oleh

Drama Musikal ‘Suara Hati’: Pentas Bernutrisi Ditengah Kelangkaan Hiburan Sehat untuk Anak

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Sedikitnya 50-an anak dari kelompok paduan suara The Resonanz Children’s Choir (TRCC) sukses menampilkan drama musikal Suara Hati, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, pada 18-19 November 2017 lalu.

Penampilan puluhan anak didik TRCC dalam membawakan drama musikal ‘Suara Hati’ arahan sutradara Wawan Sofwan ini, seakan memang berasal dari ‘hati’, dengan lantunan suara-suara yang mengejutkan pendengaran. Sepanjang dua jam pertunjukan – dengan jeda lima belas menit, penonton seolah tak habis dibuai kekaguman lewat alunan olah vokal anak-anak di atas panggung yang diperkuat iringan musik Jakarta Concert Orchestra.

Pementasan ini merupakan bagian dari ulangtahun ke-10 TRCC, yang di tahun ini pula baru saja meraih juara pertama pada kategori Children’s Choir Public Audience Award dan Juara Umum pada ajang 49th Tolosa Choral Contest di kota Tolosa, Spanyol.

The Resonanz Children’s Choir (TRCC) adalah kelompok paduan suara anak yang berdiri sejak tahun 2007, dengan tujuan mengasah musikalitas para anggotanya, dan memotivasi anak-anak agar gemar bernyanyi. Lewat kegemaran bernyanyi yang diterapkan pada kelompok paduan suara ini, sang pendiri TRCC, Avip Priatna, yakin akan dapat sekaligus membangun karakter yang kuat pada diri seorang anak.

“Karena dari sana, anak-anak dilatih keberanian, ketelitian, kesabaran, konsentrasi dan daya ingat. Yang tidak kalah pentingnya juga bahwa melalui aktivitas ini, anak-anak dapat mengembangkan rasa percaya diri, mengasah kreativitas, dan mengenal etika bergaul dan hubungan sosial dengan teman sebaya,” jelas Avip, dalam kesempatan sebelum pementasan drama musikal ‘Suara Hati’, beberapa waktu lalu.

Tahun ini, TRCC memperingati hari jadinya yang ke-10. Avip menceritakan, selama perjalanan bersama, anak-anak TRCC belajar untuk memiliki mimpi besar dan mengejarnya ketekunan dan kesungguhhan hati. Dimulai dari hanya beranggotakan 10 orang, kini keanggotaan TRCC sudah mencapai lebih dari 100 orang.

Bukan hanya itu, selama 10 tahun berdiri TRCC telah berhasil meraih berbagai  penghargaan dalam kompetisi tingkat nasional dan internasional. Sejak tahun 2012, The Resonanz Children’s Choir seakan tak pernah absen mendapat gelar juara dan grand prize dalam ajang kejuaraan tingkat dunia, di antaranya, Hong Kong International Youth and Children’s Choir Festival (2013), 10th Cantemus International Choral Festival Hungary (2014), The Golden Gate Coral Festival San Francisco (2015), Claudio Monterverdi International Choral Festival and Competition Venezia Italia (2016), dan International Musica Eterna Roma Festival & Competition  (2017).

Pengalaman dan prestasi yang demikian inilah yang turut menjadikan pentas drama musikal ‘Suara Hati’ yang dipertontonkan di Teater Jakarta TIM, memiliki kadar ‘nutrisi’ yang lebih untuk sebuah pertunjukan anak. Dan sejatinya, hiburan sehat semacam inilah yang harus lebih banyak diproduksi dan dipertontonkan kepada anak-anak.

Berita Terkait