oleh

Cara Menghilangkan Sesak Nafas Secara Alami

cara mengatasi sesak nafas

Pelitajakarta.com-Merasa tersumbat karena sesak napas adalah masalah kesehatan yang umum bagi sebagian dari kita. Meskipun ada beberapa alasan di balik masalah ini, kita sering bingung menemukan alasan yang tepat yang menyebabkan ketidaknyamanan ini.

 

Meskipun pada kenyataannya sesak napas ini dapat terjadi karena berbagai alasan, kami kebanyakan menganggap asma sebagai pemicu universal. Akibatnya kita gagal mendapatkan bantuan jika kita mencoba pengobatan sendiri.

 

Solusi yang paling layak untuk menemukan alasan di balik masalah sesak napas adalah berkonsultasi dengan dokter dan untuk melakukan penyelidikan medis menyeluruh. Secara umum diamati bahwa ada beberapa alasan umum lainnya, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan pernapasan. Untuk lebih tepatnya, ada dua proses mekanis yang terlibat dalam pernapasan halus: satu adalah ventilasi dan yang lainnya adalah pernapasan. Masalah dalam salah satu dari kedua proses ini dapat menyebabkan kesulitan bernapas. Mari kita periksa di sini apa yang dapat menyebabkan penyimpangan.

 

Penyebab 1 sesak napas: kekurangan pasokan udara menyebabkan ketidaknyamanan

 

Ketika tubuh kita menuntut lebih banyak udara daripada persediaan biasanya, itu dapat menyebabkan sesak napas. Ada beberapa alasan umum di balik masalah ini. Ini adalah:

 

  • Sesi latihan yang berat,
  • Serangan jantung
  • Kejutan tiba-tiba membuat panik,
  • Karena infeksi parah pada tubuh (sepsis)

 

Kesamaan umum antara semua pemicu ini adalah karena beberapa situasi tubuh menderita, peningkatan permintaan oksigen atau ada kekurangan pasokan udara. Oksigen tambahan mungkin merupakan salah satu solusi paling efektif tetapi kadang-kadang kecuali alasan utama dirawat, pasien yang menderita sesak napas tidak dapat memperoleh bantuan sepenuhnya.

 

Penyebab 2 sesak napas: aliran udara tidak memadai

 

Masalah aliran udara yang tidak memadai biasanya disebabkan karena gangguan kesehatan tertentu. Hal ini dapat terjadi karena kerusakan fungsi organ tertentu yang terlibat dalam sistem pernapasan atau kadang-kadang beberapa penyakit dapat menyebabkan kondisi aliran udara yang tidak stabil ini. Penyakit atau kondisi umum yang menyebabkan pasokan udara tidak memadai,

 

  • Masalah kemacetan seperti asma atau COPD
  • Pembengkakan saluran udara, seperti pneumonia, CHF.

 

Dalam kedua kasus intervensi medis segera akan mengembalikan keadaan normal.

 

Penyebab 3 sesak napas: masalah dalam membawa oksigen dalam aliran darah

 

Beberapa situasi yang tidak biasa dapat terjadi di mana oksigen tidak dapat mencapai dari paru-paru ke seluruh bagian tubuh, terutama di otak. Terutama dua jenis gangguan kesehatan dapat menyebabkan masalah pernapasan seperti kondisi tidak stabil ini,

 

  • Keracunan karena karbon dioksida, yang mencegah sel darah merah menahan oksigen dari membawanya ke organ tubuh,
  • Masalah anemia berat menyebabkan kurangnya sel darah yang dibutuhkan untuk membawa oksigen.

 

Penyebab 4 sesak napas: Kekurangan Oksigen di Udara

 

Terkadang kekurangan oksigen di udara dapat menyebabkan sesak napas akut. Misalnya, di ketinggian yang lebih tinggi karena udara yang tipis pada waktu itu menjadi sulit untuk mendapatkan pasokan oksigen yang cukup saat bernafas. Demikian pula di ruang terbatas, karena pasokan udara segar yang tidak memadai atau tidak ada, menyebabkan kesulitan bernapas bagi orang yang tinggal di zona tanpa oksigen ini.

 

Kecemasan Nafas Nafas – Apa Bedanya Dari Kesulitan Bernafas Karena Serangan Panik?

 

Menderita sesak napas? Ini mungkin merupakan gejala serangan panik, serangan jantung, atau bahkan stroke. Jika Anda merasa sulit bernapas, Anda harus memastikan apakah itu benar-benar disebabkan oleh kecemasan atau tidak. Seperti namanya, kecemasan sesak nafas atau dispnea adalah jenis serangan panik yang membuat sulit bernafas dan menyebabkan seseorang menjadi sangat paranoid tentang kondisinya.

 

Tapi apa perbedaan antara serangan napas pendek dan serangan jantung, Anda mungkin bertanya-tanya. Sangat sulit untuk membuat perbedaan antara keduanya karena mereka memiliki beberapa kesamaan. Pertama, kecemasan sesak nafas ditandai dengan masalah gastro-intestinal seperti terbakar jantung, dan ini juga dialami oleh orang yang menderita serangan jantung. Kedua, kedua kondisi tersebut disertai dengan respons pertarungan atau lari atau perasaan bahaya yang mengancam. Ketiga, kecemasan karena sesak napas adalah gejala gangguan peredaran darah yang dipicu secara alami oleh tubuh dan pikiran. Terakhir, baik serangan jantung maupun serangan panik, korban kehilangan sensasi di bagian tubuh tertentu, sehingga sesak napas dapat disalahartikan sebagai salah satu dari kedua kondisi tersebut.

 

Sekarang, bagaimana Anda bisa tahu perbedaan antara kesulitan bernafas yang berhubungan dengan serangan jantung dan yang berhubungan dengan sesak nafas? Berikut ini adalah beberapa faktor yang harus dipertimbangkan:

  1. Jika sesak napas disertai dengan mati rasa atau nyeri pada lengan kiri
  2. Jika sesak napas disertai dengan rasa sakit di sisi kiri dada
  3. Berat orang dengan kesulitan bernapas
  4. Apakah orang tersebut memiliki catatan penyakit jantung bawaan

 

Faktor yang paling penting untuk dilihat adalah berapa lama biasanya sesak napas berlangsung. Biasanya, serangan panik berlangsung sekitar 10 menit. Jika sesak napas membutuhkan waktu lebih dari 30 menit, maka itu seharusnya merupakan pertanda kondisi yang lebih parah.

 

Kecemasan nafas pendek terjadi karena kombinasi beberapa impuls yang dikirim oleh ujung saraf di otot dada dan paru-paru ke sistem utama otak. Kombinasi impuls selanjutnya dikombinasikan dengan interpretasi seseorang dan persepsi sesak napas. Beberapa faktor memperburuk kesulitan bernafas, dan ini ditunjukkan oleh gejala kecemasan napas pendek berikut ini:

 

  1. Merasa dicekik, yang meningkatkan kepanikan dan kecemasan
  2. Kelelahan terasa saat otot-otot dada bergerak
  3. Peningkatan upaya yang dilakukan saat menghirup dan menghembuskan napas
  4. Perasaan mati lemas atau tiba-tiba merasa sesak di dalam dinding dada

 

Jadi apa yang harus Anda lakukan ketika sesak nafas? Hubungi dokter untuk melihat kondisi Anda. Jangan menunda kunjungan Anda ke dokter, jangan sampai kesulitan bernapas Anda akan menghukum Anda untuk waktu yang lama. Selain meminta bantuan dari spesialis, Anda dapat melakukan beberapa latihan untuk membantu Anda bernafas lebih mudah, apakah sesak napas disebabkan oleh serangan panik atau serangan jantung.

 

Cara Menghilangkan Sesak Nafas

 

Pernahkah Anda merasa sulit untuk menaiki tangga, mengejar anak-anak Anda di taman bermain, atau sekadar melakukan kegiatan sehari-hari? Jika demikian, Anda mungkin perlu mengambil langkah-langkah yang membuat Anda lebih mudah bernapas. Kerusakan paru-paru dan sesak napas tidak hanya menimpa orang yang menderita asma atau alergi. Saya telah merawat banyak pasien yang tidak termasuk dalam kategori ini. Mereka tidak perlu menggunakan obat resep untuk bernafas lebih mudah dan Anda juga tidak. Ada banyak solusi alami dan sangat mudah untuk memulihkan kesehatan pernapasan Anda.

 

Paru-paru Sehat untuk Semua Orang

 

Jika sesak napas merupakan masalah yang sering terjadi, sekarang saatnya untuk mengambil tindakan. Berjuang untuk bernafas dapat melemahkan dan merusak sistem pernapasan Anda seiring waktu. Ada banyak alasan untuk masalah pernapasan untuk menyerang, dari asma hingga penuaan hingga pertambahan berat badan. Jika Anda menderita asma, ikuti rencana perawatan dokter Anda, termasuk obat apa pun. Jika perawatan dokter Anda tidak berhasil, diskusikan alternatif dengannya sebelum membuat perubahan sendiri.

 

Jika Anda menderita alergi, kemungkinan dokter dapat membantu berdasarkan kebutuhan pribadi Anda. Jika Anda secara teratur merasa sesak napas dan tidak tahu mengapa, temui seorang profesional medis sesegera mungkin untuk diagnosis. Solusi alami berikut ini dapat membantu meningkatkan pernapasan Anda secara dramatis, tetapi sebaiknya tidak menggantikan perawatan dokter. Anda dapat mulai meningkatkan kesehatan pernapasan hari ini dengan beberapa perubahan gaya hidup sederhana.

 

10 Tips untuk Pernapasan yang Lebih Baik

 

1) Menghilangkan gejala alergi di dapur – Banyak bumbu dan makanan sehari-hari dapat membantu dengan alergi yang menyebabkan kemacetan dan batuk. Rendam eucalyptus, akar licorice, atau siung bawang putih yang dihancurkan dalam panci berisi air mendidih dan tarik napas. Eucalyptus mengurangi kemacetan, licorice membantu batuk, dan bawang putih melawan peradangan.

 

2) Pasangkan makanan Anda dengan Chianti yang bagus – Anggur merah Italia ini lezat dengan saus merah, tetapi anggur apa pun dapat meningkatkan kesehatan paru-paru, menurut penelitian. Meskipun para ilmuwan tidak yakin persis mengapa, mereka percaya antioksidan dalam anggur dapat melindungi paru-paru Anda dari kerusakan lingkungan.

 

3) Membuat saus tomat buatan sendiri (atau membuka kaleng) – Baik dimasak dari awal atau tidak, makan tomat tiga kali seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki lebih sedikit gejala seperti asma.

 

4) Nikmati lemak sehat – Ikan seperti salmon dan tuna sarat dengan asam lemak omega-3, yang memerangi peradangan dan dapat meningkatkan gejala alergi. Sumber lain dari lemak baik untuk Anda ini adalah makarel, sarden, halibut, kenari, biji rami, dan telur yang diperkaya omega-3.

 

5) Jangan biarkan berat badan Anda merayap naik – Orang dewasa kehilangan persentase massa otot tanpa lemak mereka setiap dekade. Ini menyebabkan metabolisme Anda melambat dan membakar lebih sedikit kalori setiap hari. Menambahkan kelebihan berat badan seiring bertambahnya usia dapat berdampak besar pada kapasitas paru-paru. Semakin besar berat badan Anda, semakin sulit sistem pernapasan bekerja untuk memasok oksigen ke tubuh. Lakukan latihan kekuatan dua hingga tiga kali per minggu untuk mempertahankan atau membangun otot dan meningkatkan pembakaran kalori.

 

6) Menuju pasar petani – Mengonsumsi beragam buah dan sayuran segar membuat paru-paru Anda lebih sehat. Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan, seperti vitamin C dan beta-karoten, melindungi sel-sel Anda dan berkontribusi pada pernapasan yang lebih baik. Bertujuan untuk setidaknya tujuh porsi setengah cangkir setiap hari.

 

7) Melihat gelas Anda setengah penuh – Sebuah penelitian besar di Universitas Harvard mengungkapkan bahwa orang-orang dengan pandangan hidup paling positif mengalami penurunan fungsi paru-paru lebih lambat daripada orang-orang yang cenderung melihat gelas setengah kosong.

 

8) Melompat – Sebenarnya, Anda tidak harus melompat atau melakukan rutinitas olahraga yang rumit untuk meningkatkan kesehatan paru-paru. Jalan cepat atau aktivitas mempercepat denyut nadi memperkuat jantung Anda dan membuat pernapasan menjadi lebih baik. Cobalah untuk menyesuaikan dalam 30 hingga 45 menit olahraga di sebagian besar hari.

 

9) Jauhkan racun – Tidak ada yang mau menghirup asap beracun atau bahan kimia, tetapi banyak dari kita mungkin menempatkan diri kita pada risiko dari zat berbahaya ini. Gunakan pembersih rumah tangga alami, atau gunakan dengan pembersih biasa di area yang berventilasi baik. Jika Anda menggunakan bahan kimia, kenakan masker pelindung.

 

10) Sebut saja – Jika Anda merokok, berhenti merokok akan meningkatkan kesehatan Anda sekarang dan untuk tahun-tahun mendatang. Perokok memiliki risiko emfisema, kanker paru-paru, dan stres pernapasan seiring bertambahnya usia. Sering ada sumber daya gratis atau berbiaya rendah yang tersedia di komunitas Anda untuk membantu. Mintalah bantuan dokter dan bersandar pada keluarga dan teman.

 

Apakah Anda menemukan kesuksesan dengan satu atau semua solusi alami ini, inilah paru-paru sehat dan pernapasan mudah selama bertahun-tahun!

Berita Terkait