by

Cara Ternak Ikan Cupang Hias Bagi Pemula

Pelitajakarta.comCara Ternak Ikan Cupang. Cupang adalah salah satu spesies ikan yang paling populer dijual dan jika Anda tertarik untuk memelihara satu, Anda harus memiliki beberapa informasi ikan Cupang. Mari kita perjelas ukuran tangki yang harus dimiliki ikan Cupang, apakah Anda dapat memelihara ikan Cupang dengan ikan lain, apa yang merupakan pasangan tangki ikan Cupang terbaik, dan berapa harga ikan Cupang.

 

Cupang jantan adalah ikan dengan sirip dan ekor berwarna panjang yang cerah. Apa yang kebanyakan orang tidak sadari, adalah bahwa ada berbagai jenis betas, dengan banyak bentuk ekor yang berbeda: Veiltail, Crowntail, Combtail, Fantail, Halfsun, Rosetail dan banyak lagi. Kedua jenis kelamin akan menyala dan mengembang insang mereka untuk terlihat lebih mengesankan, tetapi laki-laki biasanya menonjol, karena perempuan cukup membosankan dibandingkan.

 

Berapa ukuran tangki yang harus dimiliki ikan cupang?

 

Kami melihat Cupang di toko-toko hewan peliharaan, dijual dalam wadah kecil sendirian. Sayangnya, cara mereka mempromosikan mereka adalah sebagai ikan yang dapat hidup hanya dalam beberapa ons air, yang sangat, sangat jauh dari kebenaran. Semua “ikan cupang Cupang” yang dijual di toko hewan peliharaan dan tempat online benar-benar tidak pantas dan kejam untuk ikan. Beberapa dari mereka bahkan mengiklankan penggantian air sebulan sekali dan mengatakan Cupang bisa pergi tanpa makanan selama berhari-hari. Tidak benar.

 

Cara Ternak Ikan Cupang
Cara Ternak Ikan Cupang

 

Saya ingin mengatakan bahwa Cupang juga ikan, dan tidak boleh dianggap sebagai hiasan. Sebagian besar waktu, Cupang akan dibeli untuk anak-anak untuk memiliki hewan peliharaan, tetapi anak-anak juga harus diajarkan untuk merawat mereka dan untuk mengetahui apa yang Cupang mereka benar-benar butuhkan.

 

Cara Ternak Ikan Cupang. Apa yang disebut “Ikan Berjuang Jepang” sebenarnya membutuhkan setidaknya satu galon air untuk hidup, tetapi yang terbaik adalah tangki berisi 3 galon atau lebih untuk memberikan Cupang Anda kehidupan yang panjang dan sehat. Meskipun dikatakan bahwa mereka hidup di genangan-genangan kecil di sawah-sawah Jepang, kenyataannya adalah mereka hidup di perairan sawah yang dangkal, tetapi mereka memiliki banyak ruang untuk berenang dan bergerak. Mereka dapat bertahan hidup di tangki yang lebih kecil, selama mereka memiliki cukup ruang untuk bergerak, berbalik, dan airnya diganti setiap beberapa hari, tetapi seperti yang saya katakan, saya menganggap ini sebagai praktik yang kejam. Jadi, intinya, Cupang membutuhkan akuarium sungguhan, dan bukan hanya mangkuk. Namun, satu keuntungan yang mereka miliki adalah mereka tidak memerlukan filter yang rumit, filter spons bertenaga udara akan bekerja dengan baik dan akan mengurangi kebutuhan akan perubahan air yang lebih sering. Suhu air harus antara 75 dan 85 derajat Fahrenheit, jadi Anda mungkin memerlukan pemanas untuk menjaga suhu tetap konstan.

 

Perlu diingat mereka membutuhkan permukaan air yang baik untuk mendapatkan oksigen. Mereka akan datang ke permukaan untuk bernafas, dan mereka perlu memiliki konsentrasi oksigen yang baik di dalam air mereka juga. Saya akan merekomendasikan tangki untuk ditutup karena ikan cupang cenderung melompat keluar, tetapi pastikan ada cukup ruang antara tutup dan permukaan air, dan jelas, bahwa cukup udara dapat masuk.

 

Diet

 

Mereka harus diberi makan makanan yang bervariasi, yang dapat termasuk pelet Cupang yang mengandung udang tumbuk, tepung terigu, tepung ikan, udang air asin, cacing darah, dan vitamin, tetapi mereka juga harus dilayani cacing darah hidup atau beku, larva nyamuk, udang air garam atau daphnia. Semakin bervariasi pola makan mereka, semakin sehat, lebih berwarna dan indah mereka. Cupang harus diberi makan setiap hari, menghilangkan semua makanan yang tidak dimakan dari tangki setelah mereka selesai makan.

 

Cupang Fish Tank Mates

 

Salah satu pertanyaan yang paling sering diajukan adalah apa yang terjadi jika Anda menaruh ikan cupang dengan ikan lainnya. Bertentangan dengan kepercayaan umum, ada beberapa teman tangki ikan Cupang yang tepat.

 

Biasanya, mereka bahkan akan memiliki masalah dengan ikan Cupang betina. Mereka dapat disimpan bersama untuk sementara waktu untuk berkembang biak, tetapi betina kemudian harus dikeluarkan dari tangki. Jangan pernah menempatkan dua atau lebih Cupang jantan bersama. Mereka disebut Fighting Fish karena suatu alasan.

 

Cupang betina harus disimpan dalam kelompok tiga atau lebih, karena betina juga teritorial dan mungkin ingin membangun dominasi atas yang lain, sehingga angka ganjil selalu lebih baik.

 

Cupang jantan dapat ditampung dengan ikan yang memiliki suhu tropis dan persyaratan kualitas air yang serupa. Cupang mungkin mengganggu dan menggigit ikan lain yang berwarna-warni atau memiliki sirip yang panjang dan mengalir, seperti Fancy Guppies atau Mollies.

 

Jangan rumah mereka dengan ikan agresif lainnya. Gouramies juga tidak cocok untuk Cupang. Ini adalah ikan yang juga bernapas dari permukaan air dan yang dapat membuatnya agresif terhadap Cupang dan sebaliknya.

 

Ikan mas, sebagai ikan air dingin, tidak boleh ditampung dengan Cupang, ikan air tawar tropis. Cupang juga akan menggigit Goldfish dan ini pasti akan membahayakan Goldies Anda.

 

Beberapa ikan yang mungkin Anda pertimbangkan sebagai teman tangki ikan Cupang Anda bisa menjadi spesies lele kecil, seperti Corydoras dan pengumpan bawah lainnya. Cupang telah bernasib baik di perusahaan Neon Tetras kecil dan Platys. Udang dan siput juga bisa menjadi teman yang baik.

 

Yang benar adalah bahwa Cupang akan bertarung dengan apa pun yang Anda masukkan ke dalam tangki mereka, sehingga Anda dapat mencoba dan melihat apa yang terjadi dengan ikan tertentu Anda, tetapi tetap awasi mereka.

 

Cara Ternak Ikan Cupang Hias
Cara Ternak Ikan Cupang Hias

 

Berapa harga ikan Cupang?

 

Toko hewan peliharaan Cupang fish dapat berharga mulai dari $ 1 hingga $ 10, tetapi Anda dapat menemukan ikan Cupang yang harganya ratusan dolar. Anda dapat menemukan spesimen indah dengan harga lebih murah, tetapi beberapa pemelihara ikan yang serius akan melakukan apa saja untuk menemukan beberapa spesies Cupang yang paling langka dan luar biasa indah.

 

Cara Ternak Ikan Cupang

Panduan Perawatan Ikan Cupang

 

Pengantar

 

Cara Ternak Ikan Cupang. Cupang adalah beberapa ikan yang paling populer dan mudah dikenali yang dijual di toko hewan peliharaan. Laki-laki adalah yang Anda lihat dengan sirip panjang dan pola warna mencolok, sedangkan perempuan sedikit lebih menjemukan dan tanpa keuangan yang mengesankan. Ikan ini tidak mahal dan mudah dirawat, dan tidak memerlukan akuarium mahal yang besar. Hal ini menyebabkan mereka tidak hanya populer, tetapi juga dibesarkan secara berlebihan oleh peternak komersial. Nama ilmiah untuk Cupang yang umum adalah Cupang spendens, tetapi ada banyak spesies berbeda dalam genus “Cupang”. Di alam, bahkan jantan tidak terlihat begitu mengesankan, tetapi pembiakan telah menghasilkan varietas warna populer yang terlihat dalam hobi saat ini.

 

Seperti yang Anda ketahui, dua jantan tidak boleh disimpan bersama dalam tangki yang sama karena mereka akan berjuang untuk wilayah, yang mengarah ke nama umum ikan lainnya yaitu “Ikan Berjuang Siam.”

 

Membeli Cupang Anda

 

Saat memilih Cupang dari toko, insting pertama Anda adalah memilih yang memiliki warna paling cerah, tetapi ada faktor-faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Apakah Cupang tampak sehat-sehat saja? Periksa apakah ada kekeruhan di mata atau pada sisik ikan. Cupang yang sehat harus berwarna cerah dan memiliki sirip sempurna yang tidak menunjukkan tanda-tanda kemunduran. Jangan takut untuk bertanya, baik. Apakah ada Cupang yang tersedia di toko hewan peliharaan tertentu yang sakit? Anda mungkin juga ingin meminta untuk melihat Cupang pilihan Anda makan makanan. Cupang yang sehat harus segera diberi makan; jika tidak, tanyakan mengapa, dan lihat apakah ada yang mau makan.

 

Jika Anda dapat menemukan peternak swasta, varietas warna yang dapat ditemukan jauh lebih mengesankan daripada yang terlihat di sebagian besar toko. Anda juga dapat menemukan ikan yang lebih sehat dengan cara ini yang mungkin tidak terpapar terlalu banyak dan hidup lebih lama.

 

Menyiapkan tangki Cupang

 

Sementara Cupang dijual dalam gelas plastik kecil, mereka benar-benar harus disimpan dalam akuarium berukuran sekitar lima hingga sepuluh galon. Ikan ini sebenarnya bisa menjadi pemalu dan tertutup di akuarium yang lebih besar, lebih dari lima belas galon. Mereka adalah ikan yang bergerak sangat lambat yang tidak banyak berenang, itulah sebabnya mereka tidak membutuhkan banyak ruang. Namun, tangki yang lebih besar dari batas minimum akan memberikan kondisi air yang lebih stabil yang cenderung terpengaruh oleh ikan, dan pada gilirannya akan membuat kondisi kehidupan yang lebih baik untuk Cupang Anda. “Cupang Bowl” sering tersedia untuk dijual, dan memang membuat rumah yang baik untuk ikan Cupang, tetapi akuarium kaca standar mungkin lebih baik memberikan kesempatan untuk menggunakan filter dan pemanas kecil, yang akan kita bahas nanti. Sebuah substrat kerikil dan beberapa tanaman plastik atau ornamen akuarium-aman dihargai. Selalu ada berbagai macam gua buatan dan dekorasi berbeda yang tersedia di toko hewan peliharaan; pastikan, bagaimanapun, bahwa segala sesuatu yang ditempatkan di akuarium tidak akan mempengaruhi kondisi air. Jenis batuan tertentu yang ditemukan di alam tidak aman untuk akuarium, juga kerang laut. Apa pun yang ditempatkan dalam tangki Cupang harus secara khusus ditujukan untuk penggunaan akuarium.

 

Filter kecil paling baik digunakan untuk membantu menjaga air tetap bersih. Aquaclear yang sangat kecil atau filter daya setara pada pengaturan aliran terendah akan melakukan pekerjaan itu. Seperti yang disebutkan, Cupang bukanlah perenang yang kuat karena siripnya yang panjang dan murung. Dengan demikian, tangki Cupang seharusnya hanya memiliki pergerakan air minimal, dan aliran filter akan cukup untuk menjaga air teroksigenasi. Dalam mangkuk yang lebih kecil, filter mungkin tidak dapat dilakukan, dalam hal ini pompa udara dengan batu udara terkecil yang tersedia dapat digunakan untuk menjaga sedikit pergerakan air tetapi bukan persyaratan mutlak. Disarankan juga menggunakan pemanas kecil berukuran 50 watt, karena suhu air harus dijaga sekitar 75 derajat fahrenheit atau lebih. Itu benar, meskipun mereka dijual dalam cangkir tanpa pemanas, Cupang harus disimpan dalam air panas.

 

Karena Cupang dapat menjadi pemalu, mereka menghargai tanaman apung, yang dapat dibeli di sebagian besar toko ikan setempat. Ini akan membantu menghalangi sebagian cahaya dan menyediakan area yang teduh. Secara umum, pencahayaan redup membuat ikan lebih tenang dan kurang stres. Dengan demikian, bola lampu watt rendah harus digunakan untuk penerangan tangki cupang. Jaga lampu tangki menyala selama delapan jam atau kurang per hari. Timer dapat membantu mencapai ini.

 

Kondisi air adalah faktor penting lain untuk kesehatan Cupang Anda. Seperti disebutkan, suhu sekitar 75 derajat Fahrenheit direkomendasikan, serta nilai pH antara 6,5 ​​dan 7,5. Periksa nilai pH air keran Anda untuk mengetahui dengan tepat apa yang Anda masukkan ke akuarium, dan sesuaikan seperlunya. Semua toko hewan peliharaan lokal akan menjual alat uji untuk pH, serta aditif untuk menyesuaikan pH jika diperlukan penyesuaian. Produk seperti “pH yang tepat 7.0” dapat ditambahkan ke air dan akan dengan aman menyesuaikan dan menahan pH 7,0 (juga dikenal sebagai pH “netral”) untuk Anda tanpa bahaya menyesuaikan terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika Anda melakukan penyesuaian terhadap air yang mengandung ikan Anda, lakukan secara bertahap karena dapat menyebabkan stres. Anda juga perlu menggunakan penetral klorin untuk menghilangkan bahaya klorin yang biasa ditemukan dalam air ledeng.

 

Cara Ternak Ikan Cupang Aduan
Cara Ternak Ikan Cupang Aduan

 

Memperkenalkan Cupang Anda ke rumah barunya

 

Akuarium Cupang Anda harus sudah disiapkan sebelum Anda membeli ikan. Ini penting karena memberi Anda waktu untuk mengatur semuanya dengan benar dan memiliki rumah yang siap untuk hewan peliharaan baru Anda segera. Air yang dijual ikan kemungkinan tidak akan dipanaskan, jadi Anda harus menyesuaikan Cupang dengan air barunya. Penting: Jangan hanya membuang ikan dari kantong langsung ke akuarium tanpa menyesuaikan diri terlebih dahulu. Untuk menyesuaikan diri dengan ikan, apung kantong tertutup yang dijual, di akuarium setidaknya selama empat puluh lima menit. Ini akan memastikan bahwa suhu air di dalam ikan akan sama dengan apa yang ada di akuarium. Selanjutnya, buka tas dan tambahkan sekitar 20% lebih banyak air dari air akuarium. Setiap dua puluh menit, tambahkan lebih banyak air ke dalam tas. Lakukan ini setidaknya empat kali. Jika tas menjadi terlalu penuh, cukup buang beberapa. Air kantong Cupang Anda sekarang harus cukup dekat dengan air tangki barunya sehingga Anda dapat melepaskannya ke rumah barunya. Biarkan Cupang berenang keluar dengan leasure sendiri dan kemudian buang tas.

 

Baca juga : Ikan Hiu Megalodon Terbesar Di Dunia

 

Apa yang memberi makan Cupang Anda

 

Cupang adalah “pengumpan teratas” dan akan diberi makan terapung sebaik yang dibeli di toko-toko hewan peliharaan setempat. Ada banyak jenis serpihan ikan tropis dan juga “pelet Cupang” kecil yang harus menyediakan semua nutrisi yang dibutuhkan ikan untuk berkembang dan menunjukkan warna penuh. Beberapa udang air asin hidup juga dapat diberi makan sesekali sebagai hadiah. Penting: Jangan terlalu banyak memberi makan Cupang Anda. Ini adalah kesalahan nomor satu yang dilakukan saat memelihara ikan cupang. Ya, memberi makan adalah interaksi utama yang Anda miliki dengan hewan peliharaan baru Anda, tetapi memberi makan berlebihan menyebabkan makanan yang tidak dimakan membusuk dan merusak air. Beri makan beberapa makanan kecil per hari; hanya masukkan beberapa pelet atau serpihan sekaligus dan pastikan Cupang memakan semuanya dalam waktu lima menit. Perhatikan berapa banyak ikan Anda akan makan dalam rentang waktu itu dan lepaskan setiap bagian yang tidak dimakan. Mereka tidak akan dibelokkan untuk nanti, mereka hanya akan membusuk dan merusak air.

 

Akuarium Cupang

 

Cupang sangat baik disimpan di akuarium khusus spesies. Hanya satu jantan yang harus disimpan per tangki, karena diketahui bahwa jantan akan saling bertarung dan cukup teritorial. Mereka juga bisa menjadi teritorial terhadap ikan lain yang bergerak lambat dengan sirip panjang seperti ikan guppy, angelfish atau ikan gurame. Sebaliknya, ikan seperti tetras atau duri sering akan menargetkan Cupang dan menggigit sirip mereka. Lele kecil seperti Corydoras harusnya baik-baik saja dan benar-benar akan membantu memakan makanan apa pun yang tenggelam ke dasar. Laki-laki juga dapat dipelihara dengan perempuan, tetapi topik itu (serta membiakkan Cupang) membutuhkan seluruh artikel sendiri.

 

Pemeliharaan

 

Untuk menjaga Siam Fish Fighting Anda tetap sehat, Anda harus melakukan perubahan air secara teratur sekitar dua puluh persen dari total kapasitas air tangki, dan ini harus dilakukan setiap minggu hingga sepuluh hari. Ini penting apakah ada filter atau tidak. Anda harus selalu memastikan untuk tidak hanya “mengisi ulang” air, tetapi benar-benar mengambil sebagian air lama dan menggantinya dengan air baru. Pastikan bahwa air baru yang ditambahkan memiliki suhu yang sama (termometer mengambang yang murah akan bekerja dengan baik di sini) dan nilai pH, dan telah mengalami de-klorinasi. Jika membersihkan dekorasi, pastikan untuk tidak menggunakan sabun.

 

Nikmati teman kecil baru Anda!

 

Rawat Cupang Anda dengan benar dan mereka akan menjadi tontonan yang menyenangkan dan akan memberikan tambahan yang menarik untuk setiap ruangan atau meja kantor. Dengan pemeliharaan tangki secara teratur dan menghindari makan berlebih, Cupang Anda pasti akan hidup penuh dan bahagia.

 

Cara Ternak Ikan Cupang

Memelihara Ikan Cupang

 

Ikan cupang dianggap sebagai ikan yang paling besar yang dapat Anda beli, tetapi apakah ini benar? Iya dan tidak. Memang benar bahwa ikan Cupang cukup gagah, tetapi ini adalah rumor yang agak salah kaprah. Mereka mendapat reputasi karena fakta bahwa mereka dapat hidup di air paling kotor dan paling kotor di luar sana. Alasan untuk ini adalah karena mereka memiliki kemampuan untuk mendapatkan oksigen langsung dari udara karena organ dalam tubuh mereka. Faktanya, ikan cupang sangat mirip dengan ikan eksotis lainnya yang Anda butuhkan untuk merawatnya dengan rajin.

 

Saya menyusun panduan singkat ini untuk membantu pemilik ikan Cupang merawat Cupang mereka. Jika Anda mengikuti saran ini, Anda harus memiliki ikan cupang yang bahagia dan sehat yang tinggal di rumah Anda.

 

Cara Ternak Ikan Cupang Bagi Pemula
Cara Ternak Ikan Cupang Bagi Pemula

 

Panduan-Langkah-Langkah Perawatan Ikan Cupang Gratis

 

-Hal pertama yang ingin Anda lakukan setelah memilih ikan adalah untuk memberi mereka rumah baru. Singkirkan toples dari toko yang benar-benar konyol! Apakah Anda ingin hidup dalam lemari sepanjang hidup Anda? Ok, jadi Anda ingin mencari sesuatu yang minimal dari kisaran 1 galon. Ini memungkinkan anggota keluarga baru Anda ruang renang. Sekarang saya telah melihat beberapa rumah yang cukup kreatif seperti vas besar dll. Anda bisa mendapatkan ide dengan mencari di internet untuk tangki ikan Cupang. Banyak gambar tersedia.

 

-Selanjutnya Anda ingin menyediakan beberapa barang untuk memberikan kesan nyaman untuk Cupang Anda. Pikirkan dalam hal aksesoris tangki yang akan menjadi sirip ramah. Mengapa? Seperti yang mungkin telah Anda pelajari, Cupang cenderung memiliki sirip yang panjang dan indah yang dapat dengan mudah menyentuh, tertangkap dan robek. Jadi, yang ingin Anda cari adalah hal-hal seperti kerikil halus, batu untuk bagian bawah. Satu atau dua tanaman lunak tergantung pada ukuran tangki. Mungkin satu benda kecil yang berada di lantai tangki yang tidak akan menangkap sirip Cupang. Anda juga mungkin ingin mengoordinasikan warna tangki dan aksesorinya dengan ruangan tempat Cupang Anda berada.

 

-Mengisi dan mengganti air sangat penting untuk perawatan Ikan Cupang yang baik. Jika Anda menggunakan ukuran minimum yang disarankan yaitu 1 gal, Anda dapat mengganti sekitar sepertiga hingga setengah dari air seminggu sekali tanpa masalah parah. Jika Anda melakukan ini, maka sebulan sekali itu baik untuk benar-benar membersihkan tangki. Alasan untuk ini adalah penumpukan kotoran ikan Anda di bagian bawah tangki. Anda ingin menyingkirkan semua yang menumpuk karena alasan kesehatan yang jelas.

 

-Penting: Jika tangki Anda lebih kecil dari 1 galon, maka Anda akan membersihkan lebih sering … ingat-ingat!

 

-Pakan sangat penting untuk perawatan ikan cupang yang baik juga. Ada dua aliran pemikiran di sini. Salah satunya adalah memberi makan anggota baru ikan biasa Anda dari wadah. Ini baik-baik saja. Yang lainnya adalah memberi makan ikan hidup Anda seperti udang air asin dan cacing darah. Ini dapat diambil di toko hewan peliharaan lokal Anda. Pilihan kedua jelas menyajikan cara yang lebih realistis bagi ikan Anda untuk memberi makan, tetapi keduanya baik-baik saja. Ini lebih merupakan masalah pilihan pribadi dan anggaran. Satu opsi lain adalah mencampur kedua metode. Ini membuat sedikit variasi dalam kehidupan Cupang Anda yang selalu baik.

 

-Sangat Penting: Jangan membeli dua Cupang dan letakkan di tangki yang sama. Ini adalah yang paling tidak-tidak. Mereka AKAN bertarung dan itu tidak akan cantik. Satu-satunya saat Anda bisa memiliki dua Cupang bersama adalah untuk tujuan kawin dan itupun untuk waktu yang singkat di lingkungan yang sangat terkendali. Jika Anda akan membeli dua atau lebih Cupang untuk anak-anak Anda, pastikan untuk menjelaskan betapa pentingnya hal ini. Cupang sangat teritorial. Di dunia nyata, jika Cupang secara tidak sengaja melintasi wilayah orang lain, mereka biasanya bisa berenang menjauh, tetapi sebuah tank berubah menjadi arena untuk lebih dari satu ikan.

 

-Kata lain tentang manajemen tangki Cupang. Penempatan itu penting. Pastikan untuk menempatkan tangki atau mangkuk Anda di lokasi yang memungkinkan Anda dan tamu untuk sering menonton. Ikan cupang telah dikenal untuk tampil di acara sesekali ketika orang-orang di dekat tangki. Anda mungkin melihat mereka berenang dan melompat-lompat dengan cepat, atau hanya menatap Anda yang selalu menyenangkan. Mereka mungkin mengikuti Anda juga (di tangki mereka tentu saja).

 

-Ini mengarah ke tip perawatan ikan Cupang lainnya: tutupi tangki Anda. Orang-orang ini dikenal melompat keluar dari tangki, mangkuk jika mereka bisa. Ada dua cara untuk mencegah hal ini. Jangan mengisi tangki atau mangkuk sampai ke atas jika Anda tidak menutupinya. Atau, tutupi bagian atas.

 

-Kebersihan merupakan hal yang penting untuk perawatan ikan Cupang, jadi pastikan untuk tetap di atas ini. Ketika Anda melihat sisa makanan di tangki Anda setelah sekitar 30 hingga 45 menit menyusui. Silakan dan tarik dengan jaring. Ini membantu menghilangkan bakteri / pertumbuhan jamur.

 

-Lebih baik memberi makan Cupang Anda beberapa kali sepanjang hari dalam jumlah kecil. Mereka tidak besar pada konsep satu kali makan besar sehari.

Perawatan ikan cupang adalah tugas yang cukup sederhana ketika Anda mengetahui seluk beluk. Panduan gratis ini sangat mendasar tetapi harus membantu Anda memulai.