by

Cara Menghapus Virus Di Laptop Menggunakan Windows Defender

Pelitajakarta.comCara Menghapus Virus Di Laptop. Setiap orang mengenal istilah virus komputer. Virus adalah pengganggu yang mengerikan dan tidak terduga yang mengubah efisiensi sistem Anda tanpa perhatian Anda. Keberadaan virus dapat menyebabkan kerusakan pada berbagai file dan pendaftar sistem operasi. Virus dikategorikan sebagai Trojan, malwares, spywares, adware dll. Lebih lanjut, itu mempengaruhi aplikasi perangkat lunak internal komputer dan jika tidak diperbaiki pada waktunya, menyebabkan kegagalan sistem.

 

Fitur

 

Virus komputer adalah kode aplikasi rouge yang telah dibuat oleh seseorang dengan tujuan menyebabkan cacat perangkat keras dan lunak di komputer. Virus adalah kode aplikasi yang membuat data Anda rusak atau mencuri untuk beberapa pengguna yang tidak dikenal. Beberapa dampak buruk dari virus komputer adalah-

 

* Penurunan bertahap dalam kinerja sistem – Virus menghentikan kerja berbagai file registri sistem operasi, menyebabkan kinerja sistem yang lambat.

* Banyak kesalahan aplikasi – Modifikasi dalam program perangkat lunak menyebabkan tidak berfungsinya program aplikasi.

* Random reboots – Perubahan pada aplikasi perangkat lunak menyebabkan pembekuan dan penghentian sistem secara tiba-tiba.

* Popup yang tidak perlu – Mengganggu Anda dengan popup yang mengganggu pada saat booting.

 

Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk melindungi sistem Anda dari dampak buruk virus-

 

LANGKAH 1-Segera setelah sistem Anda merasakan keberadaan virus di dalamnya, cukup hapus sistem Anda dari jaringan dan Internet juga. Juga, cabut kabel kawat jaringan.

 

LANGKAH 2-Unduh dan instal perangkat lunak keamanan antivirus dan lakukan pemindaian PC Anda.

 

LANGKAH 3-Lakukan pengembalian sistem PC sebelum menginstal perangkat lunak keamanan antivirus. Pergi ke “Mulai” dan kemudian klik “program” dan kemudian, klik “aksesoris”. Pilih “system tools” dan akhirnya klik “system restore”.

 

LANGKAH 4-Juga, Anda dapat menghapus virus secara manual dari sistem dengan menghapus file dan mendaftar secara manual.

 

Cara Menghapus Virus Di Laptop
Cara Menghapus Virus Di Laptop

Kegunaan

Unduh dan instal program keamanan antivirus. Jalankan pengaturan perangkat lunak antivirus tertentu dan lakukan pemindaian lengkap sistem Anda.

 

Batasan

Ada sejumlah besar program keamanan antivirus palsu, yang tidak boleh diunduh. Beberapa perangkat lunak keamanan antivirus palsu adalah alat keamanan dan antivirus pro2009. Jadilah sangat pemilih dengan jenis perangkat lunak keamanan antivirus.

 

Rekomendasi

Jika Anda masih merasa tidak nyaman dalam pemasangan antivirus dan memperbaiki virus komputer dari sistem Anda, saya sarankan Anda untuk mengakses layanan untuk organisasi teknis untuk perlindungan virus.

 

Cara Menghapus Virus Di Laptop

5 Teknik Penghapusan Virus Profesional

 

Penghapusan virus bisa rumit untuk pemilik komputer rata-rata. Ini karena, tergantung pada virus yang Anda tangkap, terkadang fungsi dan aplikasi yang dapat dijalankan terbatas. Dalam beberapa kasus virus ini sangat buruk sehingga fungsi Ctrl + Alt + Delete bahkan tidak dapat dilakukan. Profesional menggunakan beberapa teknik yang berbeda dan lebih rumit untuk menghilangkan virus di desktop atau laptop Anda. Teknik-teknik ini berada di atas tingkat menjalankan perangkat lunak anti-virus dan mengklik beberapa tombol berbeda untuk menyelesaikan pekerjaan dan merupakan alasan terbesar orang beralih ke profesional ketika teknik sederhana itu tidak memotongnya.

 

Menghubungkan Kembali Hard Drive

 

Salah satu teknik yang digunakan oleh profesional adalah untuk melepaskan hard drive dari komputer yang terinfeksi dan menghubungkannya kembali ke komputer yang memiliki perangkat lunak anti-virus terbaru yang diinstal di dalamnya. Ini bagus untuk komputer yang telah terinfeksi dan tidak dilindungi oleh perangkat lunak anti-virus. Hard drive dibersihkan oleh komputer yang bersih. Terlalu sering, komputer mendatangi para profesional yang telah tertular virus dan sama sekali tidak memiliki perlindungan apa pun oleh perangkat lunak anti-virus, sehingga diperlukan untuk benar-benar melepaskan hard drive yang terinfeksi dan menyambungkannya kembali ke yang dilindungi.

 

Mode aman

 

Mem-boot komputer ke safe mode akan, dengan sejumlah virus, memberi sang spesialis sedikit lebih banyak ruang gerak untuk masuk ke sana dan menghapus virus itu sendiri tanpa harus menggunakan opsi yang lebih drastis seperti melepaskan hard drive. Dalam mode aman, virus yang lebih ringan disimpan di tempat sampai pekerja dapat bermanuver dan membersihkan virus. Safe mode juga dapat menjaga komputer Anda aman dari virus tambahan sampai yang pertama bisa diatasi.

 

Pasang kembali Hard Drive

 

Kadang-kadang dengan virus ketangguhan sedang, memasang kembali hard drive dapat memberikan komputer kesempatan untuk berkumpul kembali dan berjuang lebih keras untuk memungkinkan profesional menghapus virus secara manual. Menginstal ulang hard drive adalah salah satu “tindakan drastis” yang tercantum di atas, karena itu jauh lebih sulit daripada menjalankan perangkat lunak anti-virus seperti dengan hama virus yang lebih kecil.

 

Pemulihan Sistem

 

Dalam kasus di mana virus belum sepenuhnya membatasi jumlah opsi yang dapat kita gunakan untuk menghapus virus, pemulihan sistem dapat dicapai. Pemulihan sistem dapat sepenuhnya menghapus hard drive, menyebabkan Anda kehilangan segalanya, atau mereka dapat mengembalikan komputer Anda ke tanggal sebelum saat masalah dimulai, kembali ke masa ketika virus tidak ada. Pemulihan sistem bisa sangat efektif, tetapi para profesional sebaiknya melakukannya untuk mencegah lebih banyak kehilangan data daripada yang diperlukan.

 

Anti-Virus Tingkat Lanjut

 

Perangkat lunak anti-virus yang Anda beli di toko dan instal di komputer Anda seringkali cukup sederhana dan berfungsi paling baik untuk virus yang sederhana dan tidak rumit. Akan tetapi, virus yang keras dan melemahkan kadang-kadang membutuhkan perangkat lunak anti-virus yang lebih canggih dan kompleks. Perangkat lunak seperti ini paling sering digunakan oleh para profesional dan memungkinkan mereka untuk lebih memahami virus (terutama yang sulit) dan menghilangkannya dengan lebih menyeluruh.

 

Cara Menghapus Virus
Cara Menghapus Virus

 

Cara Menghapus Virus Di Laptop

Cara untuk Meningkatkan Kinerja Laptop Anda

 

Komputer yang dibeli baru dapat bekerja lebih cepat tetapi seiring berjalannya waktu, kinerjanya menurun dan mungkin tidak berjalan pada kecepatan yang sama seperti sebelumnya. Ini umumnya terjadi karena sistem dipenuhi dengan semakin banyak aplikasi dari waktu ke waktu dan kadang-kadang bahkan Virus atau file berbahaya dalam sistem dapat menyebabkan masalah ini.

 

Ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk meningkatkan kinerja laptop Anda:

 

  1. Bebaskan ruang hard disk Anda.

Disk Cleanup adalah salah satu utilitas yang tersedia di windows yang akan membantu Anda untuk membersihkan hard disk laptop Anda dengan menghapus file yang tidak digunakan.

Untuk menjalankan utilitas ini, klik Mulai dan pilih Jalankan.

Ketik “cleanmgr” di jendela Run dan klik OK.

Sekarang, ini akan membuka jendela Disk Cleanup di mana Anda dapat memilih opsi seperti file Internet Sementara atau Empty Recycle Bin, dll untuk membersihkan hard disk Anda.

Anda juga dapat membuka Pembersihan Disk dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

 

  1. Klik kanan pada disk dan pilih Properties.

 

  1. Pada tab General, klik Disk Cleanup.

Anda juga memiliki tab Opsi lainnya di mana Anda dapat menghapus Komponen Windows yang tidak digunakan, Program yang tidak digunakan dan bahkan menghapus titik pemulihan lama untuk membebaskan ruang hard disk di laptop Anda.

Itu selalu lebih baik untuk menghapus program yang tidak lagi digunakan karena ini dapat menghemat ruang pada hard disk.

 

  1. Memperbaiki kesalahan sistem file dan memulihkan sektor buruk hard disk.

Kami mungkin tidak melihat kesalahan sistem di hard disk kami yang dapat mengurangi kecepatan laptop Anda, menghapus atau memperbaiki kesalahan ini dapat meningkatkan kecepatan PC hingga batas tertentu. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan opsi Periksa Sekarang.

 

Pilih disk dan klik kanan padanya dan klik Properties.

 

Klik pada tab Alat, pilih Periksa Sekarang dan di jendela Periksa Disk yang muncul, pilih Perbaiki secara otomatis kesalahan sistem file dan Pindai untuk dan coba pemulihan sektor buruk dan mulai proses dengan mengklik Mulai.

Di jendela Memeriksa Disk klik Ya untuk me-restart komputer. Disk akan dipindai untuk mencari kesalahan sistem file setelah laptop dihidupkan ulang.

 

  1. Mendefrag hard disk

Ketika Anda menyimpan file di disk, biasanya terfragmentasi menjadi file kecil dan file-file ini disimpan di lokasi yang berbeda di disk. Saat Anda membutuhkan file, hard drive menggabungkan file-file ini di lokasi yang berbeda menjadi satu file dan kemudian memberi Anda file asli. Proses ini memperlambat kecepatan komputer Anda dan Anda dapat menghindarinya dengan menggunakan Disk Defragmenter di windows yang dapat mendefrag file-file ini pada hard disk sehingga mudah untuk mengambil file.

 

Untuk membuka Disk Defragmenter, klik kanan pada disk dan pilih tab Tools.

 

Pilih Defragment Sekarang dan di jendela Disk Defragmenter yang muncul pilih Analyze untuk menganalisis dan setelah selesai Anda dapat memulai Defragmentasi dengan mengklik pada Defragment.

6.Menghapus Virus dan Spyware menggunakan perangkat lunak Antivirus dan Antispyware

Pastikan sistem Anda bebas dari Virus atau Spyware karena ini tentunya mempengaruhi kinerja laptop Anda. Jika Anda tidak menginstal perangkat lunak antivirus di sistem Anda dan jika Anda mencari yang gratis, maka Anda dapat menggunakan AVG Anti-Virus versi gratis dan Spyware yang tersedia gratis adalah Spybot S&D (Search and Destroy).

 

7.Membersihkan registri dapat membantu Anda meningkatkan kinerja komputer

sedikit banyak. (Jika Anda memiliki perangkat lunak pembersih registri, gunakan secara teratur untuk menjaga registri sistem Anda tetap bersih).

 

CCleaner adalah salah satu perangkat lunak terbaik yang dapat digunakan untuk menghapus file sementara, mengosongkan Keranjang Sampah, menghapus entri registri yang salah.

 

CCleaner adalah unduhan gratis.

 

8.Menghapus Spyware atau Virus menggunakan alat Windows Defender dan Windows Malicious Software Removal.

Berbeda dengan berbagai antivirus dan alat antispyware yang tersedia, kami memiliki alat Windows seperti Windows Defender dan alat Penghapusan Perangkat Lunak Berbahaya Windows.

 

Alat-alat ini mirip dengan perangkat lunak antivirus tetapi tidak sekuat Norton, McAfee, dll.

 

Windows Defender dapat diunduh secara gratis dari situs web unduhan Microsoft.

 

  1. Nonaktifkan Program Startup yang jarang digunakan

Nonaktifkan Program yang jarang digunakan dari Startup untuk mengoptimalkan PC Anda.

 

Anda dapat menghapus program ini dari tab Mulai di jendela System Configuration Utility.

 

Ketik msconfig di Jalankan dan klik OK. Di jendela System Configuration Utility, pilih tab Start dan nonaktifkan program yang tidak diperlukan saat Startup.

 

Catatan: Jangan menonaktifkan program terkait windows.

 

Baca juga : Bagaimana Cara Mendownload Game Di Laptop?

 

  1. Menjaga sistem Anda tetap terbaru.

Perbarui windows secara teratur untuk kinerja yang lebih baik dan perbarui driver serta alat Antivirus atau Antispyware.

 

  1. Anda dapat menyetel laptop Vista Anda dengan menggunakan TweakVI edisi gratis dasar untuk meningkatkan kinerja sistem Anda dan Anda dapat menggunakan TweakUI (Salah satu alat Microsoft PowerToys) untuk Windows XP.

 

Cara Menghapus Virus Di Laptop. Hapus Virus dan Cacing Komputer Dari PC Anda

 

Untuk menghapus virus dan worm komputer dari PC atau laptop Anda, Anda harus menginstal program antivirus. Sebelum Anda melakukannya, Anda harus tahu sedikit tentang virus dan worm. Ini akan membantu Anda membuat keputusan yang tepat dalam memilih antivirus Anda.

 

Virus komputer pada dasarnya adalah program komputer yang berisi potongan kode. Sama seperti flu biasa, beberapa virus ini bisa relatif tidak berbahaya, tetapi yang lain bisa mematikan. Untungnya, program antivirus dapat menghapus virus, selama mereka dapat mengidentifikasi mereka.

 

Banyak orang membeli perangkat lunak antivirus di luar kotak atau mengunduhnya dan berpikir pekerjaan itu selesai. Namun, antivirus Anda harus diperbarui secara teratur, bahkan setiap hari, memastikan bahwa itu mutakhir dan dapat mencari dan menghapus semua virus baru. Peretas komputer bekerja setiap hari untuk membuat virus baru. Antivirus Anda juga harus berfungsi setiap hari, untuk menemukan yang baru.

 

Cacing sedikit berbeda dari virus. Mereka dapat mereplikasi diri mereka sendiri dan menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya. Anda mungkin mendapatkan cacing dan kemudian secara tidak sadar mengirimkannya ke surel lain. Dimungkinkan juga untuk menghapus worm dari satu tempat di komputer Anda hanya untuk menginstalnya kembali dari lokasi lain.

 

Selain menginstal program antivirus yang baik, ada beberapa tindakan pencegahan lain yang harus Anda ambil untuk menghindari menginfeksi komputer. Pertama, gunakan firewall. Firewall memblokir virus dan worm sebelum mereka dapat masuk ke komputer Anda. Kedua, perbarui sistem operasi komputer Anda secara teratur.

 

Selain itu, selalu berhati-hati dalam membuka lampiran email. Pastikan antivirus atau layanan email Anda memindai semua lampiran sebelum membukanya.

 

Jika Anda mengambil tindakan pencegahan yang wajar, Anda dapat melindungi komputer Anda dari virus dan worm. Tidak sulit. Perangkat lunak antivirus melakukan kerja keras. Hanya ingat untuk memperbaruinya setiap hari atau mengaturnya untuk pembaruan otomatis. 

 

Berita Terkait