oleh

Tips Memelihara Ikan Guppy Untuk Pemula

ikan guppy afr

 

Pelitajakarta.com-Banyak dari mereka suka membiakkan guppy dan berpikir demikian; ini mudah dilakukan. Hal-hal utama yang diperlukan untuk berkembang biak adalah tangki air, air, dan guppy. Tuang air ke dalam tangki air dan masukkan guppies ke dalamnya. Jika Anda ingin membiakkan anak anjing maka ini adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan.

 

Pertama-tama pikirkan sendiri berapa banyak dari mereka yang Anda inginkan untuk berkembang biak dan pilih tangki lima galon atau sepuluh galon sehingga guppy dapat dengan mudah bergerak di dalam air. Berhati-hatilah agar air tersebut harus didaur ulang secara teratur sehingga Anda tidak akan menemukan jejak amonia atau nitrit. Bagilah ikan kecil dan ikan besar ke dalam tangki yang berbeda sehingga ikan besar tidak bisa memakan guppy. Pilih rentang guppy yang sama dan cobalah untuk menghindari guppy yang berbeda. Tambahkan garam ke dalam air karena guppy hidup lebih baik dalam air asin.

 

Asupan makanan untuk ikan guppy

Untuk memberi makan guppy, Anda harus memvariasikan makanan agar mereka hidup lebih baik, lebih sehat, dan lebih bahagia. Beri mereka makan dengan cacing hitam, udang air asin, dan beberapa makanan yang khusus dibuat untuk ikan guppy. Cobalah memberi makan berbagai hal berbeda setiap hari.

 

Kiat untuk membeli

Tidak masalah jika Anda mencari guppy pria atau wanita. Banyak orang memilih untuk mengambil guppy jantan dan betina. Anda dapat menemukan banyak dari mereka di toko lokal Anda atau di mal akuarium di mana Anda dapat menemukan jenis ikan Anda. Karena guppies datang dalam berbagai warna dan ukuran, lebih baik memilih warna dan ukuran yang lebih menarik bagi Anda. Sebelum pergi untuk membeli ikan, lakukan riset tentang ikan guppy ini sehingga Anda akan memiliki pengetahuan dan memilih ikan yang selalu Anda sukai.

 

Untuk mencapai sifat yang Anda inginkan, Anda harus mengikuti teknik pemberian makan dan daur ulang yang membantu mereka berkembang biak dengan baik. Jika Anda membiakkan mereka dari ayah mereka, maka ada kemungkinan lebih besar bahwa guppy ini akan tumbuh dengan cepat dan mereka menjadi lebih sehat.

 

Umumnya beberapa guppy tidak tumbuh dengan cepat, jika Anda ingin menjauhkannya dari tangki maka cara terbaik adalah memberikan guppy itu kepada seseorang yang mungkin tertarik atau menempatkan guppy itu di dalam kantung berisi air dan menempatkannya di kulkas dan mereka akan berhenti hidup.

 

 

Belajar Memberi Makan Ikan Guppy dengan Benar!

 

Guppies sangat produktif sehingga banyak orang membeli sepasang dengan harapan membiakkan mereka untuk kesenangan atau keuntungan. Beberapa pemula, sayangnya, berpikir bahwa karena satu perempuan akan memiliki 30 hingga 60 bayi setiap empat minggu, mereka hanya dapat membesarkan bayi ikan guppy dengan sembarangan dan berharap yang terbaik. Jika kelompok benih (ikan yang baru lahir) mati karena kelalaian, hanya ada waktu singkat untuk menunggu sebelum upaya selanjutnya dapat dilakukan.

 

Ini bukan cara ideal untuk belajar cara memelihara ikan guppy. Tujuan keseluruhannya adalah untuk menumbuhkan ikan dewasa yang sehat yang sebenarnya orang ingin simpan di akuarium rumah mereka. Jika ini tidak dilakukan, maka akuarium pemelihara ikan pemula bisa menjadi dibanjiri dengan ikan berkualitas buruk – yang menyebabkan kekecewaan. Ada beberapa tips tentang diet bayi ikan guppy jantan yang tepat yang dapat membantu siapa saja membesarkan orang dewasa yang sehat!

 

1 – Beri makan berbagai makanan. Di alam, ikan memakan apa pun yang mereka temukan yang bisa mereka cerna. Ini berarti bahwa mereka sering makan sesuatu yang belum mereka cerna baru-baru ini. Ini adalah keuntungan yang jelas karena tidak ada dua makanan yang memiliki nilai gizi yang sama. Berbagai makanan yang diberikan kepada kelompok bayi guppy akan meniru naluri alami ini. Beberapa makanan yang perlu dipertimbangkan adalah microworms, daphnia, dan cacing grindal.

 

2 – Sering memberi makan. Kiat terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan guppy adalah memberi mereka makan secara teratur. Memberi makan hingga 6 kali sehari dapat memastikan perut mereka hampir selalu penuh. Perut penuh berarti nutrisi dan energi selalu diambil dan dikonversi menjadi massa otot dan organ / jaringan lain!

 

3 – Pilih makanan Anda dengan bijak. Ikan muda tertarik oleh makanan yang bergerak. Perhatian mereka terekam saat serpihan makanan mengapung. Makanan hidup melakukan pekerjaan ini dengan lebih baik! Ikan yang diberi makan makanan hidup harus berenang setelah makan – mengembangkan otot yang lebih kuat. Makanan serpihan masih merupakan aspek penting dari setiap diet bayi guppy, jadi jangan hanya mengandalkan makanan hidup!

 

 

Guppy Fish – Sempurna Untuk Aquarist Pemula

 

Ikan guppy fantastis untuk individu yang baru memulai sebagai aquarists. Mereka dianggap gampang-gampangan, dan tidak agresif dalam temperamen. Yang paling penting, mereka adalah ikan yang kuat dan sangat pemaaf kepada para pemula yang mungkin pemilik ikan pertama kali.

 

Ikan Guppy Atau Poecilia Reticulata

 

Secara ilmiah dikenal sebagai Poecilia reticulata, guppy pertama kali ditemukan di perairan segar dan asin di Amerika Tengah dan Selatan. Mereka dengan cepat mengumpulkan nama panggilan, millionfish, karena kemampuan mereka untuk bereproduksi dengan cepat dan dalam jumlah besar. Sejak ditemukan, guppy telah diperkenalkan ke setiap benua kecuali Antartika.

 

Apa yang membuat banyak peminat ikan terpesona adalah variasi dalam biakan guppy. Betina cenderung lebih besar daripada rekan-rekan pria mereka dengan panjang 1,5 hingga 2,5 inci. Jantan lebih kecil sekitar 1,0 hingga 1,5 inci, tetapi mereka cenderung lebih berwarna.

 

Betina didominasi warna abu-abu, meskipun mereka dapat memiliki beberapa variasi warna dan polanya. Guppy jantan cenderung lebih cerah dan mengambil warna merah, hijau, dan biru dengan bintik-bintik dan garis-garis di tubuh mereka. Variasi ini membuat pembiakan kombinasi baru guppy sangat populer di kalangan aquarists.

 

Ikan komunal

 

Ikan guppy adalah ikan komunal, menjadikannya ciri yang menarik bagi pecinta ikan. Mereka ada secara damai dengan guppy lain, lebih memilih untuk bersama daripada sendirian di tangki. Sayangnya, mereka tidak hidup dengan baik dengan semua jenis ikan, terutama yang lebih besar dan lebih cenderung membawa camilan ke ekornya. Setiap kali memilih ikan untuk disatukan dalam akuarium, sangat penting untuk duduk dan meneliti apakah ikan yang Anda rencanakan akan berinteraksi dengan baik atau jika seseorang dapat bertindak sebagai predator dari yang lain.

 

Persediaan Ikan Guppy

 

Ketika memulai sebagai pemilik ikan guppy ada beberapa persediaan penting untuk menjaga mereka bahagia dan sehat. Item pertama adalah akuarium yang paling jelas. Apa yang mungkin tidak sejelas akuarium ukuran apa yang akan dibeli. Guppy yang sendirian harus memiliki akuarium tidak kurang dari 5 galon. Dengan sekelompok guppy, tangki 10 hingga 20 galon optimal.

 

Persediaan kedua dan ketiga bekerja sama; pemanas dan termometer. Suhu air di dalam tangki harus tetap sekitar 75 hingga 82 derajat Fahrenheit untuk meniru lingkungan alami mereka. Suhu yang lebih dingin atau lebih hangat maka ini dapat merusak guppy, sering menyebabkan mereka stres.

 

Pasokan keempat sama pentingnya untuk menjaga akuarium serupa dengan lingkungan alami mereka, dan itu adalah indikator pH. Paling sering berasal dari air yang hangat dan asin, guppy lebih suka hidup dalam lingkungan pH antara 6,8 dan 7,6. Untuk menjaga kadar air garam, ransum terbaik adalah satu sendok makan garam untuk setiap lima galon air. Selain itu, batu udara membantu memaksa oksigen masuk ke dalam air yang sangat dibutuhkan ikan.

 

Lingkungan akuarium tidak akan lengkap tanpa pasokan kelima, yaitu tanaman, batu, dan cabang. Sudut kecil dan celah dekorasi akuarium ini menyediakan guppies dengan tempat yang aman untuk beristirahat dan bersembunyi.

 

Keenam, akuarium harus memiliki filter. Ini datang dalam berbagai bentuk, dan dua yang paling cocok untuk guppies adalah filter spons besar dan filter kotak di dalam.

 

Akhirnya, kerikil tangki, jaring ikan, dan scraper alga, penting untuk memelihara akuarium guppy.

 

Ikan guppy yang matang sepenuhnya tidak akan diberi makan lebih dari dua kali sehari. Memberi makan berlebihan pada ikan menyebabkan pengumpulan makanan yang tidak dimakan di dalam air dan menjadi polutan. Serpihan ikan tropis bekerja dengan baik, tetapi makanan hidup lebih menyehatkan bagi ikan guppy. Makanan hidup yang populer termasuk udang air asin, lalat buah, ganggang, dan cacing tanah.

Kebiasaan makan guppy adalah bagian dari alasan mereka diperkenalkan ke banyak lingkungan alami. Mereka cenderung menikmati makan jentik nyamuk. Di daerah-daerah yang mengalami wabah malaria, metode pengendalian nyamuk yang populer adalah membawa guppy ke tempat berkembang biaknya. Ini memiliki beberapa dampak buruk pada spesies ikan lain di beberapa sistem air yang bersaing untuk sumber makanan lainnya. Namun, metode ini tetap sebagai metode yang murah dan efektif untuk menghilangkan nyamuk di banyak bagian dunia.

 

Ikan guppy sangat populer di kalangan aquarists pemula yang sedang belajar cara membiakkan ikan. Guppy melakukan persalinan langsung daripada bertelur. Anak-anak mereka disebut sebagai anak ayam. Guppy yang hamil harus dipindahkan ke akuarium mereka sendiri untuk dilahirkan, atau memiliki jaring bersalin di tangki dengan lubang kecil yang bisa ditembus oleh benih, tetapi guppy yang matang tidak dapat menembus. Setelah guppy betina melahirkan, ia harus dikembalikan ke populasi guppy dewasa lainnya.

 

Goreng harus memiliki ruang akuarium sendiri hingga 5 galon. Mereka mampu makan banyak makanan yang sama dengan guppy dewasa, dan tidak boleh diperkenalkan kepada orang dewasa sampai mereka setidaknya satu inci dalam ukuran, yang akan memakan waktu sekitar 3 hingga 4 bulan. Selama periode waktu ini, benih akan membutuhkan 4 hingga 5 kali sehari.

 

Masa kehamilan untuk guppy relatif singkat dan berlangsung antara tiga dan empat minggu. Cara terbaik untuk mengetahui apakah seorang guppy akan melahirkan adalah visual dan mudah dikenali. Sebelum lahir, mata goreng bisa dilihat melalui kulit bening ibu yang terentang di tubuhnya. Selama kelahiran, anak ayam dijatuhkan dari tubuh ibu dan segera memiliki naluri bertahan hidup, karena mereka akan berenang ke tempat yang aman. Proses kelahiran akan memakan waktu sekitar satu jam dan menghasilkan antara dua dan lima puluh goreng.

 

Ikan guppy yang lebih tua akan ingin makan goreng, termasuk potensi ibu mereka. Inilah sebabnya mengapa jaring breading dalam sebuah tangki penting dan memungkinkan benih untuk berenang dengan aman setelah lahir untuk menemukan tempat yang aman. Memisahkan betina saat memberi juga penting karena guppy jantan kadang-kadang akan menyerang betina saat ia melahirkan. Segera setelah hamil, ibu harus dikembalikan ke guppy matang.

 

Variasi dan kemudahan memelihara ikan guppy menjadikannya fantastis bagi siapa saja yang ingin mulai memelihara ikan.

Berita Terkait