Nilai Sosok Berpengaruh, Zelenskyy Sebut Kehadiran Jokowi Perkuat Koalisi Lawan Perang

Nilai Sosok Berpengaruh, Zelenskyy Sebut Kehadiran Jokowi Perkuat Koalisi Lawan Perang

Pelitajakarta.com – Presiden () bertemu langsung dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv, Ukraina. Zelenskyy menyambut baik kedatangan Jokowi di tengah situasi perang yang dialami negaranya.

Zelenskyy menyebut kehadiran Jokowi akan memperkuat koalisi negara-negara untuk melawan perang. Hal itu disampaikan Zelenskyy setelah bertemu empat mata dengan Jokowi.

“Kehadiran Anda awal memperkuat koalisi melawan perang,” ujar Zelenskyy dilihat dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (30/6/2022).

Dia mengapresiasi kedatangan Jokowi secara langsung dan akan menjadi sejarah bagi Ukraina. Dia mengatakan Jokowi merupakan pemimpin Asia pertama yang berkunjung sejak awal konflik dengan Rusia.

“Hari ini merupakan hari bersejarah bagi negara kita, bagi Ukraina dan Indonesia, karena ini kunjungan pertama dari Presiden Indonesia ke Ukraina dan ini kunjungan pertama pemimpin Asia sejak awal dari invasi Rusia Ukraina,” jelasnya.

Dia mengakui bahwa saat ini Jokowi dan Indonesia memiliki kewenangan yang besar di dunia internasional. Terlebih saat ini Indonesia menjadi Presidensi dan menyebut Indonesia Negara terkuat di ASEAN.

“Kita mengapresiasi hal tersebut, terutama Indonesia dan juga kewenangan Anda dan keberadaan Anda di dunia internasional sangat tinggi karena pemegang Presidensi G20,” ungkapnya.

Setelah bertemu Zelenskyy Jokowi akan bertolak menuju Polandia dan kemudian menuju Moskow Rusia. Jokowi juga akan bertemu dengan Presiden Vladimir Putin. (rls/ar)

Exit mobile version