by

Cara Menyapih Anak Yang Ampuh Cepat Dan Efektif

Pelitajakarta.comCara Menyapih Anak. Sekarang Anda menyadari bahwa anak Anda unik, seperti Anda. Tidak ada strategi “satu ukuran untuk semua” yang akan berhasil untuk semua bayi dan semua ibu dalam hal menyapih anak Anda. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mengembangkan rencana individual yang akan membantu Anda menyapih anak Anda dengan sedikit stres. Dengan mengembangkan strategi unik Anda untuk menyapih, Anda akan memastikan kebahagiaan Anda sendiri dan anak Anda selama proses penyapihan.

 

Pada artikel ini, saya akan memberikan Anda beberapa tips tentang bagaimana mengembangkan rencana penyapihan individual.

 

Awalan

 

Pertama-tama, pahamilah bahwa Anda adalah hakim terbaik ketika saatnya tepat untuk menyapih anak Anda. Mustahil bagi orang luar atau ahli untuk menentukan waktu yang tepat bagi seorang ibu untuk menyapih anaknya. Memutuskan kapan untuk menyapih adalah keputusan pribadi yang harus dibuat berdasarkan kebutuhan ibu dan anak.

 

Setelah Anda memutuskan waktu yang tepat untuk menyapih, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memulai dengan kaki kanan. Kebanyakan ibu, begitu mereka memutuskan untuk menyapih, berjuang untuk memulai, hanya karena mereka belum mengembangkan rencana aksi.

 

Cara Menyapih Anak
Cara Menyapih Anak

Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah duduk dan merencanakan rencana tindakan Anda. Anda tidak perlu mengembangkan rencana formal, tetapi Anda harus memiliki gagasan tentang bagaimana Anda akan menyapih. Menyapih secara bertahap biasanya mengharuskan Anda untuk secara perlahan menghilangkan satu kali makan pada satu waktu, seringkali dengan selang waktu tidak kurang dari tiga hari terpisah. Luangkan waktu untuk mempertimbangkan pemberian makan apa yang terbaik untuk Anda hilangkan.

 

Jika pemberian makan favorit anak Anda adalah pada akhir hari, Anda dapat mempertimbangkan, misalnya, menghilangkan makan siang hari terlebih dahulu, sehingga pengalaman itu tidak traumatis. Memutuskan menyusui mana yang harus dihilangkan adalah rintangan pertama yang akan Anda atasi saat menyapih.

 

Banyak ibu merasa stres karena prospek menyapih. Salah satu saran terbaik untuk mengurangi stres yang berhubungan dengan menyapih adalah secara bertahap mengurangi sesi perawatan satu per satu. Anda dapat dengan mudah mencapai ini dengan secara bertahap mengurangi waktu sesi menyusui Anda daripada menghilangkan seluruh sesi kalkun dingin. Jika, misalnya, anak Anda biasanya menyusu selama 20 menit setiap kali, cobalah membiarkannya menyusu hanya selama 15 menit. Ini akan mengurangi “trauma” yang Anda bayangkan anak Anda terima pada saat disapih. Kebanyakan bayi hampir tidak akan merasakan perbedaan waktu yang sedikit selama menyusui.

 

Perubahan ini akan kurang terlihat bagi anak Anda jika Anda menggunakan selingan untuk mencegahnya dari menyadari bahwa Anda telah mengurangi waktu yang dihabiskan menyusui di payudara. Ada banyak cara yang menyenangkan dan mudah untuk mengalihkan perhatian anak Anda, dan kami akan berbicara lebih banyak tentang mereka nanti.

 

Ingatlah bahwa sebagian besar anak melakukan rutinitas. Anda memiliki kemampuan untuk mengubah rutinitas ini dan dengan demikian membuat proses menyapih lebih mudah. Ini juga merupakan langkah penting dalam proses penyapihan. Bagaimana Anda mengubah rutinitas anak Anda?

 

Mulailah dengan mengubah cara Anda mengakhiri sesi menyusui Anda; jika, misalnya, Anda biasanya berpelukan dan duduk bersama anak Anda setelah menyusui, cobalah membaca buku bersama atau bermain game saja. Ini tidak hanya berfungsi sebagai selingan yang luar biasa, tetapi juga berfungsi untuk membuat anak Anda terhibur dan diperhatikan. Anda mungkin juga mempertimbangkan untuk meminta bantuan ayah setelah menyusui. Serahkan anak Anda kepada ayah dan biarkan mereka berpelukan, bermain, menggelitik dan berbicara. Anak Anda akan sangat bersemangat untuk memiliki kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama ayah sehingga ia akan jauh lebih sedikit rewel pada waktu makan yang sedikit berkurang.

 

Banyak anak datang untuk mengasosiasikan menyusui dengan cinta dan kasih sayang. Untuk meminimalkan kesulitan menyapih secara bertahap, pastikan Anda menawarkan pelukan dan kasih sayang tambahan terpisah dari menyusui. Pertimbangkan untuk membiarkan anak Anda lebih sering duduk di pangkuan Anda, atau membaca, mengayun atau menggendongnya selama beberapa menit setiap hari sebelum tidur siang. Ini akan membantu memastikan bahwa ia terus merasa dicintai dan dipuja, dan akan mengurangi kecemasan apa pun yang mungkin muncul sebagai akibat dari penyapihan.

 

Saya telah menemukan bahwa cara lain yang bagus untuk mengubah rutinitas anak Anda adalah dengan mengubah lokasi di mana Anda biasanya menyusui. Misalnya, jika Anda secara tradisional merawat kursi goyang, cobalah pindah ke sofa atau dapur. Ini tidak hanya berfungsi untuk mengalihkan perhatian anak Anda tetapi juga akan membantunya menyadari bahwa rutin baru sedang dikembangkan.

 

Salah satu strategi penting yang harus diingat semua ibu saat menyapih adalah menutupi payudara. Pepatah lama “di luar pandangan, di luar akal” benar-benar membantu ketika menyapih. Anda harus selalu menjaga payudara Anda tertutup saat Anda tidak menyusui. Beberapa anak ingin menyusui hanya karena mereka melihat payudara Anda.

 

Tip lain yang bagus untuk memulai adalah mengubah urutan pemberian makan kepada anak Anda. Sebagian besar bayi yang berusia lebih dari 6 bulan akan diberi tambahan makanan padat. Pertimbangkan menyapih pada waktu hari ketika anak Anda biasanya makan lebih dari sekadar ASI. Beri makan anak Anda terlebih dahulu, sebelum menawarkan payudara. Kemungkinannya adalah dia akan lebih banyak mengisi makanan padat dan dengan demikian kurang tertarik dalam menyusui. Anda bahkan mungkin bisa menghilangkan keperawatan sama sekali selama waktu ini.

 

Memulai tidak sesulit kedengarannya. Dengan sedikit pemikiran dan perencanaan, Anda akan dapat mengembangkan strategi yang bekerja baik untuk Anda dan anak Anda.

 

Cara Menyapih Anak

Menyapih Bayi Anda – Pandangan Akal Sehat

 

Ada banyak kebingungan seputar subjek penyapihan yang sebagian besar terkait dengan kapan memulai. Kebingungan seperti itu (seperti yang paling umum) muncul dari saran orang tua yang berpengalaman yang menganggap bahwa anak mereka menawarkan templat untuk membesarkan semua anak.

 

Pada tahun-tahun yang telah berlalu, tidak jarang memberikan bayi bulan lembut kerak atau rusk untuk digerogoti. Departemen Kesehatan menggunakan informasi terbaru yang disediakan oleh Organisasi Kesehatan Dunia membuat kasus untuk disapih hanya setelah 6 bulan. Ini didasarkan pada bukti medis yang menunjukkan bahwa organ bayi untuk pencernaan sama sekali tidak cukup dewasa untuk menangani banyak hal selain susu sebelum usia ini.

 

Bayi prematur mungkin memerlukan lebih lama sehingga diperlukan saran dari dokter atau pengunjung kesehatan Anda.

 

Sementara Departemen Kesehatan mempromosikan rekomendasi WHO, itu menunjukkan bahwa bayi tidak semua dewasa pada tingkat yang sama dan beberapa mungkin mencari makanan padat sebelum enam bulan. Ada sejumlah tanda yang mungkin menunjukkan bahwa bayi berada di depan dalam hal ini dan mereka termasuk:

 

Kemampuan bayi untuk duduk tegak, memegang kepalanya dengan kuat dan tanpa goyangan.

Koordinasi tangan / mata yang baik, termasuk membawa makanan ke mulutnya.

Kemampuan bayi untuk menelan makanan tanpa menolak atau memuntahkannya.

 

Di sisi lain ada tanda-tanda yang dilihat sebagai indikator positif kesiapan bayi untuk pindah ke makanan padat. Ini benar-benar hanya pola perilaku normal bayi yang penasaran dan berkembang dan tidak ada hubungannya dengan keinginan atau kebutuhan akan makanan padat dan termasuk:

 

Bangun di malam hari ketika sebelumnya telah tidur

Mengepalkan tangan (dan hampir semua hal lain dalam jangkauan!)

Menginginkan susu tambahan

 

cara menyapih anak yang benar
cara menyapih anak yang benar

 

Makanan padat yang digunakan di sini sebenarnya adalah istilah yang relatif karena makanan yang awalnya diberikan kepada bayi yang disapih harus dihaluskan, dimurnikan, atau bahkan berair.

 

Cara Menyapih Anak

 

Pada tahun-tahun yang lalu, ketika kematian bayi adalah bahaya yang selalu ada, bayi yang lemah dan sakit dianggap paling berisiko meninggal dini dengan akibat wajar yang gemuk, bayi yang memantul lebih mungkin untuk bertahan hidup. Pada saat-saat seperti ini, bukan alasan yang masuk akal untuk mengasumsikan bahwa bayi yang diberi makan cukup (dan mungkin kelebihan makan) adalah hal yang baik dan semua faktor lain dapat diabaikan dengan aman. Ini berarti bahwa memasukkan makanan padat ke bayi Anda sesegera mungkin harus menjadi hal yang baik. Sampai batas tertentu pemikiran ini menjadi terprogram untuk membesarkan bayi sampai pertengahan abad kedua puluh dan di beberapa bagian dunia masih dianggap kebijaksanaan yang dirasakan.

 

Bayi Anda tidak akan tumbuh lebih sehat atau lebih kuat jika Anda mencoba untuk menyapih terlalu dini, bahkan sebaliknya dapat terjadi termasuk risiko infeksi dan timbulnya alergi dan eksim. Salah satu praktik umum yang harus dihindari untuk kepentingan kesehatan bayi Anda adalah memasukkan rusks atau makanan bayi lainnya ke dalam botol susu sebelum siap disapih.

 

Bayi tidak memerlukan apa-apa lagi untuk melengkapi makanan susunya sampai mereka benar-benar siap untuk disapih dan Anda mungkin berisiko membahayakan kesehatan masa depan mereka dengan memberi mereka makanan padat terlebih dahulu sebelum sistem mereka dapat memprosesnya secara efektif.

 

Beberapa produsen makanan bayi memasarkan produk mereka sebagai “tahap 1” dan dapat diberikan kepada bayi yang berusia empat bulan untuk melengkapi susu payudara atau susu formula. Pendekatan penyapihan dini ini harus dilihat di sepanjang peringatan dan rekomendasi yang diberikan di atas.

 

Ketika bayi disapih pertama kali, ada kecenderungan untuk berpikir bahwa sebagai pengantar makanan orang dewasa, makanan penyapihan harus dekat dengan apa yang orang dewasa makan. Ini tidak membuat kenyataan bahwa bayi telah menghabiskan seluruh hidupnya minum cairan manis yang kaya lemak. Sebagian besar orang dewasa mampu makan makanan pedas dan asin yang tidak hanya dapat disembuhkan oleh bayi yang disapih, tetapi juga apa yang akan dinikmati atau ditemukan lezat, bahkan versi yang lebih encer. Menyapih bayi akan membutuhkan makanan hambar dengan sedikit atau tanpa garam atau gula tambahan.

 

Masa menyapih adalah waktu yang tepat untuk menyaksikan anak Anda berkembang; untuk melihatnya pegang sendok dan secara bertahap menjadi lebih cekatan dan meningkatkan koordinasi tangan, mata dan mulut, untuk duduk di kursi tinggi mereka sendiri dan bergabung dalam makanan keluarga.

 

Cara Menyapih Anak

 

Lima Tips Menyapih Anak Untuk Ibu Sibuk

 

Tanyakan pada ibu mana saja dan Anda akan mengetahui betapa sulitnya menyapih anak-anak Anda dari anak kesayangan mereka. Anak-anak saya MENCINTAI dot mereka — mereka menemukan kenyamanan dan keamanan di dalamnya. Jadi secara alami saya bergumul dengan gagasan menyapih mereka dari kalkun dingin empeng mereka.

 

Apakah ada cara untuk membuat seluruh proses penyapihan pacifier pengalaman yang penuh kasih dan pengasuhan? Bagaimana orang tua dapat membuat kesenangan bebas pasi dan positif untuk anak mereka?

 

Berikut adalah beberapa tips terbaik yang saya terima dari berbicara dengan Michelle Spitzer, pendiri Pacifier B Gone (TM).

 

Lima Tips Menyapih Dot Itu Berhasil

 

1) Jadikan itu menyenangkan dan tetap positif

 

Ini mungkin terdengar seperti saran sederhana, tetapi Anda akan terkejut betapa banyak perbedaan ini akan membuat sendiri. Jika Anda mendekati proses menyapih dot dengan rasa takut, stres atau khawatir, anak-anak Anda akan memahaminya. Percayalah pada insting ibumu dan pastikan untuk bersenang-senang.

 

2) Ikuti rencana permainan

 

Kita semua membutuhkan ritual untuk diikuti. Anak-anak Anda tidak berbeda. Jadi pastikan Anda memiliki rencana sebelum memulai. Jangan terbang di dekat kursi celana Anda. Saya telah menemukan bahwa program 7 hari tampaknya bekerja paling baik. Ini memberi anak Anda banyak waktu untuk terlibat dan melakukan transisi yang mulus untuk menjadi bebas paci.

 

3) Ceritakan sebuah kisah dan libatkan imajinasi mereka

 

Anak-anak suka cerita. Jadi pastikan untuk menggunakan ini untuk keuntungan Anda. Ceritakan kepada mereka sebuah kisah tentang Binky Fairy yang ajaib dan bagaimana ketika saatnya bagi mereka untuk menjadi BESAR, Binky Fairy akan datang ketika mereka sedang tidur dan meninggalkan mereka teman istimewa (boneka binatang) yang akan menjaga dot mereka aman.

 

4) Jadikan proses sebagai ritus peralihan

 

Gunakan proses menyapih dot sebagai alat pengajaran untuk membantu anak Anda memahami bahwa mereka sekarang menjadi besar. Biarkan mereka tahu bahwa bagian dari menjadi anak besar tidak perlu lagi menggunakan binky mereka. Perkuat konsep penting ini sepanjang hari dan terutama di malam hari sebelum mereka tidur.

 

Baca juga : Lagu Klasik Untuk Ibu Hamil Serta Manfaatnya

 

5) Jadwalkan penggunaan dot

 

Malam sebelum Anda memulai metode apa pun untuk menyapih anak Anda dari dot, pastikan untuk menjelajahi rumah untuk setiap dan setiap dot yang Anda miliki. Biarkan anak Anda menyimpan dot favoritnya tetapi buang semua yang lain. Selama proses itu biarkan anak-anak Anda menggunakan dot mereka, tetapi batasi waktu tidurnya saja dan di malam hari.

 

Ikuti 5 langkah sederhana ini dan Anda akan mengubah proses menyapih dot yang ditakuti menjadi pengalaman yang menyenangkan dan mengasuh.

 

Cara Menyapih Anak

Teknik Penyapihan Lembut Untuk Ibu Menyusui

 

Minggu terakhir ini, seseorang bertanya kepada saya tentang menyapih anaknya dari menyusui. Dia tahu saya sudah lama menyusui anak-anak saya dan bertanya-tanya apakah saya punya tips untuk menyapih dengan cara yang peduli dan lembut.

 

Saya pikir itu luar biasa ketika seorang ibu sangat peduli tentang hubungannya dengan anaknya, bahwa dia menyapih dengan hati-hati, mengingat bagaimana dia dan anaknya akan merasa selama dan setelah proses penyapihan. Ini merupakan indikasi ikatan pengasuhan antara ibu dan anak.

 

Ini membantu untuk mendapatkan bimbingan dari para ibu, seperti saya, yang telah ada di sana. Saya menemukan, Panduan Ibu Menyusui untuk Menyapih oleh Huggins dan Ziedrich sangat membantu. Juga, La Leche League, sebuah kelompok untuk ibu menyusui di seluruh dunia, adalah sumber daya yang luar biasa dan kelompok pendukung bagi saya.

 

Saya menyusun daftar semua teknik menyapih lembut yang saya temukan di sepanjang jalan. Saya memposting daftar itu di papan buletin saya sebagai pengingat teknik yang bisa saya gunakan untuk melewati fase pengasuhan anak ini. Di bawah ini adalah daftar dengan beberapa detail untuk menjelaskan langkah-langkahnya.

 

cara menyapih anak dengan cinta
cara menyapih anak dengan cinta

 

Cara Menyapih Anak

Teknik untuk Mendorong Penyapihan dengan Lembut: Cara Menyapih Anak

 

  1. Jangan menawarkan. Jangan menolak. Mulailah dengan tidak lagi menawarkan ASI tetapi jangan menolak permintaan. Setelah mencoba langkah satu untuk sementara waktu, lanjutkan ke langkah-langkah berikut.

 

  1. Mengalihkan perhatian dan menggantinya. Ketika Anda mendapat permintaan untuk menyusui dari anak Anda, cobalah menawarkan sesuatu yang lain sebagai gantinya. “Sayang, lihat, surat baru saja datang. Apakah kamu ingin membawanya bersamaku?”

 

  1. Beri makan dan tawarkan minuman. Tawarkan sesuatu untuk dimakan atau diminum ketika si anak mengajukan permintaan. Sesuatu yang enak akan membantu. Namun, jangan terbiasa menawarkan junk food. Pilihan yang sehat adalah cara untuk pergi. Jika Anda memerlukan beberapa ide, lihat Menginginkan Makanan Ringan yang Sehat?

 

  1. Baca buku. Libatkan anak Anda dengan perhatian khusus untuk menebus kehilangan kedekatan menyusui. Membaca buku anak-anak adalah cara yang bagus untuk memberikan perhatian ini.

 

  1. Libatkan anak-anak dalam pekerjaan sehari-hari. Pekerjaan rumah bisa menjadi kegiatan satu lawan satu yang baik yang tidak hanya melibatkan anak Anda tetapi juga membantu Anda dengan pekerjaan yang tidak pernah berakhir.

 

  1. Bersiaplah dengan kegiatan yang menyenangkan. Pastikan Anda merencanakan kegiatan yang menyenangkan untuk “Apa yang kita lakukan sekarang?” momen. Kerajinan tangan, boneka, mobil, lego, teka-teki, dan semacamnya mungkin berhasil.Cara Menyapih Anak 

 

  1. Berikan perhatian total dan fokus. Ketika berhadapan dengan anak Anda melalui masa transisi yang sulit ini, ada baiknya jika Anda berusaha untuk benar-benar mendengarkan dan mendukungnya. Yakinkan anak bahwa semua baik-baik saja dan Anda tidak meninggalkannya.

 

  1. Keluar lebih banyak. Keluar dari rumah dan mengubah lokasi jelas merupakan gangguan yang bermanfaat.

 

  1. Undang anak-anak lain untuk bermain. Teman bermain sangat bagus untuk anak-anak untuk memperluas ikatan sosial mereka dan menunjukkan kepada mereka bagaimana anak-anak lain juga tumbuh dewasa.

 

  1. Temukan cara baru untuk disentuh. Banyak anak menyukai pijatan, digendong, dipangku, atau di pundak Ibu. Ini memberikan bentuk alternatif untuk memuaskan kebutuhan akan sentuhan.

 

  1. Cobalah menunda menyusui. Mengatakan sesuatu seperti, “Setelah makan siang kita bisa minum ASI” atau “Kita akan minum susu sebelum tidur.”

 

  1. Rencanakan bersama anak. Libatkan anak dalam rencana untuk hari itu dan rencana untuk menyapih dengan nyaman.Cara Menyapih Anak 

 

  1. Libatkan Ayah. Anak itu tahu dia tidak akan mendapat ASI dari Dad, jadi mintalah dia bersama anak itu selama satu atau lebih masa menyusui yang biasa.

 

  1. Tetap berdiri. Menyusui adalah aktivitas duduk jadi jangan duduk ketika Anda tidak ingin menyusui.

 

  1. Ubah rutinitas. Mengubah rutinitas di sekitar waktu menyusui yang biasa membantu menghilangkan koneksi menyusui.

 

  1. Persingkat keperawatan. Katakan sesuatu seperti, “Kita punya waktu lima menit untuk menyusui.” Kemudian dengan satu menit tersisa, katakan “Hampir selesai.” Lalu katakan “OK – semua selesai.” Waktu-waktu ini dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda dan di mana Anda berada dalam proses penyapihan.

 

  1. Batasi menyusui untuk waktu atau tempat tertentu. Anda bisa mengurangi satu kali makan sekaligus. Selalu duduk di lokasi itu. Kemudian angkat kursi saat tidak ada menyusui.

 

  1. Tawarkan hadiah. Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, “Ketika Anda mencapai hari ulang tahun Anda, Anda akan menjadi anak yang besar. Kami akan merayakannya dengan mainan (atau pesta) khusus ‘saya disapih’.”Cara Menyapih Anak 

 

  1. Menyerah untuk sementara waktu. Jika salah satu atau Anda berdua benar-benar mengalami kesulitan dengan proses penyapihan, menyerah untuk sementara waktu dan mencobanya di kemudian hari.

 

Menyapih bisa menjadi waktu yang menantang bagi orang tua dan anak. Beberapa anak merasa lebih mudah daripada yang lain. Anak saya jauh lebih mudah bagi saya untuk disapih daripada anak perempuan saya. Jika Anda kesulitan, ketahuilah bahwa upaya perawatan Anda akan menggerakkan proses ini. Nanti, Anda akan lega bahwa Anda berhasil melewatinya. Menyapih anak Anda dengan cinta dan perhatian adalah cara terbaik untuk ibu dan anak.