oleh

Peringati Hari AIDS, Ribka Tjiptaning: Peduli odha, Peduli Sesama

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Hari ini 1 Desember 2017, dunia memperingati Hari AIDS. Sebuah peringatan yang pesannya jelas untuk mengingatkan warga tentang bahaya penyakit tersebut, cara mencegahnya, dan bagaimana mengendalikan penyakit tersebut.

Dan tak kalah pentingnya, adalah gerakan menyadarkan masyarakat tentang kepedulian dan empati kepada penderita HIV/AIDS yang sekarang disebut ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Secara medis, penderita ODHA mempunyai kesempatan hidup lebih tinggi. Hal ini disebabkan ditemukannya obat ART (Antiretroviral). Walau tidak menyembuhkan tuntas, obat tersebut mampu menekan virus tersebut, sehingga kesempatan hidupnya meningkat. Apalagi tahun 2014 skema pembiayaannya dicover BPJS.

Hambatan dan tantangan justru banyak datang dari faktor sosial. Sebagian masyarakat masih memandang mereka terkena HIV karena faktor moral buruk, karena free sex dan pengguna narkoba. Padahal seorang istri yang setia dan anak-anak bisa tertular juga. ODHA dianggap mudah menular dan harus dijauhi.

Selain memperoleh stigma negatif mereka juga mendapat perlakuan diskriminasi, contohnya kesempatan bekerja dan memperoleh pekerjaan. Mereka mendapat perlakuan tidak sama dengan orang sehat, banyak yang di-PHK setelah ketahuan menjadi ODHA.

Stigma dan diskriminasi telah menjadi hukuman sosial oleh masyarakat kepada ODHA. Bentuknya bermacam-macam, antara lain tindakan pengasingan, penolakan, diskriminasi, penghindaraan atas orang yang terinfeksi HIV.

Hukuman sosial membuat hidup mereka semakin sulit. Bahkan ini menghambat proses tindakan pengendalian penyakit itu sendiri. Membuat orang enggan tes HIV, enggan mengetahui hasil tesnya, tidak berusaha memperoleh perawatan semestinya dan cenderung menyembunyikan identitas dirinya.

Melalui rilis berita yang dikirimkan ke redaksi pelitajakarta.com pada Jumat (1/12/2017) Dr. Ribka Tjiptaning P., AAK
dari Fraksi PDI Perjuangan Komisi-IX DPR RI, sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan mengajak Pemerintah pusat dan daerah serta segenap lapisan Masyarakat untuk melakukan aksi nyata menyelesaikan persoalan ini.

“Selamat memperingati Hari AIDS sedunia” ucapnya

Berita Terkait