oleh

Upaya Trade Mall Agung Podomoro dalam Mendongkrak Pertumbuhan Perdagangan

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018, Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi pada 2018 dapat mencapai 5,4-6,1 persen, atau pada titik 5,6 persen. Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dalam laporannya saat pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2018, di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (26/4) mengakui, dengan target pertumbuhan setinggi itu akan mendorong pemerintah mencari sumber-sumber pendongkrak pertumbuhan tersebut.

Ia menyebutkan, terdapat enam sektor yang memiliki sumbangan terbesar terhadap pertumbuhan, yaitu industri pengolahan terutama nonmigas, pertanian, perdagangan, informasi dan komunikasi, serta jasa keuangan. Dalam pembangunan perekonomian di Indonesia UKM selalu digambarkan sebagai sektor yang memiliki peranan penting.

Hal ini dikarenakan sebagian besar jumlah penduduknya berpendidikan rendah dan hidup dalam kegiatan usaha kecil baik di sektor tradisional maupun modern. UKM juga memiliki peran yang strategis dalam pembangunan perekonomian nasional, oleh karena itu, selain berperan dalam pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja juga berperan dalam perindustrian hasil-hasil.

Bedasarkan data Kementerian Perindustrian RI, kontribusi sektor UMKM terhadap produk domestik bruto meningkat menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir dari 57,84 persen. Begitu juga serapan tenaga kerja pada sektor ini, meningkat menjadi 97,22 persen dari 96,99 persen pada periode yang sama.

Trade Mall Agung Podomoro mendorong kemajuan UKM dan Ekonomi Kerakyatan

Dalam rilis berita yang diterima redaksi pelitajakarta.com pada Jumat (24/11/2017) mengatakan menjadi pusat bisnis, perdagangan dan usaha yang memayungi kurang lebih 30.000 pengusaha UKM dari seluruh Indonesia, di sepanjang tahun 2017 TM mengupayakan program-program dan kegiatan. Program dan kegiatan tersebut diutamakan untuk dapat mendorong kemajuan UKM dan ekonomi kerakyatan, menjadikan TM sebagai tempat aktifitas masyarakat dan komunitas serta berperan dalam memajukan bisnis tenant.

“Dalam rangka mendorong peningkatan kemajuan UKM dan ekonomi kerakyatan kami telah melakukan beberapa kegiatan, antara lain program undian berhadiah TM Agung Podomoro Vaganza seri ke-2 tahun 2017, corporate deal dengan Family Mart dan pembukaan wedding center Seasons City ” ujar Ho Mely Surjani, VP Corporate Marketing TM Agung Podomoro, pada acara Kaleidoskop TM Agung Podomoro 2017 di APL Tower, (23/10).

TM Agung Podomoro Vaganza 2017  merupakan program promosi bersama 8 TM yang  berhasil menarik partisipasi masyarakat. “Poin belanja periode Maret – Oktober 2017 (7 bulan) yang masuk tercatat mencapai kurang lebih sebanyak 700.000 poin sampai saat ini. Nilai total transaksi yang terjadi dalam masa undian TM Agung Podomoro Vaganza ini kurang lebih sebesar 125 Milyar Rupiah, itu artinya jumlah dana yang berputar di kalangan para pedagang Trade Mall, kami berharap dengan adanya program ini tidak hanya menjaga eksistensi UKM tapi juga mendorong peningkatan usahanya” jelas Ho Mely.

Melalui corporate deal dengan Family Mart, TM Agung Podomoro bekerjasama mewujudkan pembukaan outlet Family Mart yang berlokasi di TM Seasons City, LTC Glodok dan Mangga Dua Square. Seasons City yang berkonsep Wedding Mall,memiliki 10 ball room/function room. Terhitung 500 acara pernikahan digelar dalam setahun di Seasons City. Hal ini semakin memperkuat Seasons City sebagai wedding mall pertama dan satu-satunya di Jakarta.

Trade Mall Agung Podomoro sebagai tempat aktifitas masyarakat dan komunitas

Tidak hanya sebagai pusat perdagangan dan bisnis, TM Agung Podomoro juga berfungsi sebagai tempat aktifitas masyarakat dan komunitas. Bekerjasama dengan masyarakat, komunitas dan pihak-pihak terkait, TM Agung Podomoro memberikan fasilitas dan kegiatan dalam rangka meningkatkan partisipasi aktif dalam bentuk kepedulian sosial, penyaluran hobby dan bakat. Ho Mely menyampaikan, “Kami menyelenggarakan serangkaian event bertemakan kepedulian sosial seperti donor darah, berbagi ta’jil ramadhan dan juga JobFair. Selain itu kami juga mengadakan kegiatan kompetisi seperti lomba Drone Race Competitions, dan juga kontes foto.gedung-gedung TM”

Event donor darah yang diselenggarakan TM berhasil menarik banyak partisipasi dari masyarakat. Bertempat di Blok B Tanah Abang (11/03), LTC Glodok (13/09), Mangga 2 Square (20/10) dan Plaza Kenari Mas (4/11), diikuti oleh lebih dari 1.000 orang peserta donor darah. Sedangkan pada bulan Ramadhan, sekitar hamper 1000 boks ta’jil berhasil dibagikan di empat TM yaitu Blok M Square, Blok B Tanah Abang, Mangga 2 Square, LTC Glodok.

Peran TM Agung Podomoro terhadap kemajuan bisnis tenant

“Kami tidak hanya menawarkan penyewaan maupun kepemilikan kios dengan harga terjangkau, tetapi juga meningkatkan pengetahuan tenant untuk dapat meningkatkan bisnisnya. Antara lain dengan memberikan pembekalan kepada tenant atas adanya perubahan regulasi untuk impor produk terutama tekstil dan pakaian siap pakai, mengajak pedagang-pedagang TM Agung Podomoro yang masih berdagang secara konvensional menuju pasar global dengan menggunakan semua saluran media online melalui seminar dan pelatihan dan juga menyediakan aplikasi untuk smartphone berbasis Android untuk tenant-tenant TM Agung Podomoro seperti : LTC Glodok dan Blok B Tanah Abang.

“Melalui sosialisasi Impor Bea & Cukai diharapkan tenant akan mengerti secara gamblang semua jalur resmi yang benar untuk melakukan impor produk yang mereka perdagangkan sehingga menekan jumlah pelanggaran yang ada di lapangan dan memudahkan semua produk yang mereka impor dapat melalui pabean dan mereka terima dalam waktu yang lebih cepat. Edukasi bisnis online melalui seminar dan pelatihan supaya tenant dapat bertahan dalam menghadapi pasar global yang kompetitif dan memiliki daya saing yang kuat dalam kancah bisnis online yang makin berkembang di Indonesia. Tenant Portal adalah aplikasi smartphone Android yang memudahkan pengecekan tagihan bulanan, memberikan saran atau berkomunikasi dengan pengelola dan memudahkan penyaluran keluhan kepada pengelola atas kondisi di lapangan, serta memudahkan pengelola memberikan informasi kepada tenant.” tambah Mely.

Prospek bisnis dan strategi TM Agung Podomoro di tahun 2018

Mely melihat TM Agung Podomoro memiliki prospek bisnis yang baik di tahun 2018 nanti. Sesuai dengan misinya TM akan menjadi destinasi pusat belanja dan bisnis nasional dan internasional. Hal ini sejalan dengan beberapa program yang sudah dijalankan di tahun 2017 ini. “Kami terus mengupayakan untuk menjadikan Trade Mall sebagai destinasi pusat belanja dan bisnis baik nasional maupun internasional, sebagai contohnya adalah Seasons city semakin dikenal sebagai wedding mall dan semakin dilengkapi dengan bergabungnya brand F&B nasional dan internasional : Starbucks, Yoshinoya, Sate Kambing Asihan (Liberty) dan Kuliner khas Kalbar serta beberapa brand F&B lainnya yang masih dinegosiasikan akan bergabung di TM Agung Podomoro. Juga ada wacana kerjasama dengan produsen-produsen Thai berupa produk fashion apparel, accesories, beauty cosmetic, dan juga Snack & Meal.” jelasnya

Mengenai strategi TM Agung Podomoro di tahun 2018, dalam acara pertemuan dengan media dan blogger Mely menyatakan untuk tetap melanjutkan kegiatan-kegiatan reguler seperti di 2017 yaitu, TM Mendorong kemajuan UKM, TM sebagai tempat aktifitas masyarakat dan komunitas Jakarta dan berperan terhadap kemajuan bisnis tenant. TM juga akan tetap menciptakan keramaian di TM Agung Podomoro dengan Bazaar-bazaar makanan, buah-buahan, dan produk-produk lokal jaman NOW seperti antara lain di Blok M Square : cabe-cabean food festival, ramen festival, meet and greet artis-artis film nasional, di Mangga Dua Square: bazaar durian lokal, mangga alpukat dll.

“Kami juga mempertimbangkan trend bisnis offline dan juga online untuk tahun-tahun kedepan, oleh karena itu kami menyiapkan beberapa program kolaborasi Offline dan Online di TM Agung Podomoro dalam hal fasilitas dan fitur baru TM.

Kami melakukan program-program dengan pendekatan O2O yang terdiri dari Offline 2 Offline berupa program dan kegiatan reguler yang biasa kami lakukan, Online 2 Offline dengan memberikan akses ke market place dan fasilitasnya, Offline 2 Online dengan mempermudah fasilitas cicilan atau payment, dan yang terakhir Online 2 Online dengan keberadaan toko fisik akan  menambah keyakinan customers terhadap pedagang. Semua ini kami harapkan bisa meningkatkan bisnis TM di masa depan.” Tutup Mely.

Agenda besar Promosi tahun di 2018

Ennichisai agenda besar tahunan 2018 yang kerap diselenggarakan Blok M Square tetap berlangsung . Juga Tatung Singkawang saat perayaan Cap Go Meh menjadi agenda besar tahunan di Seasons City.

Berita Terkait