Proyek Strategis Nasional Jokowi Kurangi Kemiskinan

Proyek Strategis Nasional Jokowi Kurangi Kemiskinan
Proyek Strategis Nasional Jokowi Kurangi Kemiskinan (ISTIMEWA)

Pelitajakarta.com – Presiden () menegaskan pelaksanaan sejumlah pembangunan Program Strategis Nasional (PSN) membawa banyak dampak positif. Salah satunya yakni mampu mengurangi tingkat di masyarakat.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian menyampaikan arahan Jokowi terkait proses pelaksanaan PSN pada kepemimpinan periode kedua. Dia mengatakan kehadiran PSN berhasil menciptakan beragam kebermanfaatan.

“Bapak presiden juga memberikan arahan bahwa seluruh proyek-proyek strategis nasional ini bermanfaat bagi masyarakat,” kata Airlangga dalam keterangan pers usai mengikuti Rapat Terbatas bersama di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (06/09/2022).

Airlangga menambahkan manfaat dari realisasi berbagai PRN yang digenjot pada era Jokowi berimbas pada menurunnya angka kemiskinan di masyarakat. Hal tersebut menjadi kabar baik bagi upaya mendorong kemajuan bangsa ke depan.

PSN yang telah dirampungkan Jokowi, ungkap dia, meliputi bandara, pelabuhan, jalan ton, bendungan, smelter, hingga kawasan industri. Kehadiran berbagai PSN tersebut diyakini mampu menopang perekonomian nasional.

“Apakah itu bendungan, apakah itu membuka akses yang lebih luas dan beberapa bendungan tentunya berada di wilayah-wilayah yang bisa mengurangi tingkat kemiskinan masyarakat,” terang Airlangga.

Di sisi lain, dia menambahkan, pembangunan PNS yang mayoritas telah diselesaikan Jokowi tidak hanya berdampak positif terhadap sektor ekonomi. Namun lebih dari itu juga turut menjadi kunci pembuka pintu lapangan kerja.

“Terutama terkait penciptaan lapangan kerja, yang kedua tentunya investasi ini memiliki multiplayer effect,” sambung Airlangga.

Karenanya, tambah dia, Jokowi meminta agar para pembantunya terus konsisten bekerja serius membantu menuntaskan target penyelesaian PSN yang sudah direncanakan. Paling tidak sebelum masa kepemimpinan Jokowi usai.

“Bapak presiden meminta agar ke seluruh proyek secara nasional bisa selesai secara fisik sebelum 2024,” pungkas Airlangga.

Diketahui Pemerintahan Jokowi telah menuntaskan pembangunan sebanyak 66 proyek strategis nasional (PSN) senilai Rp 414,3 triliun. Pencapaian tersebut terhitung sejak tahun 2019-2021 atau setelah tiga tahun perjalanan Pemerintahan Jokowi di periode kedua. (rls/ar)