Rini Andriani Berhijab setelah Bawakan Lagu Religi

Rini Andriani Berhijab setelah Bawakan Lagu Religi

JAKARTA, Pelitajakarta.comRini Andriani, penyanyi dangdut era 2000an, belum genap satu tahun ini mulai berhijab. Pedangdut yang kerap tampil seksi pada masa musik dangdut masih berjaya dulu, seakan mendapat ‘hidayah’ setelah membawakan lagu ‘Bimbing Hamba’ di awal tahun 2017 lalu.

“Waktu rilis lagu religi Bimbing Hamba, aku masih belum berhijab. Tapi justru lirik dari lagu ciptaan Kak Rury Modiska itu, kini jadi kenyataan. Sejak bawain lagu itu, perlahan-lahan aku mulai hijab. Syairnya gini; aku wanita biasa… Aku punya cita-cita… Ya Allah, mohon bimbing hamba.. menjalani titipan darimu… agar hamba tak lelah menjalani..” Rini  melantunkan penggalan syair lagunya. “Yah, pokoknya lagunya bagus, dan seakan jadi doa.”

Awal kiprah Rini Andriani di jagad musik dangdut, bermula sejak awal 2000-an. Penyanyi kelahiran Jakarta berdarah Sunda ini sempat merilis lima album pada masa-masa industri musik Indonesia masih berjaya. Album bertitel ‘Siapa Tahan’ menjadi debut solo album perdananya yang meluncur di tahun 2004 silam. Semenjak itu, dalam setahun, Rini bisa menelurkan dua album berturut-turut, yang tak hanya sukses di pasaran, tapi juga laris mengisi panggung-panggung hiburan dangdut hingga ke pelosok daerah.

“Dulu itu dalam satu bulan bisa show 20 kali..” kenang Rini yang pernah hits lewat lagu ‘Sukria’.

Setelah belasan tahun berlalu, kondisi industri musik di tanah air kian semrawut, termasuk dangdut. Jangankan penjualan album, panggung-panggung hiburan pun tak lagi semeriah dulu. Alhasil, artis-artis tak pernah lagi kebanjiran job manggung. Pun demikian yang dirasakan Rini.

“Sekarang ini, paling cuma empat kali aja ada job nyanyi, atau malah kurang dari itu. Tapi sekalinya ada panggilan nyanyi, bayarannya gede. Dulu aku takut berhijab, waduh ntar orang nggak suka lagi. Tapi aku yakin, bismillah. Eh, ternyata Allah kasih lebih. Makanya aku bersyukur banget. Ternyata, rejeki itu nggak ketuker...” ujar Rini diiringi derai tawa.

Tapi terlepas dari bayaran yang tinggi tersebut, Rini mengaku merasa enjoy dengan kehidupan yang dijalaninya saat ini. Apalagi, sekarang ini Rini punya kesibukan lain yang tak kalah mendatangkan berkah. “Rini sudah lima tahun ini ngejalanin usaha di bidang fashion. Jadi aku memasok produk-produk fashion, hijab dan asesoris ke beberapa toko,” katanya.

Sejauh ini, usaha itulah yang memberinya banyak keberkahan, setelah sebelumnya penyanyi kelahiran 28 November ini pernah menjajal usaha lain seperti salon dan sanggar senam, namun tak berjalan mulus. “Usaha fashion ini prospeknya bagus. Apalagi sekarang lagi trend usaha online. Dan yang berjualan melalui online itu juga ada yang mengambil dari tempat aku,” ujarnya.

Meski telah menemukan kenyamanan lewat bisnis fashion, namun bukan berarti Rini Andriani ingin meninggalkan dunia musik yang telah membesarkan namanya. Setelah tahun 2017 ini ia merilis single religi, maka untuk tahun 2018 nanti dia sudah menyiapkan rencana mengeluarkan album. “Aku mau bikin album juga bukan untuk apa-apa. Album ini tujuannya untuk bersilaturahmi, baik dengan fans aku, ataupun dengan sesama teman-teman penyanyi,” pungkas Rini yang juga aktif dalam organisasi Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI).