oleh

Perempuan Perempuan Chairil, Pertunjukan yang Serba Beda

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Artis Happy Salma selaku produser dari Titimangsa Foundation, mengaku puas dengan pertunjukkan Perempuan Perempuan Chairil yang digelar selama dua hari di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki pada 11-12 November 2017.

Pementasan yang diperankan artis-artis populer di antaranya, Reza Rahadian, Chelsea Islan, Marsha Timothy, Tara Basro dan Sita Nursanti, dibawah arahan sutradara Agus Noor, sukses menyedot perhatian penonton yang ‘bervariatif’ pada dua malam pertunjukannya.

Dari pantauan pelitajakarta.com pada Sabtu (11/11/2017) malam, suasana pelataran area gedung yang mewah dan terbilang baru di kawasan Taman Ismail Marzuki, memang terasa berbeda dari biasanya. Berbeda, karena penonton yang sudah mengantongi tiket seharga paling murah Rp 200 ribu dan yang termahal Rp 1 juta, datang berbondong-bondong dengan penampilan yang tak kalah mewah-nya.

Agaknya hal ini sejalan dengan apa yang dikemukakan produser Happy Salma, sebelum pementasan ini digelar. Pementasan ‘Perempuan Perempuan Chairil’ merupakan produksi ke-18 dari Titimangsa Foundation, yayasan yang didirikan Happy Salma bersama Yulia Evina Bhara, dimana sebelumnya telah sukses menggelar pementasan ‘Bunga Penutup Abad’ yang mengadopsi karya Pramoedya Ananta Toer. Pementasan kali inipun, Titimangsa Foundation kembali mendapat dukungan dari Bakti Budaya Djarum Foundation, program CSR perusahaan rokok terbesar, yang konsisten pada upaya pelestarian seni budaya.

Happy menyebut bahwa melalui Titimangsa Foundation, ia bertekad untuk mengangkat market atau pangsa pasar penonton yang berasal dari genre yang berbeda.  “Jadi saya ingin, di dalam gedung pertunjukan ini penontonnya bervariatif, mulai dari yang pencinta Chairil atau Chairil minded, sampai yang tidak pernah tahu Chairil. Semua lah pokoknya, dari generasi milenia, ataupun yang tidak pernah nonton pertunjukan, sampai sastrawan,” tegas Happy.

Itu sebabnya, dalam produksinya Happy selalu melibatkan pemain-pemain yang populer. Dan pada faktanya, keterlibatan para pemeran yang sudah mengantongi nama besar di ranah film komersil, seperti Reza Rahadian, Chelsea Islan, Tara Basro, Marsha Timothy dan Sita Nursanti, mampu memperlihatkan totalitasnya di panggung ‘Perempuan Perempuan Chairil’ ini.

“Saya terharu sekali, terlebih melihat bagaimana mereka konsisten sejak awal latihan. Mereka ada di sini adalah karena dedikasi,” ungkap Happy tentang totalitas para pemain yang terlibat dalam lakon ‘Perempuan Perempuan Chairil’.

Berita Terkait