by

Bagaimana Cara Membuat Anak Jenius Atau Pintar?

Pelitajakarta.comCara Membuat Anak Jenius.Semua anak terlahir sebagai genius. Seringkali kita mengamati seorang anak kecil, dan mengagumi kenyataan bahwa mereka belajar dengan “kecepatan cahaya”.

 

“Wow! Anak ini cerdas” – kita katakan. “Dia seperti spons. Segala yang dia dengar dia ulangi”. Kecepatan belajar anak-anak luar biasa. Kemampuan luar biasa mereka untuk mengulangi apa yang mereka dengar sungguh menakjubkan. Sungguh menakjubkan bagi saya bagaimana anak-anak muda dapat menggunakan informasi baru yang mereka pelajari segera dalam kehidupan sehari-hari mereka.

 

Di sekolah, dalam Biologi, saya telah belajar bahwa kecerdasan ditentukan oleh kemampuan untuk menggunakan informasi yang telah dipelajari entitas dalam kehidupan sehari-hari. Ini berlaku untuk hewan, juga manusia.

 

Jika kita menggunakan ini sebagai ukuran, maka – sekali lagi – anak-anak adalah genius.

 

Cara Membuat Anak Jenius
Cara Membuat Anak Jenius

Tetangga saya, ketika sedang menonton anak kecil bermain, berkata kepada saya dengan bercanda, “Bagaimana mungkin semua anak kecil yang jenius ini berubah menjadi orang dewasa yang begitu bodoh?” Sangat mudah untuk memperhatikan bahwa kecepatan yang kita pelajari berkurang selama bertahun-tahun, dan ketika kita tumbuh dewasa, kita tampaknya tidak secerdas itu.

 

Jadi wajar bagi anak-anak untuk menjadi genius. Mereka belajar dengan cepat, mereka menggunakan apa yang telah mereka pelajari segera.

 

Cara Membuat Anak Jenius

 

Apa ciri-ciri lain yang mereka miliki yang membuat mereka genius?

 

Keingintahuan. Jika Anda mengamati seorang anak saat mereka bermain, Anda akan melihat bahwa mereka sangat ingin tahu. Mereka INGIN belajar. Mereka bergerak tanpa henti, mencari sesuatu yang baru untuk dipelajari.

 

Seorang anak bermain dengan mainan hanya selama dia belajar sesuatu yang baru. Segera setelah anak itu merasa bahwa dia telah meremas bagian terakhir dari belajar darinya, dia akan membuangnya dan mulai mencari sesuatu yang baru untuk dipelajari.

 

Terkadang kita berpikir bahwa rentang perhatian seorang anak pendek, karena mereka tidak bertahan dengan satu mainan atau satu subjek terlalu lama. Ini benar-benar salah. Bukan rentang perhatian mereka yang pendek. Inilah saatnya mereka perlu belajar tentang sesuatu yang baru. Anak itu belajar dengan kecepatan seperti itu, sehingga dia tidak perlu banyak waktu untuk mempelajari semua yang dia bisa tentang satu subjek. Kemudian dia pindah ke subjek baru.

 

Apa lagi – komponen jenius yang sangat penting yang kita lihat pada anak-anak? Mungkin yang paling penting: KREATIVITAS.

 

Baru-baru ini saya mengamati keponakan kecil saya mencoba untuk mencapai meja dapur. Ibunya sedang menyiapkan makanan di konter, dan dia ingin melihat apa yang terjadi. Dia melihat sekeliling, menemukan bangku, memindahkannya ke konter, dan menginjaknya.

 

Cara Membuat Anak Jenius. Apakah itu tidak jenius?

 

Ini adalah kreativitas dan pemecahan masalah! Kreativitas adalah ketika seorang anak menghasilkan solusi baru, ide baru, ciptaan baru. Tidak ada pertanyaan, anak-anak sangat kreatif. Meskipun tingkat kreativitas bervariasi dari anak ke anak, secara umum kami banyak mengatakan – anak-anak sangat kreatif.

 

Kesimpulannya – semua anak jenius. Mereka penasaran dan mencari mata pelajaran untuk belajar tanpa henti. Mereka belajar kilat dengan cepat. Mereka menggunakan apa yang telah mereka pelajari dengan segera. Mereka kreatif dan mampu menghasilkan ide-ide baru, solusi baru dan kreasi baru.

 

Cara Membuat Anak Jenius

Bagaimana Anda Dapat Mendorong Kejeniusan pada Anak Anda – Berpikir Kreatif

 

Kita sudah tahu bahwa semua anak terlahir sebagai genius. Tetapi bagaimana kita mendorong kita? Bagaimana kita memastikan anak kita tetap jenius? Bagaimana kita membantu anak kita mengembangkan kejeniusan ini? Bagaimana kita dapat memanfaatkan “jendela peluang” ini untuk mengembangkan anak kita secara maksimal? Ada banyak hal yang dapat kita lakukan, dan salah satu hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah memastikan kita mendorong pemikiran kreatif.

 

Untuk mendorong kreativitas, kita selalu harus bertanya. Ajukan pertanyaan terbuka. Bergantung pada apa yang Anda lakukan, selalu tanyakan pendapat anak Anda. “Apa yang Anda pikirkan?” Dorong anak Anda untuk memikirkan masalah itu, dan dengarkan apa yang ia katakan.

 

Jangan pernah mengkritik. Tidak peduli seberapa “tidak tersentuh” ​​jawaban anak Anda, selalu dengarkan dengan tulus jawabannya, dan ajukan lebih banyak pertanyaan. Tidak apa-apa jika Anda menentang pendapat atau ide anak Anda. Jangan memperbaikinya. Anda dapat mengajukan lebih banyak pertanyaan, membuka pertanyaan, lebih disukai. Misalnya: “lalu apa yang akan terjadi jika?” Atau “bukankah itu benar yang kemudian akan terjadi?”. Jangan mencoba menunjukkan kepada anak Anda bahwa ia salah, jangan mencoba menambahkan informasi untuk meyakinkannya sebaliknya. Dengarkan saja dengan penuh perhatian, dan ajukan lebih banyak pertanyaan jika perlu.

 

Selalu dorong anak Anda untuk “berpikir di luar kotak”. Awasi anak Anda di permainannya. Jika anak Anda mencoba menyelesaikan masalah, tanyakan “apa yang akan Anda lakukan jika Anda tidak punya”. Anda akan terkejut dengan ide-ide anak Anda muncul. Jika anak Anda menggunakan alat untuk suatu tujuan – misalnya, anak Anda menggunakan sendok untuk makan. Tanyakan “Untuk apa lagi Anda menggunakan sendok?” Ini akan mendorong anak Anda untuk masuk ke kebiasaan berpikir dengan cara yang kreatif.

 

Apakah Anda membaca untuk anak Anda? Ketika Anda selesai membaca buku anak-anak untuk anak Anda, selalu bicarakan buku itu. Diskusikan buku itu, dan biarkan anak Anda mengungkapkan pendapatnya. Anda dapat bertanya tentang buku itu. Jangan ajukan pertanyaan “tes”, untuk melihat apakah anak Anda telah memahami buku itu. Anak-anak tidak suka diuji dan menggunakan kreativitas mereka untuk menghasilkan jawaban yang paling menakjubkan.

 

Ajukan pertanyaan terbuka. Seperti “Apa yang akan Anda lakukan jika Anda berada dalam situasi ini?” “Kenapa kamu pikir tidak melakukan apa yang dia lakukan?” “Apa yang lebih baik untuk dilakukan?” “Siapa yang lebih pintar – kelinci atau kura-kura?” Ada banyak pertanyaan yang dapat Anda tanyakan untuk mendorong anak Anda berpikir untuk menganalisis, untuk menghasilkan ide-ide baru.

 

Anak Anda akan senang berbicara dengan Anda, mengungkapkan pendapatnya, dan dia akan menikmati kenyataan bahwa Anda mendengarkannya dengan penuh perhatian. Seiring waktu, anak Anda akan terbiasa berpikir kreatif, dan menganalisis setiap situasi.

 

Ada banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan dengan anak Anda untuk mengembangkan kejeniusannya. Semakin awal Anda memulai, Anda akan semakin efektif. Namun, bahkan jika anak Anda agak lebih tua, itu belum terlambat. Mulai sekarang. Di kotak sumber daya, Anda akan mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya.

cara membuat anak menjadi jenius
cara membuat anak menjadi jenius

 

Cara Membuat Anak Jenius-Kembangkan Jenius Anak Anda – Otak Kanan / Koordinasi Otak Kiri

 

Tidak peduli berapa usia anak-anak Anda, Anda memiliki kekuatan luar biasa untuk memengaruhi pertumbuhan, perkembangan, dan kesuksesan mereka. Dengan secara aktif mengejar kegiatan yang berkontribusi pada perkembangan otak mereka yang lebih baik, Anda memberi mereka keunggulan dibandingkan semua anak lain, dan meningkatkan peluang mereka untuk menjadi sukses dalam hidup. Dengan melakukan itu, Anda juga memastikan mereka akan memiliki banyak pengalaman sukses dan prestasi, sehingga mereka menjadi percaya diri, positif dan optimis.

 

Ada banyak pembicaraan baru-baru ini tentang masalah “Otak Kanan / Otak Kiri”. Pada dasarnya, para peneliti telah menemukan bahwa otak kiri manusia “bertanggung jawab” untuk fungsi yang sama sekali berbeda dari otak kanan. Para peneliti telah menyimpulkan bahwa pada setiap orang, salah satu belahan otak ini dominan. Menurut teori ini, otak kiri adalah otak analitis, yang bertanggung jawab atas pengukuran, logika, matematika, analisis, dan otak kanan bertanggung jawab atas kreativitas, seni, intuisi, dan penggunaan kata-kata. Beberapa orang bahkan mengklaim bahwa pria dominan otak kiri, sementara wanita biasanya dominan otak kanan, dan melanjutkan untuk menjelaskan bahwa pria berpikir dalam gambar, sementara wanita berpikir dengan kata-kata. Tidak heran, mereka mengklaim, ada kesenjangan besar dalam komunikasi antara pria dan wanita!

 

Penelitian telah menunjukkan bahwa sangat penting untuk meningkatkan komunikasi, atau hubungan antara 2 belahan otak. Jika kita melakukan itu, kita meningkatkan fungsionalitas otak. Ini dapat dilakukan di segala usia, dan telah terbukti bermanfaat.

 

Peningkatan keseimbangan antara kedua belahan otak, meningkatkan ketenangan pikiran, harmoni, membaca dan memahami, dan mengembangkan konsentrasi dan fokus yang lebih baik.

 

Aktivitas yang telah terbukti mengembangkan dan meningkatkan konektivitas belahan otak biasanya adalah aktivitas yang menggunakan kedua sisi tubuh secara bersamaan. Pola silang yang kita semua gunakan saat berjalan atau berenang dan bayi gunakan ketika mereka merangkak, mengembangkan dan memperkuat koneksi antara belahan otak. Dengan pola silang, maksud saya gerakan ketika kita membawa lengan kanan dan kaki kiri ke depan, dan kemudian lengan kiri dan kaki kanan. Telah diperlihatkan bahwa beberapa anak yang terluka otak yang tidak merangkak, mengalami cacat parah, dan dengan mempraktikkan aktivitas merangkak, mereka telah menunjukkan peningkatan yang mengejutkan.

 

Jika Anda memiliki bayi yang sangat muda, dan Anda ingin membantunya mengembangkan kekuatan di kedua sisi otak, Anda dapat memijat kedua kaki atau kedua tangan, selama beberapa menit, beberapa kali setiap hari. Ketika Anda dengan lembut memijat kaki bayi Anda, dan merangsang kedua kaki pada saat yang sama, dan kemudian setiap kaki – satu demi satu, dan perhatikan wajah bayi Anda, Anda akan melihat bahwa bayi Anda sangat menikmati kegiatan ini. Ini belum tentu kegiatan yang menenangkan, karena memijat kaki bayi sebenarnya merangsang.

 

Saya sarankan melakukan ini beberapa menit setiap hari, sebelum atau setelah mengganti popok bayi. Aktivitas ini juga memaksa Anda untuk mengambil beberapa menit sehari untuk melihat mata bayi Anda, tersenyum kepada bayi, dan memijat kaki dan tangannya. Anda akan memperhatikannya memperkuat ikatan yang Anda buat dengan bayi Anda, dan ini adalah bonus yang tak ternilai.

 

Aktivitas lain yang telah terbukti sangat berkontribusi terhadap kecerdasan yang lebih tinggi serta kesehatan yang lebih baik adalah berenang. Aktivitas ini dapat dilakukan pada usia berapa pun, dan jika Anda berenang bersama bayi atau anak Anda, itu akan berkontribusi pada kesehatan Anda juga. Jika Anda memiliki bayi, temukan afiliasi “bayi air” di wilayah Anda. Jika Anda memiliki anak yang lebih besar, ada banyak cara untuk melibatkan mereka dalam berenang. Dorong mereka untuk berpartisipasi dalam tim renang, atau untuk terlibat dengan kegiatan renang sekolah. Berlatih setiap hari akan sangat meningkatkan kesehatan mereka.

 

Bayi yang sangat muda senang berada di dalam air, menendang kaki mereka dan menggunakan lengan mereka untuk berenang. Banyak pusat YMCA memiliki kelas berenang bayi. Jika Anda memiliki kolam renang di rumah, atau milik klub, Anda dapat membawa bayi ke dalam air, dan menggendongnya di dalam air. Namun, pastikan bahwa air yang mereka pakai hangat. Bayi membutuhkan suhu yang lebih tinggi daripada yang dibutuhkan orang dewasa. Pastikan juga airnya bersih. Kualitas air penting bagi anak-anak dari segala usia, dan saya harus mengingatkan Anda untuk mengawasi anak Anda kapan saja ketika mereka berada di dalam air, untuk mencegah tenggelam. Harap berhati-hati.

 

Perlu diketahui, bahwa bayi yang sangat muda memiliki kepala yang sangat berat dibandingkan dengan tubuh mereka, dan mereka tidak dapat dengan sendirinya menjaga kepala mereka di atas air. Jadi pastikan bayi Anda didukung setiap saat.

 

Aktivitas lain yang meningkatkan konektivitas dan keseimbangan otak adalah merangkak. Jika bayi Anda masih muda, dan belum merangkak, berenang lebih disukai. Anda juga bisa bergabung dengan teman atau pasangan, dan “meniru” gerakan merangkak yang memegang tangan dan kaki bayi, dalam pola silang. Anda berdiri di satu sisi bayi, sementara bayi berbaring di atas perutnya, dan pasangan di sisi lain. Anda memegang tangan dan kaki, demikian juga pasangannya. Kemudian saat Anda membawa lengan ke depan, pasangan membawa kaki ke depan, dan sebaliknya, menciptakan ritme. Lakukan hanya selama beberapa menit, sambil bersenang-senang. Anda bisa mengulanginya beberapa kali sehari.

 

Untuk semua anak yang tahu cara merangkak, pastikan anak Anda memiliki ruang dan kesempatan untuk merangkak. Anda mungkin harus membersihkan lantai, dan memastikan lantai itu bebas dari benda-benda kecil yang dapat ditelan oleh anak Anda, tetapi dorong anak itu untuk merangkak sebanyak mungkin.

 

Untuk anak-anak yang lebih besar, saling berkejaran sambil merangkak dapat menjadi permainan yang menyenangkan dan menyenangkan. Anda bisa berlutut juga, itu akan membantu Anda! Jika Anda memiliki beberapa anak, dorong mereka untuk bermain “menangkap” sambil merangkak. Ini latihan yang bagus, dan ini berkontribusi pada kecerdasan mereka.

 

Berjalan dan berlari adalah aktivitas alami, yang memanfaatkan pola silang, dan hebat dalam menyeimbangkan belahan otak kanan dan kiri.

 

Seperti kita ketahui, kebanyakan orang memiliki tangan yang dominan. Secara statistik, kebanyakan orang kidal, tetapi ada banyak orang kidal. Di masa lalu, (beberapa generasi yang lalu), adalah kebiasaan umum untuk memaksa anak-anak menggunakan tangan kanan mereka untuk menulis, mengikat lengan kiri mereka di belakang, jika mereka mencoba menggunakannya untuk menulis. Anak-anak dihukum karena menggunakan tangan kiri mereka untuk menulis, memotong dengan gunting, bermain bola dll.

 

Untuk anak-anak usia sekolah, latihan telah terbukti menciptakan keajaiban: berlatih menulis menggunakan tangan Anda yang lemah. Jika Anda kidal, berlatih menulis dengan tangan kanan, dan jika Anda kidal, berlatih menulis dengan tangan kiri. Ini bisa terasa sangat canggung pada awalnya, dan butuh latihan. Jadi saya sarankan mengubahnya menjadi permainan. Lakukan dengan anak Anda, bergiliran dan bersaing. Orang yang menulis lebih jelas, atau lebih cepat, menang. Sebagai contoh, setiap kata menghasilkan sejumlah poin, dan siapa pun yang mendapatkan poin terbanyak akan mendapat penghargaan. Ciptakan beberapa game, dan ubah menjadi aktivitas yang menyenangkan.

 

Cara Membuat Anak Jenius

 

Hanya beberapa menit latihan sehari, akan membuat perbedaan besar. Dan ingat – dengan melakukan ini Anda memberi anak Anda keuntungan yang tidak dimiliki banyak anak lain.

 

Aktivitas lain yang luar biasa produktif untuk anak Anda: bermain drum. Saya tahu, ini bukan untuk semua orang. Jika Anda tidak tahan kebisingan, mungkin itu bukan kegiatan yang tepat untuk Anda. Namun, ketika anak Anda belajar cara drum, ia menggunakan kedua tangan secara bergantian, dan juga mempelajari suatu pola. Akan sangat menyenangkan untuk bermain game, di mana salah satu dari Anda menciptakan pola dan “drum” itu (Anda tidak perlu drum untuk ini) dan yang lain harus mengenali pola dan meniru itu . Anda dapat memberikan penghargaan, dan menggunakannya sebagai insentif. Polanya bisa menjadi semakin rumit saat Anda menjadi lebih baik di game ini. Game ini memperkuat memori audio anak Anda, meningkatkan konektivitas otak dan meningkatkan pengenalan pola.

cara membuat anak cerdas dan jenius
cara membuat anak cerdas dan jenius

 

Cara Membuat Anak Jenius

 

10 kunci untuk Mengembangkan Jenius Anak Anda

 

Apakah Anda ingin anak Anda menjadi yang terbaik yang dia bisa – untuk mencapai potensi maksimalnya? Bayangkan betapa suksesnya anak Anda dengan pikiran yang cemerlang, keterampilan belajar yang cepat, daya ingat yang tahan lama, kreativitas, dan keterampilan memecahkan masalah seorang genius. Berikut adalah 10 kunci untuk mengembangkan kejeniusan anak Anda.

 

  1. Kapan Saya Harus Mulai?Cara Membuat Anak Jenius

 

Mulai segera. Apakah Anda memiliki bayi yang baru lahir? Waktu yang tepat untuk memulai. Apakah Anda memiliki seorang remaja? Belum terlambat! Ada banyak hal yang dapat Anda ajarkan kepada anak remaja Anda, yang akan meningkatkan peluang keberhasilannya dalam hidup, serta meningkatkan hubungan Anda dengannya. Banyak dari hal-hal ini tidak pernah diajarkan di sekolah!

 

  1. Jadikan Menyenangkan

 

Belajar itu menyenangkan! Jika Anda mengamati anak-anak kecil bermain, Anda akan melihat bahwa dengan bermain, mereka sebenarnya sedang melakukan penelitian terhadap mainan yang mereka mainkan. Ketika mereka merasa telah belajar semua yang dapat mereka pelajari dari mainan itu, mereka membuangnya dan mencari yang baru. Jika Anda membuat belajar menjadi menyenangkan, anak Anda akan mengembangkan cinta belajar.

 

  1. Anda Adalah Guru Alamiah Anak Anda

 

Sebagai orang tua, Anda adalah guru alami anak Anda. Tidak peduli berapa banyak guru yang dimiliki anak Anda di sekolah atau di luar sekolah, Anda adalah guru pertamanya dan yang paling penting. Anak Anda belajar dari Anda hal-hal terpenting dalam hidup. Pastikan untuk memanfaatkan fakta ini untuk mengajarkan pelajaran penting kepada anak Anda.

 

  1. Jangan Biarkan Anak Anda DibelakangCara Membuat Anak Jenius

 

Kita semua meremehkan kemampuan anak untuk belajar. Seorang bayi yang baru lahir belum dapat berbicara, jadi kita tidak tahu seberapa banyak dan seberapa cepat dia dapat belajar. Anak-anak kecil bergantung pada kita untuk menyediakan materi pembelajaran kepada mereka. Penting untuk disadari, bahwa seorang anak belajar bahasa di tahun pertama kehidupannya! Ini adalah pencapaian besar, karena semua orang yang telah mencoba belajar bahasa kedua tahu.

Pada saat seorang anak mulai berbicara, kata-kata tunggal pada awalnya dan kemudian seluruh kalimat, dia sudah mengerti sebagian besar hal yang dikatakan kepadanya. Penguasaan bahasanya sudah jauh lebih baik daripada yang bisa ditunjukkannya dengan berbicara.

 

Inti dari kemampuan luar biasa ini untuk belajar bahasa, adalah keterampilan pengenalan pola. Keterampilan ini juga penting dalam membaca, musik, dan banyak bidang lainnya. Adalah bijaksana untuk memanfaatkan keterampilan yang luar biasa ini untuk mengajar anak muda sebanyak yang kita bisa.

 

Baca juga : Obat Diare Anak Secara Tradisional

 

  1. Biarkan Anak Anda MemimpinCara Membuat Anak Jenius

 

Anak-anak tertarik pada subjek yang berbeda pada periode waktu yang berbeda. Paparkan anak Anda pada banyak subjek, dan biarkan anak Anda menunjukkan kepada Anda apa yang paling ia sukai, apa yang paling ia minati. Kemudian Anda dapat menjelajahi dan meneliti subjek tertentu. Adalah jauh lebih mudah untuk mengajarkan anak Anda suatu hal yang ia minati, sesuatu yang tidak ia sukai.

Ketika Anda “bekerja” dengan anak Anda tentang masalah pilihannya, Anda dapat menghubungkan banyak hal lain dengannya. Sebagai contoh, jika anak Anda tertarik dengan kereta, Anda dapat mempelajari tentang sejarah kereta, tentang fisika kereta dan bagaimana fungsinya, geografi – mempelajari peta dan melihat rel kereta di berbagai wilayah geografis, Matematika – terkait dengan kereta api , dan banyak lagi.

 

  1. Anak-anak Benci untuk Diuji

 

Ketika Anda menjelajahi dan meneliti dengan anak Anda, atau mengajarinya suatu subjek, jangan pernah mengujinya untuk mengetahui apakah dia belajar. Percayalah bahwa dia sedang belajar, dan teruslah maju. Anda tidak perlu khawatir apakah anak Anda sedang belajar atau tidak, satu-satunya hal yang harus Anda khawatirkan adalah apakah Anda dapat mempertahankan minatnya. Selama dia tertarik – dia belajar!

 

  1. Anak-anak Belajar Cepat

 

Anak-anak belajar jauh lebih cepat daripada yang kita pikirkan. Jika Anda tidak bergerak cukup cepat, Anda kehilangan minat anak Anda. Mengajar terlalu lambat dan pengulangan menciptakan bordom, dan bordom adalah musuh

belajar. Sekali lagi – biarkan anak Anda memimpin. Jika anak Anda siap pindah ke subjek baru atau konsep baru – ikuti petunjuknya.

 

  1. Keyakinan dan Harga Diri

 

Keyakinan dan harga diri adalah yang paling penting untuk kesuksesan anak Anda. Seperti yang Anda tahu, bahkan orang yang paling berbakat dan cerdas, jika dia tidak percaya pada dirinya sendiri, tidak akan pernah mencoba untuk mengambil tugas yang menantang atau posisi yang menantang. Ini bisa berbahaya bagi karier dan kesuksesannya.

 

Pujilah anak Anda sesering mungkin. Pujian yang jujur ​​dan tulus akan melakukan keajaiban bagi kepercayaan anak Anda. Jangan pernah mengkritik. Jadikan kebiasaan pada akhir hari, sebelum anak Anda pergi tidur, untuk meninjau pencapaian dan kesuksesannya. Perhatikan hal-hal terkecil!

 

  1. Pengaturan TujuanCara Membuat Anak Jenius

 

Ajari anak Anda untuk menetapkan tujuan sejak dini. Tidak peduli berapa usia anak Anda, Anda dapat memulai hari dengan membicarakan rencana hari itu, dan tujuan yang ingin Anda capai hari itu. Saat anak Anda siap, Anda dapat mulai menetapkan sasaran mingguan, sasaran bulanan, dan sasaran tahunan. Buat rencana untuk mencapai tujuan ini, dan pastikan anak Anda tahu bahwa rencana itu fleksibel dan dapat berubah.

 

  1. Tidak apa-apa untuk membuat kesalahan

 

Pastikan anak Anda tahu bahwa membuat kesalahan itu boleh saja. Kesalahan adalah kesempatan belajar, mereka umpan balik tentang apa yang berhasil dan yang tidak. Anda tidak akan pernah melakukan kesalahan jika Anda tidak pernah berusaha untuk mencoba dan mencapai sesuatu. Kesadaran ini mengarah pada kepercayaan yang lebih kuat.

 

Sebagai orang tua, Anda memiliki kemampuan untuk berkontribusi pada masa depan anak Anda, untuk membantu anak Anda mencapai potensi maksimalnya. Tapi jangan tunggu! Semakin awal Anda memulai – semakin baik peluang anak Anda untuk mencapai kesuksesan yang cemerlang dan eksplosif.

 

Berita Terkait