Beranda Berita Utama Keriaan Betawi Digelar di Jatinegara

Keriaan Betawi Digelar di Jatinegara

Keriaan Betawi Digelar di Jatinegara
Festival 'Keriaan Betawi Jatinegara 2017' digelar di gedung Eks Kodim Jakarta Timur, depan stasiun Jatinegara, 25-29 Oktober 2017.

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Pagelaran Seni Budaya Betawi bertajuk ‘ Jatinegara 2017’ akan digelar di gedung Eks Kodim Jakarta Timur, Jalan Raya Bekasi Timur no. 76, atau tepatnya di depan stasiun Jatinegara, pada 25-29 Oktober 2017. Selain diisi dengan beragam pertunjukan kesenian Betawi serta bazaar aneka kuliner khas Betawi dan pertunjukan layar tancap, dalam kegiatan ini juga diadakan disksusi publik yang mengetengahkan topik ‘Melahirkan Juragan-Juragan Muda Betawi’.

Informasi ini disampaikan mantan Deputi Gubernur bidang dan Kebudayaan, yang juga mantan Cawagub DKI Jakarta pada Pilkada 2017 lalu, Sylviana Murni, yang mendatangi dan menemui Wagub DKI, Sandiaga Uno.

“Saya ingin minta restu dan ingin beliau hadir. Kegiatannya mulai tanggal 25 sampai tgl 28 Oktober 2017. Dan pada tanggal 29 Oktober 2017 akan dilakukan grand launching Gerbang Betawi. Jadi saya ingin Pak Gubernur dan Wakil Gubernur datang bersama keluarga ikut dalam ini,” kata Sylviana di Balaikota Jakarta, Selasa (24/10/2017).

Baca Juga:  Anies Baswedan Minta Kampus UIC Angkat Pemikiran Ibnu Chaldun

Sylvi selaku ketua panitia menjelaskan kegiatan ini diadakan untuk membantu mengembangkan kebudayaan Betawi. Dalam pertemuannya dengan Wagub Sandiaga Uno, Sylvi juga menyampaikan bahwa kegiatan ini tidak melibatkan dana APBD, melainkan support dalam bentuk penyediaan toilet kebersihan dan ambulance. “Jadi tidak dalam bentuk uang,” kata Sylvi.

Disebutkan Sylvi, dalam rangkaian ‘ Jatinegara’ ini, akan dilakukan grand launching Gerakan Kebangkitan Betawi (Gerbang Betawi), sekaligus penandatanganan MoU untuk menjalin kerja sama serta dukungan terkait program pembangunan Gubernur dan Wakil Jakarta -Sandiaga Uno.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Gerbang Betawi, Dr Ashari, dalam siaran persnya, menjelaskan, menciptakan sumber daya manusia dengan intelektual, profesional, dan moralitas yang mandiri dan bermanfaat bagi masyarakat luas.

Dijelaskan pula, saat ini telah dibentuk pula enam tim khusus pembuat Lima Usulan Kemitraan sesuai dengan visi, misi, dan filosofi Gerbang Betawi. Kelimanya adalah pendidikan, budaya dan pariwisata, ekonomi produktif dan lingkungan hidup.