oleh

Pengunjung Sepi sejak Direlokasi, PKL Kawasan Kota Tua Akan Ditata Ulang

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Kota Tua mengeluhkan penurunan pendapatannya yang sangat drastis setelah direlokasi ke Jalan Cengkeh, Jakarta Barat. Menyikapi keluhan tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, menegaskan pihaknya akan membuat kajian di lapangan dengan melihat survei traffic konsumen.

“Kalau menata pusat-pusat ekonomi, apalagi khususnya untuk yang kelas menengah ke bawah, harus dilakukan dengan menggunakan data traffic orang berbelanja. Pemilihan tempat relokasi menjadi hal yang krusial di tengah melemahnya daya beli masyarakat sekarang ini,” kata Sandi di Balaikota Jakarta, Senin (23/10/2017).

PKL di kawasan Kota Tua sejak tiga pekan lalu, direlokasi ke Taman Kota Intan Jalan Cengkeh, atau sekitar 200 meter dari area Taman Fatahillah. Pemindahan para PKL tersebut, sekaligus sebagai langkah Pemprov DKI dalam proyek revitalisasi Kawasan Kota Tua, yang peresmiannya dilakukan Gubernur Djarot Saiful Hidayat pada 5 Oktober 2017 lalu.

Menurut Sandi, penataan PKL tidak akan berjalan jika tempat relokasi justru menjauhkan PKL dari pembelinya. “Nanti akan kami rapatkan, kami akan lihat datanya, karena kalau misalnya sudah direlokasi disana dan hasilnya kosong, mereka akan pindah lagi,” tandas Sandi.

Komentar

Berita Terkait