Membahayakan Warga, Beberapa JPO di Wilayah Jakarta Barat Banyak yang Rusak

Membahayakan Warga, Beberapa JPO di Wilayah Jakarta Barat Banyak yang Rusak

KALIDERES, Pelitajakarta.com – Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di wilayah Jakarta Barat banyak yang rusak. Kondisi JPO tersebut membuat warga Khawatir. Diantaranya, JPO di jalan Daan Mogot dekat Jempatan Hipli Semanan dan depan Pasar Jembatan Dua, Tambora, Jakarta Barat.

Dua JPO itu kondisinya memprihatinkan. Seperti JPO dekat Jembatan dua Tambora, tak hanya keropos, jembatan ini tidak memiliki atap dan lampu penerangan.

Kondisi jembatan yang berjarak sekitar 50 meter dari Polsek dan Kantor Camat Tambora ini membuat pejalan kaki lebih memilih menyeberang di bawah jembatan.

Tidak adanya atap membuat pengguna jembatan tidak terlindung dari hujan dan panas. Ketika malam tiba, kondisi lampu yang rusak juga membuat jembatan gelap sehingga lubang-lubang yang menganga di jembatan tidak terlihat. Kondisi ini juga rawan kejahatan.

Pilihan warga untuk tidak memakai JPO ini tentu membahayakan mengingat ramainya lalu lintas sekitar.

“Mau nggak mau (menyeberang di bawah jembatan), paling nunggu sepi aja jalannya,” ujar Arini, pejalan kaki, Minggu (1/4/2018).

Selain karena kondisi jembatan, banyak warga memilih ‘menantang’ arus lalu lintas di bawah jembatan karena lebih praktis untuk menuju pasar.

“Lebih cepet aja lewat bawah, apalagi kalau naik angkot,” ucap satu pengguna angkutan kota.

JPO di jalan Daan mogot dekat jembatan Semanan hingga sejauh ini belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki. (Red)