Demi Kenyaman Pemudik, Tiga Langkah Jokowi Hadapi Puncak Arus Balik

Demi Kenyaman Pemudik, Tiga Langkah Jokowi Hadapi Puncak Arus Balik
Presiden Jokowi (ISTIMEWA)

JAKARTA, Pelitajakarta.com – Presiden () memastikan tetap mengambil tiga langkah dalam menghadapi arus balik libur lebaran tahun 2022. Jokowi menyampaikan, kenyamanan pemudik menjadi perhatian utama pemerintah. Oleh sebab itu, berbagai upaya dilakukan agar arus balik pemudik berjalan dengan lancar.

Mantan Jakarta ini menegaskan ada tiga langkah manajemen lalu lintas yang akan tetap diambil pemerintah dalam menghadapi arus balik lebaran. Kebijakan itu mulai dari penerapan ganjil genap hingga tetap memberlakukan pelarangan truk masuk tol.

“Kebijakan ganjil genap, aturan satu arah (one way) dan larangan truk masuk akan tetap diberlakukan. Semua dilakukan agar masyarakat tetap nyaman,” tegas Jokowi dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (5/5/2022).

Jokowi mengimbau kepada para pemudik agar bisa balik lebih awal atau setelah puncak arus balik yang diprediksi oleh pemerintah. Terutama bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar dapat menghindari kemacetan.

“Untuk menghindari kepadatan arus balik, dan agar kita semua nyaman di perjalanan, saya mengimbau, saya mengajak Bapak, Ibu dan Saudara-Saudara yang melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi agar kembali lebih awal atau kembali setelah puncak arus balik. Tentunya sesuai dengan izin yang didapatkan dari tempat kerja,” jelas Jokowi.

Jokowi memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada hari jumat, sabtu, dan minggu atau tanggal 6,7, dan 8 Mei 2022. Hal tersebut tak lepas dari selesainya cuti lebaran dan hari libur pasca idul fitri yang ditetapkan oleh pemerintah pada tahun ini. (rls)

Exit mobile version