buat ke hosting situs web Anda dan memungkinkan orang untuk mengunduhnya dari sana. Masalahnya adalah jika Anda memiliki jumlah audio yang Anda mungkin akhirnya mengambil banyak ruang hosting Anda untuk audio.

 

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan program seperti Audio Acrobat untuk meng-host dan streaming audio Anda. Streaming berarti audio akan diputar online tanpa ada pengunjung yang mengunduh terlebih dahulu kemudian memutar.

 

Keseluruhan Audacity adalah program yang bagus untuk digunakan. Ketika digunakan bersama dengan program hebat lainnya seperti Audio Acrobat, Anda memiliki solusi lengkap untuk merekam, hosting, dan streaming audio Anda di internet.

 

Tips Menggunakan Audacity – Perangkat Lunak Gratis Terbaik untuk Meretas Vinyl ke Mp3

Cara Menggunakan Audacity Untuk Karaoke

 

Anda harus selalu mengklik tombol rekam dan mulai merekam dalam Audacity sebelum Anda menempatkan jarum pada catatan. Jika Anda menempatkan jarum pada rekaman terlebih dahulu dan kemudian bergegas untuk mengatur Audacity untuk mulai merekam sebelum musik mulai diputar, Anda akan tergesa-gesa dan Anda mungkin akan melewatkan bagian pertama dari musik itu. Ingatlah bahwa suara bising yang tidak berhubungan, seperti jarum yang ditempatkan pada rekaman atau awal palsu lainnya, dapat dengan mudah diedit dari Audacity setelahnya.

 

Setelah merekam satu sisi rekaman, saya selalu menghentikan Audacity. Beberapa orang mungkin lebih suka mengklik tombol pause di Audacity, balik catatan, dan mulai merekam lagi menjadi satu file yang panjang. Namun, karena berbagai lagu pada catatan akan dipecah menjadi trek yang terpisah pada file digital, itu sama mudahnya untuk melakukan satu sisi pada satu waktu.

 

Saat merekam, elemen antarmuka penting Audacity yang perlu diperhatikan adalah meter input kiri dan kanan. Mereka akan “menari” atau mengisi sesuai dengan kerasnya musik. Keduanya harus menunjukkan sinyal yang sama kuatnya. Jika tidak, ada sesuatu yang salah dengan pemutar rekaman Anda, kabel Anda, pengaturan input suara Anda di komputer Anda, atau pengaturan tombol keseimbangan pada pemutar rekaman.

 

Hindari merekam pada level yang terlalu keras, atau “memotong”.

 

Input meter kiri dan kanan tampak hijau ketika mereka mendapatkan sinyal yang bagus dan kuat. Mereka harus mengisi hampir sepanjang jalan selama bagian keras untuk memastikan sinyal kuat yang baik. Namun, mereka seharusnya tidak berbelok ke “zona merah.” Ini berarti bahwa pemutar rekaman Anda disetel terlalu keras, menyebabkan “kliping,” atau catatan keras melebihi kisaran perekam, dan itu dapat menyebabkan distorsi dalam rekaman yang sudah selesai. Lebih baik membuat rekaman sedikit terlalu lembut daripada terlalu keras; Anda selalu dapat mengatur level pemutaran default lagu di iTunes nanti.

 

Saat lagu sedang direkam, Anda akan melihat “garis bergelombang” di Audacity menari tepat pada waktunya untuk musik. Ketika lagu selesai dan Anda menekan tombol stop Audacity, Audacity akan menghasilkan bentuk gelombang, atau representasi visual dari musik. Bentuk gelombang adalah tempat Anda mengedit.

 

Anda dapat menggunakan alat kaca pembesar di Audacity untuk memperbesar ke satu bagian dari bentuk gelombang untuk membuat pilihan yang tepat, seperti untuk menghapus ruang kosong di awal atau akhir album.

 

Untuk memilih bagian dari bentuk gelombang, seret alat balok-I ke bagian bentuk gelombang yang ingin Anda kerjakan, seperti halnya Anda akan menyeret kursor ke atas satu baris teks untuk menghapus beberapa kata. Lepaskan tombol mouse setelah Anda menyeret ke tempat yang diinginkan dan bagian gelombang itu akan disorot.

 

Jika Anda tidak menyorot area yang tepat, Anda dapat mengklik di mana saja dalam bentuk gelombang untuk membatalkan pilihan dan kemudian coba lagi. Ketika Anda puas, tekan tombol hapus pada keyboard Anda dan bagian rekaman yang tidak diinginkan akan dihapus.

 

Audacity memiliki filter yang mencoba untuk menghapus pop dan klik yang merupakan produk sampingan dari vinil, tetapi dalam semua kejujuran, itu tidak bekerja dengan baik. Sangat sulit bagi filter mana pun untuk menghilangkan kebisingan seperti itu tanpa menghilangkan sebagian dari suara juga. Saran saya adalah untuk tidak mencoba menghapus pop dan klik; hanya menganggapnya sebagai bagian dari “kehangatan” dan “kekayaan” vinil!

Berita Terkait