by

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Tanpa Software

-Gadget-183 views

Pelitajakarta.comCara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop. Kehilangan data adalah tragedi yang harus diderita setiap pengguna komputer setidaknya sekali dalam beberapa tahun. Masalah ini menakutkan dan menjijikkan. Pada artikel ini, kita akan melihat 5 penyebab umum hilangnya data dan tindakan pencegahan yang harus Anda ambil.

 

  1. Penghapusan file karena kesalahan

 

Saat ini, kebanyakan orang kehilangan data penting mereka karena kesalahan mereka sendiri. Misalnya, mereka menghapus file penting mereka secara tidak sengaja dan mereka tidak memiliki cadangan file. Tanpa sedikitpun keraguan, kami menghapus banyak file setiap hari di komputer kami.

 

Perhatian: lebih baik jika Anda membuat cadangan file penting Anda. Dengan cara ini Anda dapat memulihkan file dengan cepat jika Anda tidak sengaja menghapusnya.

 

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop
cara mengembalikan file yang telah terhapus di laptop
  1. Serangan Virus

 

Serangan virus dan malware adalah masalah umum lainnya hari ini. Dan kebanyakan virus cenderung merusak file penting kita. Selama Anda terhubung ke web, Anda tidak bisa menghindari risiko.

 

Perhatian: jika Anda ingin mencegah hilangnya data oleh malware dan virus, pastikan Anda berinvestasi dalam antivirus yang kuat untuk melindungi komputer Anda dari serangan virus dan malware. Aplikasi antivirus akan memberi Anda peringatan setiap kali aktivitas mencurigakan akan terjadi di komputer Anda karena virus.

 

  1. Masalah Mekanik

 

Kegagalan hard drive adalah masalah yang mengganggu. Dari semua masalah hard drive, masalah mekanis adalah yang paling umum. Biasanya, masalah ini terkait dengan poros atau kepala drive. Jika ini terjadi, Anda tidak punya pilihan selain memperbaiki komponen yang rusak. Namun, jangan membuat kesalahan dengan melakukannya sendiri.

 

Perhatian: alih-alih membuka drive sendiri, kami menyarankan agar Anda berhati-hati. Misalnya, Anda tidak boleh menjatuhkan drive atau memukulnya dengan keras terhadap benda padat. Ini dapat membantu Anda mencegah banyak masalah mekanis yang terkait dengan hard drive komputer Anda.

 

  1. Pemadaman Listrik Tiba-tiba

 

Anda mungkin akrab dengan istilah “kegagalan daya” di dunia komputer. Anda mungkin mengalami pemadaman listrik. Jika listrik padam, Anda mungkin kehilangan beberapa data penting, terutama jika lampu padam saat Anda mencoba mengubah atau membuat file. Tanpa keraguan, file tersebut mungkin rusak.

 

Perhatian: jika Anda ingin mencegah kehilangan data akibat pemadaman listrik, Anda mungkin ingin menggunakan pelindung lonjakan arus. Anda juga dapat menggunakan baterai atau Catu Daya Tanpa Gangguan jenis lain.

 

  1. Kerusakan Air

 

Terlepas dari faktor-faktor yang diberikan di atas, hard drive Anda juga dapat rusak jika terkena air. Misalnya, jika Anda menumpahkan cairan di komputer secara tidak sengaja, hard drive Anda mungkin rusak. Dalam skenario lain, Anda mungkin akhirnya menjatuhkan komputer Anda ke dalam air.

 

Perhatian: jika Anda ingin mencegah kerusakan air, kami sarankan Anda mencoba untuk mengubah diri Anda terlebih dahulu. Ini berarti Anda harus memperbaiki kebiasaan buruk Anda. Coba jauhkan komputer Anda dari air.

 

Jadi, ini adalah beberapa penyebab umum hilangnya data komputer dan tindakan pencegahan yang mungkin ingin Anda ambil.

 

Cara Mengembalikan File Yang Hilang Di Laptop

Kiat untuk Membantu Anda Memulihkan Data yang Hilang

 

Kehilangan file penting adalah kerugian yang memberi banyak tekanan. Namun, Anda tidak perlu panik lagi karena ada banyak cara untuk mendapatkan file itu kembali. Kita semua ada di sana. Anda hampir selesai dengan proyek Anda dan komputer Anda mogok. Setelah terserah, Anda tidak lagi melihat file Anda. Jika Anda ingin memulihkan file Anda, pastikan Anda bekerja dengan hati-hati. Diberikan di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali data Anda yang hilang. Baca terus untuk mengetahui lebih banyak.

 

  1. Periksa Tempat Sampah

 

Ini adalah langkah yang sangat penting. Pastikan Anda melakukannya terlebih dahulu atau Anda akhirnya membuang banyak waktu tanpa hasil. Ketika Anda tidak melihat file Anda di folder yang relevan, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa tempat sampah. Terkadang, kami akhirnya menghapus file penting ketika kami bekerja dengan tumpukan file besar. Jadi, pastikan Anda membuka tempat sampah terlebih dahulu. Jika file ada di sana, Anda dapat dengan cepat mengembalikannya. Masalah terpecahkan!

 

  1. Periksa Kotak Masuk Surel Anda atau Akun Berbasis Cloud

 

Seringkali, banyak versi file yang sama ditemukan di folder Terkirim di kotak masuk email. Anda mungkin telah mengirim file yang sama ke teman, kolega, dan keluarga Anda, misalnya. Anda juga dapat memiliki file di akun berbasis cloud Anda.

 

Meskipun file yang Anda miliki di kotak masuk adalah versi yang lebih lama, Anda tidak harus memulai dari awal. Anda dapat menghabiskan beberapa menit untuk mengerjakan file untuk memperbaruinya. Jangan lupa untuk memeriksa kartu memori Anda juga.

 

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus
Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

 

  1. Jalankan Program Cadangan Anda

 

Sebaiknya buat cadangan perpustakaan atau hard drive Anda untuk menghindari kehilangan file bisnis penting Anda. Biasanya, OS Windows dilengkapi dengan aplikasi cadangan yang dapat membuat cadangan gambar dan dokumen Anda secara teratur. Mayoritas program dapat melakukan backup tambahan, yang berarti Anda tidak perlu khawatir kehilangan dokumen Anda lagi.

 

  1. Instal Program Pemulihan Data

 

Anda dapat memilih dari banyak program pemulihan data yang ditemukan di Internet. Mereka dapat memindai hard drive komputer Anda untuk dokumen yang hilang atau dihapus. Yang perlu Anda lakukan adalah menginstal salah satu dari program ini dan tekan tombol Scan. Segera setelah Anda menyelesaikan pemindaian, Anda mungkin mendapatkan semua file Anda kembali. Anda dapat mencari file berdasarkan ukuran, nama atau jenis berdasarkan kebutuhan Anda.

 

Prosesnya mungkin memakan banyak waktu tergantung pada seberapa besar hard drive Anda. Masa pemulihan juga tergantung pada kecepatan mesin Anda. Mesin yang lebih cepat dapat menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

 

Singkatnya, jika Anda mencari cara untuk melindungi data Anda, pastikan Anda memiliki komputer yang berjalan secara efisien. Jika komputer Anda mogok terus-menerus, kemungkinan Anda akan kehilangan file. Selain itu, membuat pembaruan rutin juga merupakan ide bagus.

 

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop

Cara Memilih Perangkat Lunak Pemulihan Data Terbaik

 

Mencadangkan data telah menjadi bagian yang sangat penting dalam kehidupan karena kita tidak ingin kehilangan apa yang kita sayangi. Kadang-kadang Anda mungkin kehilangan semua data tanpa mengharapkannya terjadi dan itu bisa menjadi pengalaman yang sangat menyakitkan. Tidak perlu situasi hidup dan mati. Terlepas dari bagaimana tepatnya itu terjadi, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara di mana semua data dapat dipulihkan. Ketika Anda memiliki perangkat lunak, Anda sebenarnya dapat melakukan semuanya sendiri.

 

Ada berbagai perangkat lunak di luar sana yang dirancang untuk tugas penting ini dan menemukan yang tepat adalah tugas yang benar-benar Anda miliki. Untuk memulihkan data dengan sukses, Anda harus melakukannya dengan benar dengan mendapatkan perangkat lunak yang sesuai. Produk data telah mendapatkan algoritme yang umum dan penting untuk mencari dan merekonstruksi data yang hilang. Ada beberapa hal yang akan menentukan pilihan yang sebenarnya Anda buat pada akhir hari.

 

Anda perlu mempertimbangkan:

-Fungsi tambahan yang Anda perlukan untuk memulihkan data

-Sistem operasi yang digunakan dalam pengambilan data, mis., Sistem operasi host

-Sistem file tempat file yang hilang milik

-Jenis media yang digunakan untuk penyimpanan yang dipengaruhi oleh hilangnya data.

 

Karena ada industri yang mendedikasikan dirinya untuk membantu setiap kali seseorang kehilangan data, penting untuk memastikan Anda melakukan sesuatu dengan benar. Komputer dengan cepat menjadi bagian dari kehidupan kita dan di sinilah sebagian besar data kita, kehilangan data dapat disebabkan oleh virus serta operasi yang tidak benar. Banyak perusahaan perangkat lunak telah menjembatani kesenjangan dengan menghadirkan perangkat lunak terbaik yang dapat digunakan untuk mendapatkan kembali data Anda. Anda dapat kehilangan data dengan beberapa cara, seperti:

 

– Sistem crash

– File rusak

– Serangan Virus

-Menghentikan komputer

 

Apa yang dilakukan perangkat lunak pemulihan data adalah mengakses area penyimpanan sekunder yang rusak atau gagal yang tidak dapat diakses dalam keadaan normal. Data dapat dipulihkan dari hard disk eksternal atau internal, USB flash, RAID, DVD, CD, kaset penyimpanan; solid state drive dan sebagainya. Kebutuhan untuk pemulihan juga dapat terjadi sebagai akibat dari kerusakan fisik pada perangkat yang digunakan untuk penyimpanan atau karena kerusakan logis dari sistem mencegah kemungkinan pemasangan pada host.

 

Baca juga : Cara Mengatasi Laptop Lambat Lemot Nyebelin Tanpa Software Tambahan

 

Perangkat lunak ini biasanya dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menangkap kembali semua file yang ditulis terlepas dari apakah sektor-sektor tersebut telah rusak; Anda dapat memulihkan semua jenis data termasuk email, dokumen MS, file musik dan bahkan gambar.

 

Biasanya, perangkat lunak akan melakukan pencarian dalam hard drive dan menemukan data yang dapat dipulihkan. Itu kemudian bekerja pada piecing kembali bersama-sama dan kemudian menyediakannya dalam format yang dapat diselamatkan. Perangkat lunak terbaik seharusnya tidak memberi Anda waktu yang sulit untuk menginstal. 

 

Berita Terkait