oleh

Penyebab Dan Cara Mengatasi Cegukan Pada Bayi Baru Lahir

cara menghilangkan cegukan pada bayi

 

Pelitajakarta.com-Cegukan adalah proses yang sepenuhnya alami untuk memperkuat sistem pernapasan bayi. Meskipun sangat tidak nyaman melihat bayi Anda tersendat, ibu-ibu baru tidak perlu khawatir tentang hal itu karena ketika bayi tersendat, ia mengembangkan dan memperkuat dirinya sendiri. Apa yang terjadi adalah bahwa paru-paru membesar ketika bayi cegukan, dan dengan demikian, membantu mengembangkan paru-paru lebih lanjut. Ini mirip dengan apa yang dilakukan tangisan pada paru-paru bayi.

 

Cegukan yang terus menerus dapat mengganggu orang tua karena mereka tidak ingin apa pun menyebabkan ketidaknyamanan bagi bayi mereka tetapi setelah satu atau dua kunjungan ke dokter, mereka memahami bahwa cegukan ini tidak berbahaya. Bayi sering cegukan selama enam bulan pertamanya.

 

Namun, Anda tidak pernah tahu kapan insiden tragis dapat terjadi, jadi cobalah untuk membedakan tersedak dari cegukan. Jika Anda merasa bayi Anda terengah-engah dan sangat menangis maka segera bawa bayi itu ke rumah sakit terdekat. Dalam situasi seperti itu, penundaan bisa sangat fatal.

 

Cegukan adalah proses yang biasa bagi bayi; mereka mulai cegukan selama sistem pernapasan mereka dikembangkan di dalam rahim ibu. Ini membantu paru-paru bayi untuk terbiasa dengan kontraksi dan relaksasi. Pada trimester kedua, ibu-ibu dapat merasakan bayinya tersendat di dalamnya.

 

Cegukan tidak mengganggu bayi dan tidak menjadi sumber kecemasan atau stres di dalamnya. Mereka mungkin benar-benar menikmatinya sehingga orang tua tidak perlu khawatir sama sekali.

 

Cegukan tersentak dapat melemahkan bayi dan itu adalah reaksi alami. Setiap kali bayi terganggu, orang tua segera mencoba menenangkan bayi.

 

Secara tradisional, wanita terbiasa menepuk punggung bayi dengan ringan dalam posisi duduk atau memberinya sesuatu untuk diminum dalam jumlah kecil. Metode-metode ini masih digunakan dan sangat sukses. Jika bayi menyusui, maka tidak ada cara yang lebih baik daripada membiarkan anak mengisap puting ibu berukuran alami. Namun demikian, jika anak Anda menggunakan susu botol maka gunakan puting susu kecil untuk memberi makan anak selama cegukan sehingga tenggorokannya tidak dekat dengan susu yang banyak.

 

Cegukan pada Bayi – Fakta dan Informasi

 

Cegukan bukan hal baru ketika menyangkut bayi. Sebagian besar bayi dan bahkan orang dewasa mengalami cegukan dari waktu ke waktu. Anda harus tahu bahwa bahkan bayi yang masih di dalam rahim ibu sudah dapat mengalami cegukan. Tapi ini seharusnya tidak mengganggu Anda sebanyak orang tua baru. Anda harus tahu bahwa ini bisa terjadi pada semua orang.

 

PENYEBAB CEGUKAN

 

Cegukan terjadi ketika otot yang disebut diafragma berkontraksi. Otot ini sangat penting untuk pernapasan bayi Anda. Memberi makan sangat terkait dengan cegukan. Anda harus tahu bahwa ketika bayi Anda diberi makan, ia menelan banyak udara yang dapat merangsang diafragma Anda dan menyebabkan cegukan. Terlalu banyak udara di perut dapat merangsang otot Anda yang disebut diafragma.

 

Ada faktor-faktor lain yang telah dikaitkan dengan cegukan. Ini termasuk perubahan suhu dan penyakit refluks gastro esofagus atau GERD. Tiba-tiba turunnya suhu tubuh bayi Anda akan menyebabkan kontraksi otot dan akan menyebabkan cegukan. Penyakit refluks gastro esofagus atau GERD di sisi lain merangsang diafragma Anda dengan makanan yang keluar saat refluks terjadi.

 

PEMULIHAN CEGUKAN

 

Cegukan bukan masalah serius. Anda tidak perlu panik karena itu bisa terjadi pada siapa saja dan pasti akan hilang. Tetapi Anda dapat melakukan banyak hal untuk mempercepat pemulihan dari cegukan. Salah satu hal yang dapat Anda lakukan adalah menepuk bayi di punggungnya. Gerakan menepuk akan membantu bayi Anda mengeluarkan udara di dalam perutnya dan akan membantu menenangkan bayi Anda.

 

Ada orang yang menggunakan gula untuk menghentikan cegukan. Anda hanya perlu menaruh gula di ujung lidah bayi Anda. Mereka mengatakan bahwa ini akan mengarahkan perhatian saraf bayi Anda ke rasa gula dan dengan demikian akan membantu menghentikan kontraksi diafragma.

 

Anda harus selalu memeriksa lubang puting di botol bayi. Anda harus tahu bahwa udara yang berlebihan akan menyebabkan cegukan dan udara akan dengan mudah memasuki perut bayi Anda ketika puting susu terlalu lebar. Periksa apakah aliran ASI cepat atau lambat dengan memposisikan botol bayi terbalik.

 

Cegukan adalah kondisi biasa tetapi bisa sangat menjengkelkan baik bagi orang tua maupun bayinya. Anda harus menyadari bahwa Anda dapat melakukan banyak hal jika Anda ingin mengurangi kemungkinan bahwa bayi Anda akan mengalami cegukan seperti posisi yang tepat. Anda tidak boleh panik karena cegukan bisa hilang dengan sendirinya.

 

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Bayi

 

Semua orang suka bayi. Mereka bisa sangat menggemaskan, terutama ketika mereka tersenyum. Ada banyak kisah bayi yang kita miliki, seperti yang menceritakan malaikat pelindung dan mantra sihir. Di dunia nyata, bayi rentan terhadap segala hal duniawi seperti halnya setiap orang dewasa di luar sana, terutama dalam hal kondisi kesehatan. Faktanya, mereka secara alami lebih sensitif karena sistem tubuh mereka yang kurang berkembang. Dan satu cara fakta ini dapat terwujud adalah melalui cegukan yang tampaknya terlalu dini dan berlebihan.

 

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan cegukan tetapi satu kesamaan yang mereka miliki adalah, mereka cenderung memperbesar perut hingga efek yang cenderung ditekankan oleh organ ini pada diafragma. Cegukan terjadi ketika diafragma mengalami gerakan otot tak sadar. Biasanya, bayi berakhir dengan cegukan ketika mereka menelan udara bersama dengan susu yang mereka minum. Udara menggembungkan perut dan memberi tekanan pada diafragma di bawahnya, dan ini sekarang menyebabkan gerakan otot tak sengaja organ tubuh tertentu ini. Mekanisme ini benar, baik untuk bayi dan orang dewasa, tetapi bayi biasanya memiliki cegukan lebih sering, terutama mereka yang mengisap dari botol susu yang mengandung udara.

 

Cegukan umumnya tidak berbahaya dan harus dibiarkan begitu saja. Mungkin ada produk yang ditawarkan yang menjanjikan pertolongan untuk cegukan, tetapi mereka bisa tidak aman, terutama ketika mereka diberikan kepada anak tanpa nasihat dokter. Ada beberapa pengobatan rumahan, seperti memberi makan bayi dua sendok teh garam meja biasa yang dilarutkan dalam secangkir yogurt biasa. Satu sendok makan selai kacang juga dikatakan sebagai cara yang efektif untuk mengendalikan kondisi ini, meskipun ini tidak terbukti secara ilmiah. Obat tradisional ini telah digunakan oleh rumah tangga biasa dan telah diketahui berhasil. Meski begitu, semuanya juga tergantung pada usia bayi dan obat apa pun yang tidak terbuat dari bahan-bahan alami murni tidak boleh diberikan.

 

Akan tetapi, ada beberapa kasus ketika cegukan terjadi terlalu sering daripada yang biasa dikatakan dokter. Cegukan adalah akibat dari pergerakan otot diafragma yang tidak disengaja, dan jika itu terjadi terlalu sering, ini dapat mengindikasikan kondisi medis dengan penyebab mendasar yang lebih serius. Yang terbaik adalah membawa bayi ke dokter anak sehingga pengobatan dan perawatan yang tepat dapat diberikan. Tidak pernah bijaksana untuk mengobati sendiri, tidak peduli berapa banyak yang diketahui tentang kondisi ini. Bahkan seringkali tidak memerlukan obat, kecuali jika terbukti ada faktor yang lebih serius.

Berita Terkait